How to get to Nusa Penida from Sanur (A Mesmerizing View in Penida Story)

by - October 22, 2018

Visit nusa penida adalah one of my dream dan suatu keharusan ketika gue mampir ke Bali, jadi nggak akan gue sia-siakan begitu aja. Waktu gue di Bali adalah 4 hari, dan gue nggak mau pulang-pergi ke Penida, pokoknya harus stay satu malam! Tapi yang gue tau, untuk menuju tempat wisata satu ke yang lainnya di Penida jauh-jauh banget. Sedangkan gue backpacking sendirian, so what to do? As usual, gue selalu mencari teman dari CouchSurfing (Baca Juga: Meet and Stay with Local? Try CouchSurfing!).

backpacker ke nusa penida

Akhirnya setelah beberapa orang gue chat, mereka memberi respon. Tapi mendekati hari H mereka menghilang. Dan gue agak panik sebenarnya "gimana ya? lanjut nggak ya?" sampai akhirnya gue pun nekat untuk lanjut walaupun harus naik motor sendirian.

pelabuhan sanur

beli tiket ke penida

Untuk menuju ke Penida Island yang kita lakukan ialah menyebrangi pulau Bali dari Sanur, kebetulan gue memang sudah memutuskan untuk stay di sekitar Sanur sehingga gue nggak akan terlalu jauh untuk ke Pelabuhan Sanur. Sekitar pukul setengah 7 gue tiba di Pelabuhan Sanur dan berniat membeli tiket, namun apa daya. Hampir semua penuh dan tidak menjual tiket lagi, gue panik dan duduk sebentar sambil chat temen gue sampai akhirnya dia menyarankan gue untuk ke Mola-Mola Express. Gue lihat antriannya tidak sepanjang yang lain, dan untungnya masih tersedia beberapa slot kosong karena nyaris semua sudah booking! Saran dari gue, booking tiket terlebih dahulu sebelum ke Penida.




penyebrangan ke penida


Gue membeli tiket PP seharga Rp200.000. Kita akan diberikan penanda kalau kita penumpang dari Mola-Mola, sekitar jam 8 boatnya jalan. Nggak lama, ada mas-mas yang duduk disamping gue. Yang kayaknya dia juga sendirian, sampai akhirnya kita ngobrol dan memutuskan untuk bareng (dalam hati, akhirnyaaaaaa gue nggak perlu bawa motor haha) nama panggilannya Boti, dan gue nggak boleh expose foto dia haha gatau biar apa tuh. But I will, anyway haha.

nusa penida island

Namanya Boti, nggak boleh expose lebih lagi katanya.
Angel Billabong and Broken Beach

Lokasi utama yang kita tuju ialah Angel Billabong dan Broken Beach karena letaknya yang sama. Jalanan menuju ke lokasi, ancur parah! Gue nggak kebayang kalau gue yang harus bawa motor sendirian, nangis kali ya? Haha. Biaya masuk perorang ialah 5rb dan biaya parkir permotor 1rb. Jadi total berdua 11rb.


Gue menikmati pemandangan di hadapan gue "oh gini ya.. akhirnya bisa ke sini juga." kepengen foto-foto, tapi nggak terlalu mood. Akhirnya foto sekitar dan keliling sebentar sampai akhirnya dapat spot bagus langsung mood fotonya balik!

broken beach penida

angel billabong beach penida

Nggak lama, kita langsung bergegas nyari makan karena lapar. Boti curhat nih ceritanya gengs, spoiler nggak nih? Haha

Kelingking Beach and The Beautiful Sunset

Yang menjadi ciri khas Penida kayanya sih Kelingking, bagus banget memang! Lalu gue melihat ke bawah, wah ini bisa turun ya? Setelah kesepakatan gue dan Boti akhirnya kita turun walaupun di tasnya dia bawa tenda dan juga kamera haha kasian dia pokoknya.


