How To Get To Malacca From Singapore

by - August 11, 2017

Melaka, salah satu bagian dari Malaysia. Yang kemungkinan banyak orang yang masih belum tau persis tentang Melaka. Melaka itu dikenal sebagai Bandaranya Bersejarah. Pada tahun 2008 Melaka dan George Town dinobatkan oleh UNESCO sebagai Kota Warisan Dunia. Melaka ini deket banget dengan Singapore, well- gak deket banget sih. Tapi kalau kalian punya planning ke Singapore dan Malaysia, jangan lupa untuk memasukkan Melaka di itinerary kalian. Kurang lebih perjalanan itu dari Singapore ke Melaka memakan waktu 5-6 jam yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat. Dan jika sebaliknya Malaysia ke Melaka memakan waktu 2 jam. Untuk ongkosnya pun tidak mahal! Masih terjangkau untuk yang mempunyai budget terbatas kaya gue waktu itu. Tenang aja, gue akan kasih tau bus apa aja yang bisa di gunakkan untuk ke Melaka beserta list harganya dibawah.

Don't mess with Melaka
Jadi untuk menuju Melaka dari Singapore itu gue naik MRT dari Bandara Changi karena gue abis tidur di bandara dan menuju ke stasiun Kranji, setelah gate out nanti ikutin aja arah orang keluar nanti disitu banyak orang yang antri naik bus. Bus yang gue naiki yaitu Causeway Link yang berwarna kuning tujuan Terminal Larkin Johor Bahru. Kalian bisa bayar pakai SGD ataupun MYR, gue bayar pake SGD karena mau menghabiskan sisa receh SGD yang ada. Pas naik bus kalian langsung bayar ke supirnya aja. Tapi jangan dibuang tiket busnya ya! Karena pas kalian imigrasi nanti di Woodlands dan Johor Bahru kalian bakalan naik bus yang lain tapi sama-sama Causeway Link. Tenang aja, gak perlu bayar lagi. Maka itu cukup tunjukkin tiket kalian aja.

Source google.
Tiket Causeway Link (jangan dibuang!)
Perjalanan dari Kranji menuju terminal Larkin Johor Bahru memakan perjalanan kurang lebih 1 setengah jam sudah dengan imigrasi. Karena waktu imigrasi di Woodlands ada yang bermasalah diantrian gue jadi cukup lama antrinya pft. But yeah, gue menikmati waktu-waktu disini walaupun menunggu itu capek (malah curhat). Sesampainya di terminal Larkin, gue segera mencari-cari counter tiket menuju ke Melaka dengan harga murah dan waktu tercepat untuk berangkat. Sangat kebetulan! Gue menemukan bis Mayang Sari yang berangkat menuju Melaka jam 01.00, karena gue sampe di terminal Larkin ini sekitar jam 12.45. Berikut jadwal bus Mayang Sari menuju Melaka Sentral.


Tiket Mayang Sari
Setelah menunggu beberapa menit gue akhirnya naik ke bus Mayang Sari dan menuju Melaka. Perjalanan dari terminal Larkin cukup lama, ditempuh sekitar 3 jam dan gue menghabiskan waktu tersebut untuk tidur. Sesampainya di Melaka Sentral, artinya gue udah di Melaka! (iyain aja) tapi belum sampai di Bangunan Merah atau The Stadthuys. Dari Melaka Sentral gue naik Bus (lagi) untuk menuju ke Bangunan Merah. Bus yang gue naikin ialah bus panorama 17 tujuan Bangunan Merah.



Kalau kalian udah sampe disini tandanya kalian udah sampai di Bangunan Merah! hampir seluruh bangunan disini warnanya merah. Ya namanya juga bangunan merah. Intinya gue ini sangat jatuh cinta sama kesederhanaan di Melaka ini. Cocok lah buat menenangkan diri yang bosen sama hiruk pikuk perkotaan. Untuk foto-foto sih so aesthetic banget!








Dan buat yang mau melanjutkan perjalanan dari Melaka ke Kuala Lumpur bisa ambil rute Bangunan Merah - Melaka Sentral (dengan bus Panorama 17). Setelah di Melaka Sentral membeli tiket bis menuju Kuala Lumpur. Nanti bakalan banyak pilihannya. Tapi gue memilih Delima, karena yang paling murah but still worth. 


Biaya Pengeluaran:


You May Also Like

5 comments

  1. waah murah meriah yaa.. duh kapan ya kesana :D

    ReplyDelete
  2. Waaah Malaka nih dulu blm sempet kesini tapi rencana ntar mau overland juga kesana sekalian ke Thailand. Btw keren tulisannya :D

    www.irhamfaridh.com

    ReplyDelete
  3. tahun 2014 saya kesana, banyak tempat tempat bersejarah.. hmm rasanya pengen kesna lagi :-)

    ReplyDelete
  4. Tulisan yang bagus euy, bisa jadi referensi yang mau jalan sekalian Singapore Malaysia, lebih hemat pula. Dan gak susah ternyata

    ReplyDelete
  5. Wah aku belum pernah ke Malaka, baru sampe ke Johor Bahru aja. Memang imigrasi kembali ke Singapur yang agak lama karena ketelitian petugas imigrasi. Ntar nyoba ah, dan makasih untuk info rincian transportasinya ya

    ReplyDelete