How To Get To Penang from Hatyai | Lost in Penang

by - May 02, 2018

Penang itu sebenernya gak masuk dalam list gue, gue hanya ingin singgah sejenak di Butterworth dan melanjutkan perjalanan menuju KL di karenakan penerbangan gue itu tepat esok hari di jam 4 sore, jadi gue harus segera bergegas tiba di Kuala Lumpur. Dari Padang besar gue naik MRT menuju Butterworth, di mana Butterworth ini adalah terminal dan banyak bis untuk menuju KL. Setibanya gue di Butterworth kurang lebih jam 4 sore, gue segera menuju counter tiket bus dan harganya mahal! Tapi selain mahal, gue pun gak sama sekali pegang uang Ringgit. Uang gue adanya di atm dan sisa $10 di dompet. Bingung lah gue, nanya ke orang sekitar gak ada yang tau di mana money changer maupun atm.






Akhirnya gue memutuskan untuk pergi mengikuti kaki dan menuju ke Rapid Penang (karena gratis) lalu sampai di fery gue bayar 1.2RM (kebetulan karena masih ada recehan ringgit di dompet). Selama perjalanan di fery gue sebenernya bingung mau ke mana, akhirnya gue ajak ngobrol orang di samping gue dan bertanya di mana atm atau money changer. Kita akhirnya ngobrol sejenak dan bertukar facebook. Namanya akak Ani. Setelah sampai di seberang, alias sampai di pulau Penang George Town, gue di kasih uang 30RM dan di pesanin uber menuju ke hostel gue. Baik banget gak sih??? :")))






Setelah berpisah saat uber ngejemput gue, gue disuruh untuk bilang ke abang ubernya mencari money changer dan atm sebelum gue ke hostel. Gue stay di Ng Vin Hotel, tempatnya cukup strategis.



Pemandangan dari Feri saat menyebrang ke Pulau Penang
Gue tiba di hostel kisaran jam 8 malam dan langsung meratapi kenapa gue bisa kesasar disini. Bahkan dikasih orang uang, berasa gimana gitu.... Setelah meratapi sejenak, karena gue gak ada paket gue langsung menggunakan wifi hostel dan memberi kabar orang di rumah kalau gue kesasar dan minta kirimin pulsa untuk beli paketan untuk hari esok.

Fotonya ngeblur, lagi buru-buru :')



Jadi dari Hatyai menuju Penang gue menggunakan jalur darat. Hatyai menuju Padang Besar (alias perbatasan Thailand dan Malaysia) menggunakan kereta. Kalau kita sudah sampe di Padang Besar tandanya kita sudah sampai di Malaysia, yihiii! Dari Padang Besar kita bisa pilih keberangkatan kereta, ada yang langsung menuju KL Sentral tapi biayanya lumayan mahal. Demi penghematan gue beli tiket menuju Butterworth which is stasiun terdekat Pulau Penang.




Sesampainya di Butterworth kita bisa naik Rapid Penang secara gratis, dan segera bergegas menuju kapal Fery dan cuma dikenakan biaya 1.20RM. Setelah naik Fery tibalah kita di Pulau Penang!


Saran gue, kalau kalian mau ke Penang lebih baik stay 1-2 hari. Karena yang kaya gue pada akhirnya gak bisa explore Penang lebih leluasa lagi.. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

3 comments

  1. Hmm.. kayaknya butuh lebih dari sehari buat explore Penang. Nggak enak kalau cuma mampir lewat, berasa kuraang :D

    ReplyDelete
  2. Penang itu rumah kedua buatku :). Aku kuliah di sana dulu. Ga pernah bosen mau jelajah penang :D. Sebisa mungkin 2 thn sekali aku balik ksana sekedar ketemuan ama temen2 dulu :) . Sayang banget ga bisa eksplor ya mba. Next hrs kesitu lg. Apalagi kulinernya, lbh enak di penang drpd KL :D

    ReplyDelete
  3. Dari penang ke hat yai bisa naik kereta dan van juga kan ya?

    ReplyDelete

Newsletter

Labels