Operasi Gigi Bungsu dan Membersihkan Karang Gigi di JSmile Dental Kemanggisan

Beberapa bulan ke belakang gue ngerasa banyak banget permasalahan di gigi gue, mulai dari makan ngerasa terganggu untuk ngunyah di gigi sebelah kanan, udah pindah ke kiri masih ngerasa gak nyaman. Ngilu aja setiap ngunyah makanan. Sampai yang terparah setiap gue sikat gigi, udah masuk ke tahap selalu berdarah. Awalnya mikir, mungkin makanan yang gue makan tadi banyak yang nyangkut. Tapi setelah di pikir kembali, kok malah berdarah setiap hari?????

Selain ngerasa gak nyaman saat makan, gue juga udah mulai ngerasa gusi bengkak yang menyebabkan nafsu makan hilang karena bakalan sakit kalau makan cuy! Trus gue juga ngerasa bau mulut sehingga menyebabkan gue gak leluasa untuk ngobrol sama orang lain. Intinya banyak banget permasalahan di gigi gue.

treatment-gigi-di-jsmile-dental-kemanggisan

Jujur gue belum pernah yang namanya ke dokter gigi untuk periksa. Seinget gue, kayaknya terakhir ke dokter gigi pas masih kecil saat cabut gigi. Hahaha. Tapi ini serius. Gue bener-bener nggak pernah treatment gigi. Sampai akhirnya gue iseng scroll instagram dan menemukan instagram drg. Christine dan melihat berbagai macam treatment pada gigi.

Pengalaman Treatment di JSmile Dental Kemanggisan

treatment-gigi-di-jsmile-dental-kemanggisan

Berawal dari rasa penasaran akhirnya gue memberanikan diri untuk periksa gigi karena udah nggak tahan banget sama gigi yang semakin hari semakin sakit. Akhirnya gue memutuskan untuk datang ke JSmile Dental Clinic yang berlokasikan di Kemanggisan.

treatment-gigi-di-jsmile-dental-kemanggisan

Setelah sampai gue isi form data diri dan langsung konsultasi mengenai permasalahan yang gue rasakan. Gue ditangani langsung dengan drg. Christine yang super ramah! Jujur banget sebagai seseorang yang baru melakukan treatment gigi pertama kali, ada rasa agak nervous dan takut. Tapi tenang aja, gue ngerasa nyaman banget setelah bertemu dengan drg. Christine ini!

treatment-gigi-di-jsmile-dental-kemanggisan

treatment-gigi-di-jsmile-dental-kemanggisan

Gue masuk ke ruangan untuk cek permasalahan gigi gue. Gue diarahkan untuk duduk dan langsung dilakukan pemeriksaan, ternyata tindakan yang harus diambil adalah operasi gigi buntu dan juga membersihkan karang gigi! Fyi, membersihkan karang gigi ini harus loh guys untuk kesehatan juga. Minimal 6 bulan sekali. Jangan kayak gue, baru dibersihin sekarang. Xixi

Pelaksanaan Pembersihkan Karang Gigi dan Operasi Gigi Bungsu

Gue dikasih obat yang sepertinya obat bius karena akan ada tindakan operasi gigi bungsu. Awalnya degdegan banget, asli! Karena denger kata "operasi" sebenernya langsung bikin gue takut duluan. Tapi penjelasan dari drg. Christine yang super informatif bikin gue tenang. Apalagi ternyata di sini dikenal operasi gigi paling cepat dan bagus.

Operasi gigi bungsu yang biasa dikerjakan drg. Christine normalnya memakan waktu 15 menit, tapi bisa lebih cepat dan maksimal 30 menit sesuai dengan permasalahan dan bentuk gigi masing-masing orang.

