7 Hari Backpacking ke Labuan Bajo dari Jakarta Cuma 2 Jutaan!

by - October 29, 2018

Loh kok bisa cuma 2,5 juta aja? Bukannya tiket pesawat ke Bajo dari Jakarta aja udah lebih dari 2 juta? Yang bener? Woiya bener dong masa iya hoax!

Jadi saya mau jelasin rute menuju ke Labuan Bajo dari Jakarta dengan budget yang murah. Bukan dengan pesawat tapi dengan kapal laut. Tapi ini tidak disarankan untuk yang mabuk laut ya karena bahaya. Takutnya sampai lokasi bukannya siap buat explore malahan ship-lag.

kanawa island labuan bajo

Jadi di karenakan tiket pesawat Jakarta-Labuan Bajo harganya cukup membuat kita mengocek kantong cukup dalam, gue meminimalisir pengeluaran dengan cara membeli tiket pesawat Jakarta-Bali PP. Btw saya dapet tiket ini gratis, tapi travel-mate saya beli Jakarta-Bali PP cuma 500rb kok dengan maskapai AA (Air Asia) sering-sering pantengin aja. Atau baca artikel Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah ala saya.

Setelah itu, dari Bali menuju Labuan Bajo kita menggunakan kapal laut yaitu PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) dengan biaya cuma 500rb untuk PP juga. Nanti saya akan jelaskan perjalanan saya selama naik pelni di tulisan terpisah.

Jadi 1jt udah buat PP Jakarta-Labuan Bajo. Murah banget kan dibandingkan kalian naik pesawat? Tapi guys, biaya murah ini tentunya mempunyai kelemahan tersendiri juga. Yaitu waktu tempuhnya jauh lebih lama, bisa 2 hari kalian baru sampai. Dan saya tidak sarankan ini juga untuk yang ingin buru-buru.

Karena trip kali ini saya berdua, jadi kita menggunakan private room dan biayanya di bagi 2. Untuk penginapan selama 3 hari kita membayar 460rb (2 hari private room, 1 hari dorm tapi isi nya cuma kita dan di kasih konci! baik banget parah. nanti akan saya review juga hostelnya). Berarti untuk penginapan kita membayar 260rb/orang.

Karena kita overland ke Kabupaten Manggarai, NTT alias ke Waerebo, biaya yang kita habiskan adalah 500rb/orang. Sudah termasuk biaya motor dan bensin, makan, porter, dan stay di Waerebo. Terdengar sedikit mahal, tapi uang bisa di cari sedangkan pengalaman tidak. Dan juga sedari awal sebenarnya saya sangat ingin overland ke Maumere namun budget saya masih terbatas sehingga saya harus menunda perjalanan explore keseluruhan NTT, tapi tdak menutup kemungkinan untuk perjalanan selanjutnya.

( Baca Juga: Dari Labuan Bajo ke Waerebo Mengendarai Motor )

Kemudian untuk biaya sailing kami berdua menghabiskan 1,5/orang sudah termasuk biaya masuk wisata ke setiap pulau dan ini adalah biaya sailing untuk 2D1N. Selama di kapal pun kami mendapatkan makanan yang sangat layak, dan juga fresh di karenakan ada ibu koki yang masak untuk kita. Tercinta sekali ibu ini!

labuan bajo murah
Koki yang masak selama di kapal.
Untuk menuju ke Timur tidak melulu mengeluarkan biaya yang besar, terntung bagaimana kita menemukan opsi untuk traveling murah! Semoga bisa jadi referensi kalian.

You May Also Like

18 comments

  1. Waktu tahun 2015 ke labuan bajo, daku beli tiketnya 7 bulan sebelumnya mbak, haha.. Biar hemat. Dan bener aja, lumayan banget soalnya jadi kan bisa dialihkan buat tamasya ke tempat-tempat di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang pun walaupun beli lama tetap mahal mba kecuali travel fair kayaknya sih :"D

      Delete
  2. Boleh juga nih buat referensi jalan jalan. Makasih banyak ya.

    ReplyDelete
  3. Mantap perjalanan liburan nya bikin segera bisa menginjakkan kaki di sana.

    Semangat!

    ReplyDelete
  4. Murmer juga ya...7 hari hanya 2 jutaan buat catatan juga ini akh kalau next trip ke sini. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
  5. Wuidih, asyik banget nih! Boleh-boleh nih dicontek caranya biar bisa piknik hemat kayak gitu juga. :D

    ReplyDelete
  6. Wah mupeng. Labuan Bajo sekarang emang sudah membuka diri, semoga makin banyak wisatawan yang datang ke sini :)

    ReplyDelete
  7. Menarik banget nih! Panten dirimu jalan-jalan terus, ternyata punya banyak trik eaaa..

    ReplyDelete
  8. Mantap banget backpacker ke wairebo dan labuan bajo. Cewek cewek super nih. Yang paling keren naek kapal pelni yang udah jarang digunakan. Mantap banget

    ReplyDelete
  9. Wuih tipsnya mantab bener. Saya pengen sekali ngetrip ke labuan bajo, tapi nunggu suami bisa cuti lama susah banget. Senangnya kalau ada teman trip yang sabar dan bisa menikmati perjalanan walaupun harus berlama-lama di atas perahu.

    ReplyDelete
  10. Menggoda banget nih judulnya. Itu bagi yg domisili Jakarta sih. Penasaran ma rute dri Makassar kira kira berapaan yah?

    ReplyDelete
  11. kalo dari Bengkulu berapa ya kak biayanya. tapi saya keknya nunggu anak gede dulu deh

    ReplyDelete
  12. Journey banget mba.. akupun punya impian ke labuan bajo, memnag lagi proses persiapan nih.. baca tulisan ini jadi ngga sabar untuk segera mengeksplore labuan bajo.. thanks for sharing mba.. sangat membantu

    ReplyDelete
  13. kapan ya aku punya temen yang bisa diajak jalan2 gini..secara kalo sama suami, pengennya yang buru2 sampai..gak mungkin banget diajak naik kapal laut

    ReplyDelete
  14. jadi mupeng bingit ke Labuan Bajo nih.

    Oia kak aku saran, supaya lebih enak dibaca gimana kalo budget atau anggaran dana'a itu ditulis paling bawah seperti list gitu supaya pembaca lebih paham. thanks for share*

    ReplyDelete
  15. Wah, seru banget ka jalan2nya. Kebetulan aku belum pernah ke NTT juga. Jadi kepengen. Btw, aku setuju dengan pernyataannya "terdengar sedikit mahal. Tapi uang bisa dicari sedangkan pengalaman tidak.' Ini jleb banget!

    ReplyDelete
  16. Wahh boleh dicoba ini tipsnya naik kapal hihihi, thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  17. Hm buat fakir cuti seperti diriqu, kayaknya tetep harus naik pesawat :(

    ReplyDelete