Turunnya emang lumayan mudah, walaupun gue sempat kepleset dan tangan gue luka. Tapi ya nggak apa, di bawah emang seru banget. Tapi panas abis. Sangking panasnya, nggak bisa tahan gue dengan godaan Sprite yang ternyata harganya 25rb ckck.

kelingking beach penida

Namun asli seger usai minum Sprite, gue langsung bergegas foto-foto dan mempersiapkan mental untuk naik. Karena gue tau naik akan lebih butuh perjuangan. Dan kasian Boti, duh berasa naik gunung pasti hahahaha.

kelingking beach penida

Sampai akhirnya sunset pun datang, cantik banget!!!! Selesai itu, gue balik ke hostel. Boti yang tadinya mau buka tenda, nggak jadi dan memilih untuk satu hostel sama gue. Kalian mesti inget kan kejadian digigit tungau di hostel? Wah itu berbekas banget asli.

sunset kelingking beach penida

Karena kejadian itu, gue bangun siang banget! Jam 10 baru bener-bener bangun. Alhasil nggak bisa kemana-mana lagi, karena jam 3 boat untuk balik. Kita cuma cari makan aja dan bersiap-siap untuk check out.



Walaupun belum semua tempat di Penida gue explore, tapi gue harap akan ada kesempatan untuk balik lagi ke sana dan explore semuanya.

You May Also Like

19 comments

  1. Kalo aku bakal ambil paket tur kayaknya, hahaha.
    Namanya lucu, ya. Mungkin itu bukan nama asli juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe biar ngga penasaran XD iya bukan nama aslinya dia ituuuuu hahaha

      Delete
  2. Duh bagus banget ya Nusa Penida Island, air-nya ernih dan biru, perjalanan yang sangat menarik dna petualangan seru nih

    ReplyDelete
  3. Saking indahnya tempat ini dulu ada filmnya judulnya sama dengan pulau ini. Nusa Penida. Beberapa kali ke Bali belum ke sini hahaha

    ReplyDelete
  4. Kapan2 kita jalan bareng yuk mau aku kesana juga.. kan lumayan dah ada yg tau seluk beluknya jd aman lah.. bagus bngt fotonya

    ReplyDelete
  5. Hallo mba salam kenal ya, melihat postingan mba ini saya jadi tertarik untuk gaya travelingnya.. tapi sekarang sudah punya buntut 2, mungkin ngga ya seasik gaya traveling mba hehe.. btw mba, salut deh fotonya ngga keliatan narsis, kalo aku jadi mba pasti semua
    foto tampak depan muka huhu

    ReplyDelete
  6. Waduh kak Mardiah pas banget nih eksplore wisata jelang akhir tahun. Itu Kelingking Beach beneran seperti kelingking gitu?

    ReplyDelete
  7. Nusa Penida bangus ya pemandangannya. Btw, Boti punya blog juga ga?

    ReplyDelete
  8. Ini menjadi salah satu destinasi impian..semoga bisa segera ke sana..terima kasih informasinya ya..salam

    ReplyDelete
  9. Wah, traveling sendirian neng..hebat berani banget ya. Untung ada Boti haha..

    ReplyDelete
  10. Pantainya cantik banget mba. Memang Indonesia ini adanya indah dan indah banget, dimana-mana keindahan alam terhampar

    ReplyDelete
  11. suka sekali liat pemandangan alamnya, masih asri dan warna laut yang biru pengen saya berenang di sana

    ReplyDelete
  12. Jadi penasaran mau kesana juga. Explore Penida yang warna langitnya masih biru.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah Tabarakallah ini indah sekali, airnya jernih banget yah, pengen banget deh kesanaaa

    ReplyDelete
  14. foto-fotonya bagus mba. Itu kalau gitu pake timer ya atau ngeklik diblutut?

    ReplyDelete
  15. Bola balik ke Bali, tapi belum ke Nusa Penida. Tahun depan palnning ke sana ah

    ReplyDelete
  16. Seru y mba ekplor daerah , cantik2 fotonya dapet temen baru lagi.

    ReplyDelete