Dari Luang Prabang Menuju Chiang Rai (From Laos to Thailand)

by - May 30, 2019

bus from luang prabang to chiang rai

Bulan April kemarin gue melakukan perjalanan Asia Tenggara lewat jalur darat lagi. Karena seperti yang kita tau, kalau Indochina (Vietnam, Laos dan Kamboja) bisa dijelajahi dengan jalur darat. Tapi tahun lalu saat trip 19 Hari keliling 4 Negara ASEAN gue melewati Laos dikarenakan belum paham rute dan uang terbatas. Kalau kalian di Laos dan ingin overland ke negara lain, ada 2 negara yang berbatasan langsung dengan Laos, yaitu Vietnam dan Thailand. Kalian bisa naik bus dan membeli tiket ke kota tujuan kalian di travel agent atau di hostel, karena banyak hostel yang menawarkan jasa tiket bus ke dua negara ini. Kali ini perjalanan yang gue ambil adalah dari Luang Prabang menuju ke Thailand bagian Utara yaitu Chiang Rai.


luang prabang terminal bus

(Baca Juga: Keliling ASEAN Jalur Darat)

Perjalanan Luang Prabang menuju ke Chiang Rai memakan waktu kurang lebih 18 jam perjalanan dengan harga bus 285.000 atau seharga kurang lebih Rp500.000. Mahal banget sih memang untuk gue yang biasa backpackeran, tapi karena ini gue belinya di hostel jadi mungkin hostel tersebut sudah ambil untung, jadi buat kalian yang mau cari tiket lebih murah coba di travel agent di sekitar Luang Prabang. Oh ya ini bus malam ya, jadi siapin obat tidur biar kalian bisa tidur nyenyak.


(Baca Juga: Rekomendasi Hostel di Luang Prabang)

Gue di jemput di hostelnya dan diantar ke terminal di Luang Prabang. Bus nya ini nggak direct ya, dari Luang Prabang menuju Bokeo (bus stop di Laos sebelum menuju ke border imigrasi) kita naik sleeper bus, satu kotak buat berdua dan menurut gue sempit kalau dibandingkan dengan sleeper bus yang pernah gue naiki dari Mui Ne ke Ho Chi Minh. Sleeper bus nya ini nggak ada AC nya, kebayang panasnya gimana nggak? Haha.

luang prabang border
Bokeo, Xuoa Xai
Nah dari Bokeo ini kita di jemput menuju ke Huoa Xai (border imigrasi) naik mini van untuk lanjut perjalanan menuju ke Chiang Rai. Bus nya bukan sleeper lagi, mereka sebut VIP Bus gitu tapi menurut gue ya selayaknya bus aja, cuma enak ada ACnya dan lebih nyaman dibanding sleeper bus. Untung gue minum antimo sehingga gue tidur nyenyak banget selama di bus haha.


chiang khong

Dari Bokeo kita tinggal naik bus aja menuju ke Chiang Rai, tapi sebelumnya berhenti di Chiang Khong dulu untuk cap imigrasi. Dan yassss finally masuk Thailand Utara! Walaupun usai imigrasi, supir busnya jemput lama banget. Gue sempet ngobrol sama turis asal China, karena kelaparan dia beli pisang haha. Ternyata dia ke Chiang Rai karena ada direct flight menuju ke negaranya (lupa lokasi kota dia dimana).

mekong river between lao and thai


Perjalanan Chiang Khong menuju ke Chiang Rai memakan kurang lebih 2 jam perjalanan dengan pemandangan sungai Mekong yang membatasi 2 negara ini. Sebenernya ada juga rute naik kapal laut lho dari Chiang Rai ini. Cuma karena waktu yang singkat, gue memilih naik bus aja hehe. Gue nggak bisa tidur sih, karena udah kebanyakan tidur. Nah waktu sampai di Chiang Rai ini gue berhenti di Terminal 2. Sedikit saran, kalau kalian mau ke Chiang Rai lebih baik stay di dekat Terminal 1 karena lebih strategis untuk menuju ke tempat wisata di Chiang Rai. Jadi dari Terminal 2 menuju ke Terminal 1 gue naik Songthaew bareng dengan turis China yang gue ajak ngobrol sedari tadi.

You May Also Like

4 Comments

  1. waaahhhhkalo aja waktu cutiku cukup aku lbh suka lwt darat gini. apa daya karena waktu terbatas, suami jg ga mau ninggalin anak2 klamaan, makanya pas jelajah asia tenggara , kita ga lgs semua mba. chiang rai wkt itu aku naik airasia dr jkt. banyak bgt transitnya :p. di KLIA, trus bangkok trus chiang rai. sampenya jd malam. tp gpp sih, dan suka banget ama kotanya. kyknya kota yg paling aku suka di thailand,ya chiang rai ini

    pas ke laos juga dr jkt, again naik airasia. kayaknya kalo jelajah asia tenggara, lbh murah memang airasia yaaa hahahaha..

    ReplyDelete
  2. Bus ketutup gitu tanpa AC? Luar biasaaah...

    Itu mungkin kalo nggak minum antimo udah susah tidur gegara kegerahan.. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Gue hampir aja bilang, "Rp500.000 kalo 18 jam dan sleeper bus okelah." Eh ternyata sleeper bus-nya cuma di awal perjalanan, nggak ber-AC pun. Jadi memang mahal sih kak.

    Itu turis Cina berapa orang? Satu?

    Btw negara Asia Tenggara yang berbatasan Laos ada 3, satu lagi adalah Myanmar.

    ReplyDelete

Labels