Cemilan dengan Pewarna Alami yang Baik untuk di Konsumsi

Selama masa pandemi ini, gue lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Mulai dari beraktivitas di pagi hari, menonton drama, melakukan virtual meeting, mengambil beberapa kursus online hingga bekerja. Semua itu dilakukan setiap hari dan juga berulang. Selama di rumah, gue mulai menyadari banyak hal khususnya tentang kesehatan. Gue juga sadar, walaupun beraktivitas di rumah gue kurang bergerak dan memperhatikan pola makan. Padahal ada pepatah mengatakan kalau "you are what you eat", dari pepatah tersebut gue sangat menyadari betul peran apa yang kita makan itu sangat mempengaruhi kebiasaan kita sehari-hari, kesehatan, bahkan termasuk dengan kepribadian.

vitakrim-cemilan-dengan-pewarna-alami


Semua orang sepertinya sudah mudah mulai menyadari pentingnya kesehatan di masa pandemi ini, dilihat dari adanya peningkatan mengenai kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat agar tidak mudah tertular penyakit ataupun terapapar virus. Dalam menjaga kesehatan, menjaga pola makan adalah salah satu kunci penting agar imunitas tubuh terjaga.

Menjaga Pola Makan agar Imunitas Tubuh Senantiasa Terjaga


Sistem imunitas tubuh yang baik tentunya akan membantu mencegah masuknya bakteri dan virus untuk masuk ke tubuh, itulah mengapa menjaga pola makan adalah hal yang sangat penting untuk kita pahami supaya sistem imunitas tubuh senantiasa baik dan terjaga. Kebiasaan masyarakat kota yang menyukai sesuatu yang instan seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang cepat saji tentunya sangat tidak baik untuk imunitas tubuh. Karena dengan mengonsumsi makanan dan minuman cepat saji, kita tidak akan mengetahui daftar bahan makanan dan juga minuman tersebut. Apakah makanan dan minuman yang kita konsumsi itu baik atau tidak untuk kesehatan.

Nah, salah satu hal penting dalam menjaga kebiasaan makan adalah dengan mengetahui bahan makanan apa yang digunakan. Gue pada mulanya cenderung untuk tidak terlalu peduli dengan bahan makanan apa yang gue makan, tapi sekarang gue sudah mulai mencari tau terlebih dahulu mengenai apa yang gue konsumsi, apakah mengandung pewarna buatan atau pewarna alami.

Dalam keseharian selain aroma, makanan yang berwarna cenderung lebih menarik perhatian. Selain menarik, makanan yang berwarna apalagi yang berwarna lebih dari satu cenderung bisa menstimulasi otak kita dan menganggap makanan tersebut lebih nikmat untuk di konsumsi. Nah maka dari itu penting untuk mencari terlebih dahulu komposisi pewarna apa yang ada di dalam makanan kita terlebih dahulu.

Pewarna Makanan Alami dan Buatan dalam Makanan Kemasan


Makanan yang mengandung pewarna sebenarnya tidak selalu buruk, selagi kita mengetahui komposisi dari makanan yang akan kita konsumsi. Pewarna makanan pun terbagi menjadi dua, yaitu Pewarna makanan alami dan juga buatan.

Pewarna makanan alami aman dikonsumsi oleh tubuh karena diperoleh dari ekstrak pigmen tumbuhan seperti kunyit sebagai salah satu pewarna alami kuning, cabai atau tomat sebagai pewarna alami merah dan masih banyak pewarna alami lainnya yang biasa digunakan.

Pewarna buatan adalah pewarna makanan yang memiliki kandungan kimia, sebenarnya aman saja asal sesuai dengan takarannya. Karena pewarna makanan buatan yang tidak sesuai takaran bisa mempengaruhi gangguan kesehatan.

Yang menjadi concern adalah bagaimana cara menjaga anak agar tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memiliki pewarna buatan apalagi yang mengandung benzoat dapat meningkatkan perilaku hiperaktif pada anak pada usia 3 tahun dan 8/9 sesuai dengan populasi umum. Pewarna makanan ini dikenal sebagai Southampton Six yaitu tatrazine, allura red, sunset yellow, quinoline yellow, carmosine, dan ponceau.

Memilih Cemilan dengan Pewarna Alami


Sebagai orang dewasa, gue pun kadang kalau gue gak terlalu memperhatikan kandungan komposisi atau nutrisi yang ada di dalam makanan yang kita konsumsi, nah apalagi pada anak kecil. Kebayang gak sih kalau sang anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna buatan? Apalagi anak kecil cenderung tidak memiliki imunitas tubuh yang kuat seperti orang dewasa. Maka dari itu penting untuk membantu memilihkan cemilan yang mengandung komposisi dan nutrisi yang baik untuk anak.

vitakrim-raspberry-cemilan-sehat-dengan-pewarna-alami


Kalau dalam memilih cemilan, gue cenderung memperhatikan kemasannya dan melihat komposisinya terlebih dahulu. Hal ini memang terkesan ribet, namun dengan hal kecil seperti ini akan membantu tubuh kita agar tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memiliki pewarna buatan. Jadi, cari kata-kata "pewarna alami" pada daftar bahan makanan dan minuman kemasan yang kalian beli saat belanja ya.

Nabati Vitakrim adalah salah satu cemilan sehat karena memiliki Vitamin C dan juga mengandung pewarna alami pada komposisi makanannya. Sumber pewarna alami yang ada pada vitakrim adalah tanaman dan sayuran seperti wortel, bit merah, ubi jalar, spirulina, dan masih banyak lagi.

Dari dulu gue gak pernah khawatir untuk mengkonsumsi Vitakrim rasa Raspberry ini, kandungannya cocok mengandung pewarna alami dan juga vitamin C yang aman di konsumsi anak dan dewasa. Selain itu, makanan ini juga bisa jadi teman ngopi, ngeteh ataupun sambil nonton drama Korea favorite kalian!

No comments