19 HARI KELILING 4 NEGARA ASEAN 3 JUTA

by - June 04, 2018

First of all, yang bilang jalan-jalan ke luar negeri mahal gue patahkan teori kalian dan inilah teori yang gue ciptakan. Di postingan ini full cuma ngebahas tentang biaya perjalanan gue selama 19 hari di 4 Negara, yaitu Vietnam, Kamboja, Thailand dan Malaysia.

Sebenernya uang yang gue bawa itu cuma 2,5jt yang udah gue tuker ke dollar dan ringgit. Masing-masing jadi $180 dan 30 MYR. Tapi pas gue di Thailand, banyak hal-hal yang tidak terduga seperti gue gak jadi stay di rumah host, jadi gue harus pake hostel selama 6 hari di Bangkok. Dan biaya gue tersasar di Penang yang membuat gue menghabiskan duit jadi lebih banyak. (Baca Juga: Keliling ASEAN Lewat Jalur Darat)

Tapi, karena gue buka jasa titip saat di Thailand gue masih bisa bertahan dengan uang dari jasa titip.88





Keterangan
1 Dollar = Rp13.435
1 MYR = Rp3454
1 THB = Rp455
1 Dollar = 22.000 VND

Seperti yang gue bilang di atas, kalau biaya pengeluaran gue overload 500rb. Karena biaya jasa titip lah gue masih bisa bertahan tanpa kesulitan cuma berat aja tas gue jadinya. Kalau kalian merencanakan secara matang mungkin bisa aja aman, karena gue juga nggak bikin perencanaan jelas jadinya begini haha.

Untuk yang mau baca cerita 19 hari nya lengkap bisa klik link-link di bawah! Terimakasihhh. Buat yang mau tanya-tanya juga silahkan. Hehe



Oh iya ini biaya selama perjalanan aja ya belum termasuk tiket pesawat. Untuk tiket pesawat gue dapet harga murah banget. Listnya seperti ini
Jakarta - Kuala Lumpur Rp150.000
Kuala Lumpur - Ho Chi Minh Rp250.000
Kuala Lumpur - Jakarta Rp350.000
Jadi total pengeluaran awal itu Rp750.000. Untuk tips mendapat tiket pesawat murah bisa klik di sini.

Semoga bermanfaat!

You May Also Like

10 comments

  1. Wahh seru nih udah ada biayanya juga.. Selama ini aku nyari-nyari tulisan kaya gini.. Aku bookmark dulu deh, tanya-tanyanya nyusul ya.. Nice info, thank you ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mbaaa, makasih sudah mampir! :D

      Delete
  2. Keren bgt sih Mbakk bisa se detail itu menghitung budget. Bkn cm menghitung, tp itu uang yg bener2 keluar di catet dan overnya cm 500rb, itupun jelas utk apa hahha.. salut Mbak. Aku ga bsa kek gtu, pasti klo di luar negeri pengen nya makan2 jadi bangkrut hhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena modal berangkatnya terbatas jadinya harus di catat sedetail mungkin :')) wkwk aku karena emang bukan pemakan sih jadinya masih bisa nahan huhu

      Delete
  3. ish keren banget sihhh detail kak, dakuw bisa nih jadiiin refernsi ya kak..
    makasih banyak lohhh

    ReplyDelete
  4. Kok tumben ya Jakarta-Kuala Lumpur itu lebih murah daripada Kuala Lumpur-Jakarta. Biasanya saban kali gw browsing Air Asia, mesti aja biaya ke Kuala Lumpur itu lebih mahal sampai gw jadi gemes sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lebih sering dapet yang murah itu JKT-KL, pulangnya mesti selalu mahal deh :(

      Delete
  5. Dek, ke siem reap naik bus apa dan beli tiket di mana? terus busnya yang duduk atau tidur? Rencana mau ngikutin itin kamu. Izin nyontenk ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lupa nama nya apa, kalo nggak salah kristol.. aku duduk mbaa. boleh banget kok :)

      Delete