Sebelum melakukan operasi gigi bungsu, gue dikasih obat. Katanya biar nggak sakit pada saat operasi nanti. Setelah minum obat gue ditanya sudah makan atau belum? Fyi lagi, sebelum treatment makan dulu ya! Karena kalau sesudah operasi gigi bungsu kamu bakalan puasa dulu selama 2 jam untuk tidak makan dan minum. Jadi pastikan perut kalian dalam keadaan kenyang yaaa.

rontgen-gigi-sebelum-dilakukan-treatment
Sebelum diambil tindakan, gigi gue di rontgen dulu! Liat gak gigi bungsu gue?

Kemudian ketika konsultasinya beres, kita langsung melakukan treatment untuk gigi gue. Yang pertama di rontgen terlebih dahulu dan di suntik bius pada gusi sekitar gigi yang akan dioperasi. Setelah itu mati rasa, tapi gue ngerasa pipi gue tuh jadi ngerasa tebel aja gitu.

proses-pembersihan-karang-gigi
Proses pembersihan karang gigi

Treatment yang gue dapatkan pertama adalah membersihkan karang gigi. Karena memang belum pernah melakukan pembersihan karang gigi sebelumnya, jadi agak nervous! Haha. Tapi selama proses pembersihan karang gigi, drg. Christine selalu memberi intruksi apa saja yang akan dilakukan. Sampe selalu mengucapkan kata-kata "ini mungkin gak nyaman tapi cuma sebentar", tapi asli gue jadi jauh lebih tenang aja setiap abis ngedengernya.

Proses pembersihan karang gigi pun sangat cepat. Pokoknya tau-tau udah selesai aja. Rasanya sih memang aneh, tapi setelah karang gigi dibersihkan. Beuuuh! Rasanya mulut lega banget, gigi jadi lebih sehat aja karena nggak ada kotoran yang menempel lagi.

proses-pencabutan-gigi-bungsu
Proses pencabutan gigi bungsu

pencabutan-gigi-bungsu-di-jsmile-dental
Gigi bungsunya sudah di cabut!

Setelah itu lanjut ke operasi cabut gigi alias ini yang paling mendebarkan. Karena sudah minum obat dan di bius, gue nggak ngerasa sakit apapun. Cuma berasa ada dorongan ataupun pencabutan gigi tapi gak sakit sama sekali. Untuk operasi gigi bungsu gue cuma memakan waktu 10 menit! Extra cepet banget kan?!

Perawatan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Usai proses operasi gigi bungsu, rasanya bengkak aja gitu wajah gue. Tapi memang itu yang dirasakan dan wajar banget. Gue dikasih kapas yang akan gue gigit selama 2 jam pasca operasi. Gue juga diingatkan untuk tidak minum yang panas alias selama 24 jam pasca operasi dibolehkan untuk makan dan minum yang dingin aja.

Oh iya buat yang mau lihat before afternya, gini nih!

before-after-treatment-gigi
Sebelum dan sesudah di operasi gigi bungsu

before-after-treatment-gigi
Sebelum dan sesudah dibersihkan karang gigi

Tangan gue agak bandel sih, karena penasaran pipi bengkak atau engga jadi gue pegang terus padahal nggak boleh di sentuh tangan! Jangan bandel ya, haha. Setelah itu jangan lupa untuk menebus obat yang sudah diresepkan.

Setelah 1-3 hari ketika ada efek bengkak, it's normal ya jadi nggak kenapa-kenapa kok. Kecuali jika terjadi pendarahan yang cukup banyak, kamu bisa kompres pipi kamu dengan es batu yang dibungkus kain dan konsultasi lagi apabila semakin parah.

Gue pribadi sampai hari ke-3 masih bengkak tapi rasa sakitnya memudar. Over all gue ngerasa jauh lebih nyaman sekarang! Apalagi dari awal gue sudah percaya dengan drg. Christine yang memang ahli di bidangnya sehingga gak perlu khawatir sama sekali dalam melakukan treatment.

Nah buat kalian yang mau melakukan check gigi kalian, bisa langsung aja datang ke JSmile Dental yang berlokasikan di Kemanggisan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu ya!

JSmile Dental Kemanggisan 

Jl. Kemanggisan Utama VII / No.68
Jakarta Barat
0838-700-20-200
Instagram :

No comments