Meet and Stay with Local? Try Couchsurfing!

by - July 28, 2018


Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara saya bisa tinggal bersama warga lokal di saat saya traveling. Saya selalu menuliskan Rencana Perjalanan atau "Create a Public Trip" di CouchSurfing (CS). Awal mula tau CS setelah datang ke seminar seorang traveler yang akhirnya menginspirasi saya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Can you guess who??


Apa sih CouchSurfing (CS) itu sebenarnya? CS itu adalah sebuah aplikasi atau bisa di bilang sebuah wadah untuk para traveler seluruh penjuru dunia. Yang memberikan kesempatan untuk para traveler untuk bertemu dan tinggal bersama. Hah? Apa? Tinggal bersama? Tenang-tenang, ini tidak seperti apa yang kalian bayangkan kok.

CS itu terdiri dari 2 makna, yaitu Couch (Sofa) adalah orang yang menyediakan tempat singgah biasa disebut "host". Host ini adalah orang yang memberikan kita tumpangan, baik berupa kamar, maupun hanya sekedar sofa untuk kita tinggal di temapat yang disediakan oleh mereka. Sedangkan Surfing yang berasal dari kata Surfer berarti (Tamu) adalah seorang pendatang yang akan singgah di tempat host tersebut.

Tapi CS ini nggak semata cuma buat singgah gratisan atau semacamnya, ini adalah salah satu ajang buat kita memperbanyak koneksi khususnya untuk traveler mancanegara. Di sini saya bakalan bahas lebih dalam tentang CS sekaligus menjawab pertanyaan teman-teman sekalian.

"kok bisa sih tinggal di rumah warga lokal? udah kenal atau gimana?"

Itu pertanyaan yang banyak masuk ke dm saya saat melakukan trip ASEAN (Baca juga: 19 HARI KELILING 4 NEGARA ASEAN 3 JUTA). Dan saya cuma jawab pakai CS, kemudian nggak saya balas lagi haha. Jadi berikut penjelasan dari saya!

1. Stay with Local (Tinggal Bersama Warga Lokal)

Saat di Vietnam, saya stay selama 9 hari tapi cuma 2 malam membayar hostel. Sisanya saya menggunakan CS. Caranya klik "Find Hosts" kemudian kalian tulis negara atau kota tujuan kalian. Nanti akan banyak hosts yang bisa kalian pilih.


Fyi, saya pribadi lebih prefer stay bersama cewek, jadi saya selalu apply ke cewek. Kalian tinggal kirim aja alasan kenapa kamu mau tinggal sama mereka dan berapa lama. Untuk apply ke hosts sekarang di batasi cuma 10 untuk seminggu, jadi saran saya kalian sudah apply ke mereka at least 1 atau 2 bulan sebelumnya. Kunci nya satu, sabar! Kalian pasti mengalami penolakan-penolakan seperti gue haha.


Selain dapat tumpangan gratis, yang saya suka dari CS ini adalah kita bisa belajar lebih banyak mengenai budaya di daerah yang kita kunjungi. Contohnya, saat saya ke Vietnam saya dapat kesempatan untuk belajar masak makanan khas lokal dan merasakan stay di Rusun, Rumah biasa dan bahkan di Apartemen. (Baca Juga: 9 Sweet Days in Vietnam (Tips, Trick and Budget) Part 1)

Di rumah warga lokal
Di rusun


Di apartemen
Tao, My Host's Sister
Selain itu saya juga jadi bisa masak makanan rumah alias masakin mereka nasi goreng, karena jujur masakan di Vietnam nggak terlalu cocok dengan mulut saya! Hoho

Ini ikan, lupa ikan apa. Makannya sama bihun
Ini namanya Banh Xeo! Biasa disajikan dengan daging babi. Tapi karena masak sendiri, pakenya udang.
Nasi goreng buatan sendiri.
Atau yang mau liat video nya bisa di youtube channel gue.


2. Meet With Local (Bertemu dengan Warga Lokal)

Kalo ini malahan yang pertama saya lakukan saat menggunakan CS, tapi saya jadi warga lokalnya. Jadi saya 3x meet up, dengan orang 2 Malaysia (Kota Kinabalu) dan (KL) satu lagi Singapore. Alhamdulillah masih kontakan dan berteman baik dengan mereka!

Pertama kali orang yang gue temuin lewat CS, Essy from Kota Kinabalu, Malaysia.
Liam from Kuala Lumpur, Malaysia.
Atau kalau mau liat video gue dan Liam, bisa di youtube channel dia.


with Seri from Singapore.
Sama Seri, saya sudah lumayan sering bertemu. Kurang lebih 3 atau 4 kali, dan kita masih sering kontekan lewat Instagram dan Whatsapp, kadang buat curhat dan cerita tentang our next travel plan.

Selain itu gue kalau nggak dapet warga lokal buat numpang stay, gue biasanya minta meet-up untuk di ajak ke tempat-tempat di lokasi tujuan gue. Nggak cuma di luar negeri, lho! Pas gue ke Jogja aja gue ketemuan sama warga CS di Jogja, dan di jemput di kosan temen gue cuma buat liat sunrise jam 4 subuh! (Baca Juga: 3 Amazing Days in Yogyakarta)

Intinya CS ini bener-bener wadah yang sangat berguna buat para solo traveler yang takut nggak ada temen ngobrol. Tapi tenang, di CS kalian bisa memperbanyak teman dari seluruh penjuru dunia. Untuk akses situsnya bisa di couchsurfing.com dan bisa di install di playstore. Selamat mencoba yaaa!

You May Also Like

6 comments

  1. Serunya. Saya udah diajakin ikut Couch Surfing semenjak tahun 2009, tetapi saya belum berani masuk. Sebabnya, saya nggak punya rumah untuk diinepin. Saya ini berani nginep di rumah orang asing, tapi saya nggak berani kalau rumah saya diinepin orang asing.. Tapi kalau sekedar nemenin jalan-jalan sih, saya mau banget.. Mungkin saya nggak cocok sama Couch Surfing kali ya, lebih cocoknya sama Hangout-Bareng Surfing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga nginep tapi belum pernah di inepin padahal pengen malah, tapi karena rumah nggak strategis jadi belum pernah huhu. hihi hangout bareng surfing XD gapapa yang penting guna nya couchsurfing kita jadi banyak kenalan deh

      Delete
  2. Udah tau couchsurfing sejak 2010an dan udah punya akun sejak 2013, tapi belum pernah coba sama sekali. Tapi setelah baca post mbak, saya jadi makin tertarik untuk mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk di coba pakai akunnya :D seru lho memperbanyak teman hihi

      Delete
  3. Wow, seru ya, Kak.
    Jadi pengen nyoba CS juga.
    Tapi kepikiran tentang keamanannya itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru dong! hihi. cobain kak, dan liat gimana referensi orang tersebut. masalah keamanan aku anjurkan untuk yang perempuan kalau mau stay mending stay sama perempuan juga biar lebih safe menurutku hehe :)

      Delete

Newsletter

Labels