Keliling ASEAN Lewat Jalur Darat (Tips, Cerita dan Harga)

by - June 18, 2018

Jadi setelah berbagi pengalaman gue selama 19 hari sebelumnya, kali ini gue akan berbagi rute keliling ASEAN lewat jalur darat menurut pengalaman gue. Sebenernya belum seluruh negara asean, namun sebagian besar aja yaitu indochina yang berada di satu daratan yang sama. (Baca Juga: 19 Hari Keliling 4 Negara ASEAN 3 Juta)



Vietnam (Ho Chi Minh) - Cambodia (Siem Riep)
Kita mulai dari yang paling jauh yaitu Vietnam tepatnya di Ho Chi Minh City. Dari HCM menuju ke Siem Riep (Cambodia) melalui darat yaitu menggunakan bis. Perjalanan dari HCM menuju Siem Riep kurang lebih 15 jam dan transit dulu di Phnom Penh (ibu kota Cambodia). Untuk mencari tiket dari HCM ke Siem Riep atau Phnom Penh bisa di cari di sekitar Pham Ngu Lao, di sana banyak pilihan penjualan tiket bis ada yang murah dan juga ada yang mahal, tergantung dapetnya yaa. Gue pribadi dapet 440.000 VND.




Menurut gue ini harga yang paling murah, dan pelayanannya oke. Karena gue udah berkali-kali masuk ke travel agent dan harganya mahal semua. Jadi setelah gue membandingkan, akhirnya gue beli di travel agent ini. Nama tournya Capitol Tour, lokasi tour agent ini berdekatan dengan The Sinh Tourist. Meeting point nya di tempat tour agent nya.

Cambodia (Siem Riep) - Thailand (Bangkok)
Gue mulanya takut dapet harga tiket bis yang super mahal karena gue nyari dari internet harganya kisaran $25, shock banget dong gue yang cuma punya budget terbatas. Pas gue di Siem Riep gue nyewa sepeda dan akhirnya gue keliling Siem Riep dan menemukan harga yang fantastis yaitu $8. Temen gue dapet $13, dan ada yang dapet $25. Murah banget kan? Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 12 jam.




Jadi sebelum kalian beli tiket, saran gue kalian keliling Siem Riep aja, banyak kok tour agent yang menyediakan jasa bus berkualitas dengan harga murah. Dan sudah termasuk penjemputan ke hostel kalian, jadi kalian tinggal duduk manis menunggu jemputan aja.


Thailand (Bangkok) - Thailand (Hat Yai)
Perjalanan Bangkok - Hat  Yai ini gue menggunakan kereta malam yang bunyinya jugijagijug. Kenapa kereta malam? Jadi gue bisa menghemat pengeluaran hostel. Banyak pilihan seat untuk rute ini, ada yang sleeper alias bangkunya tiduran, jadi bisa sambil nyantai dan ada seat biasa. Gue mulanya mau yang sleeper, tapi udah abis. Jadi gue mau gak mau pake seat biasa. Beda harganya juga lumayan sih. Oh iya kalian beli tiketnya di stasiun utama Bangkok ya, yaitu Hua Lampong.




Keretanya gak ada casan, pastikan kalian bawa power bank. Dan perjalanan yang di tempuh kurang lebih 18 jam. Bawa makanan, karena yang jualan di kereta kebanyakan menunya adalah babi. So be careful!

Thailand (Hat Yai) - Malaysia (Penang)
Drama yang di sini gak akan ada habisnya kalau di bahas sih, sebenernya banyak opsi. Kalau kalian mau stay di Penang dulu bisa, dan kalau kalian mau langsung ke KL pun bisa. Jadi saat sampai di Padang Besar ada kereta express langsung menuju KL Sentral, tapi harganya lumayan.





Gue waktu itu dari Padang Besar memilih untuk ke Butterworth dulu. Kalau kalian dari Butterworth mau ke KL Sentral juga bisa, jadi beli tiket bis saat keluar stasiun. Gue saranin langsung ke konter tiketnya aja ya. Hati-hati banyak calo! Dan yang mau ke Penang bisa naik Rapid Penang gratis.

Malaysia (Penang) - Malaysia (Kuala Lumpur)
Dari Penang kalian menuju ke Terminal Sungai Nibong dan langsung naik ke atas, disana banyak travel agent yang melayani perjalanan ke KL. Tinggal pilih sesuai keinginan kalian.





Gue agak sedikit lupa travel apa yang gue pilih, cuma waktu itu karena masih terlalu pagi travel agent yang buka cuma sedikit. Karena terburu-buru nyari bis yang harus jalan cepet, jadi gue gak sempet foto lagi. Gue dapet bis ke KL Sentral dengan harga RM42.



Bisnya nyaman kok, dan bangkunya bisa dimundurin, jarak bangkunya agak jauh. ACnya dingin banget euy!

Malaysia (Kuala Lumpur) - Malaysia (Melaka)
Karna gue udah pernah tulis ini sebelumnya, bisa langsung klik di sini aja ya!

Malaysia (Melaka) - Singapore
Ini juga sama kok, klik di sini yaa.

Jadi rute di atas adalah rute dari pengalaman gue sendiri. Untuk harga mungkin akan mengalami kenaikan dan perubahan, namun untuk rutenya gue rasa sih gak bakalan banyak berubah. Sekian dari gue, semoga bermanfaat!

You May Also Like

2 comments

  1. lumayan lama juga yak di jalannya.. saya pernah tuh dari HCMC ke Phnom Penh, lama bgt pas nunggu buka perbatasannya.. soalnya pake bus malem, jd nunggu pagi dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang lama di jalan hehe. wah iya ya? jadi nunggu dulu dong? aku blm berani sih kalau nunggu gitu malem-malem di jalan :'D

      Delete