3 Cara Atasi Beser pada Saat Traveling, Kenali Penyebab dan juga Pencegahannya!

Pernah gak sih kamu merasakan beser pada saat traveling? Gue pribadi lumayan cukup sering ngerasa beser setiap traveling. Apalagi saat ASEAN trip yang pernah gue lalui. Karena traveling jalur darat, sehingga memakan waktu perjalanan yang cukup lama. Pernah suatu ketika, saat gue traveling naik bus dari Vietnam ke Kamboja dengan perjalanan kurang lebih 15 jam, gue tuh nahan pipis karena jarang berhenti di rest area atau karena toiletnya jorok. Dari situ gue tuh agak trauma dengan beser!

3-cara-atasi-beser-saat-traveling

Gue mulai cari tau, apa sih penyebab dari beser tersebut dan bagaimana cara menghindarinya? Karena bagi gue yang sering melakukan perjalanan dari satu daerah ke daerah lain naik bus tanpa toilet, gue mesti tau gimana pencegahannya biar gak beser. Padahal udah mengurangi minum air, tapi tetep aja beser. Jadi apa sih penyebabnya?

Penyebab Utama Beser

Sebelum mengetahui pencegahannya, kita cari tau dulu apa sih beser itu sendiri?

Overactive Bladder (OAB) atau yang biasa kita kenal dengan beser adalah rasa ingin buang air kecil yang sulit untuk di kontrol tanpa memperhatikan frekuensi dan jumlahnya. Hal ini terjadi karena sistem kantung kemih kita terlalu aktif sehingga dapat menyebabkan keinginan untuk buang air kecil berkali-kali dan bahkan menyebabkan keluarnya urine (inkontinesia) tanpa disadari.

Nah kebanyakan dari kita mungkin berpikir kalau penyebab utama beser itu karena kebanyakan minum, tapi ternyata enggak loh! Beser tidak disebabkan karena terlalu banyak minum. Beser bisa mengenai siapa saja, sehingga kita harus lebih aware terhadap kemih kita.

Lalu apa sih penyebab Overactive Bladder (OAB) atau beser ini? Ternyata beser ini dapat muncul karena berbagai penyebab, diantaranya adalah Idiopatik yaitu suatu kondisi dimana penyebabnya tidak diketahui, selain itu juga karena otot panggul yang lemah, obat-obatan, alkohol, kafein, obesitas, dan lain-lain.

penyebab-utama-beser

Jika kandung kemih kamu terlalu aktif, kamu pasti merasakan kecemasan, gangguan pada saat tidur, namun dalam beberapa kasus kamu juga bisa mencegah terjadinya beser ini.

Pencegahan Beser agar Terasa Lebih Nyaman!

pencegahan-agar-tidak-beser


Dengan menjalani gaya hidup sehat, tentunya dapat mengurangi risiko kandung kemih yang terlalu aktif. Berikut beberapa upaya pencegahan agar tidak merasakan beser.

- Pertahankan berat badan yang sehat

- Lakukan aktivitas fisik / olahraga secara teratur

- Membatasi konsumsi kafein dan alkohol

- Berhenti merokok

Tanpa disadari upaya ini dapat memperbaiki beberapa hal yang menyebabkan dorongan yang mungkin sangat menggangu aktivitas kita sehari-hari.

3 Cara Atasi Beser pada Saat Traveling!

3-cara-atasi-beser-pada-saat-traveling

Setelah mengetahui apa penyebab dari beser dan pencegahan secara luas, pasti kalian bertanya-tanya bagaimana sih mengatasi beser pada saat traveling? Hal ini tentu menggangu karena yang awalnya mau seneng-seneng eh malahan beser, sehingga bikin perjalanan jadi nggak nyaman. 

Kamu bisa ikuti tips ini untuk mengatasi beser pada saat traveling.

1. Atur Konsumsi Air

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa penyebab beser bukan dari kebanyakan minum. Justru kita harus memenuhi asupan air agar tidak dehidrasi dan perlu diketahui kapasitas minum kita. Mengonsumsi air secara teratur dalam jumlah yang normal dapat menjaga kondisi urine kita agar tidak berwarna pekat.

Itulah mengapa kita harus tetap mengonsumsi air secara teratur, asal dalam jumlah yang normal dan memenuhi kebutuhan tubuh kita.

2. Hindari Minuman yang Mengandung Diuretik

Saat traveling, gue selalu berupaya menghindari minuman yang mengandung diuretik seperti minuman bersoda, kopi dan juga teh. Karena dengan mengonsumsi minuman ini akan menyebabkan naiknya laju urinasi kita, sehingga dapat menyebabkan kita malah beser.

3. Mengusahakan untuk Buang Air sebelum Berangkat

Agar nyaman selama perjalanan, kamu bisa memulai untuk minum kemudian buang air kecil sebelum berangkat. Misalnya sebelum kamu explore hari itu, kamu bisa buang air kecil terlebih dahulu di hotel. Dan kamu bisa menahannya selama perjalanan atau selama kamu jalan-jalan.

Jangan lupa terapkan 3 hal ini saat kamu saat traveling ya guys! Agar perjalanan kamu terasa lebih nyaman.

Perlu kita ketahui bahwa beser ini buka salah satu penyakit yang bisa kita anggap enteng, karena beser ini sangat menganggu dalam beraktivitas sehari-hari juga loh. Nah jika kamu ingin mengetahui insight lainnya mengenai beser, kamu bisa cek ke instagram @beser_indonesia atau melalui website beser.id serta like Fanpage Facebook Beser Indonesia juga.

Salam sehat dan semoga artikel ini membantu untuk teman-teman semua ya.

Referensi :

- https://www.agingcare.com/articles/tips-for-traveling-with-bladder-issues-174554.html

- https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636638/tips-ampuh-mengatasi-kebiasaan-beser-yang-mengganggu

- https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/overactive-bladder/symptoms-causes/syc-20355715

No comments