5 Tips Traveling Saat Pandemi yang Harus Kamu Ketahui!

Virus Covid-19 pertama kali dilaporkan secara resmi di Wuhan, China pada 31 Desember 2019 kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan masuk ke Indonesia sejak awal Maret 2020. Sejak saat itu keadaan di Indonesia serta di dunia mulai gempar. Banyak hal yang berubah, banyak regulasi yang terus-menerus diperbaiki dan dirubah untuk kepentingan bersama. Mulai dari kesehatan hingga perekonomian negara.

Tidak terasa kita sudah survive hampir 10 bulan dari Pandemi ini, kita juga sudah mulai membiasakan diri mengikuti peraturan baru. Membiasakan diri untuk hidup sehat, senantiasa mencuci tangan, menjaga jarak serta memakai masker.

5-tips-traveling-di-masa-pandemi



Sebagai seorang traveller, tentunya pandemi ini banyak membuat gue harus membatalkan rencana perjalanan yang sudah direncanakan sebelumnya demi kebaikan bersama. Hampir 8 bulan gue memutuskan untuk tidak melakukan perjalanan, melakukan pekerjaan dari rumah dan keluar seperlunya. Setelah 8 bulan memutuskan tidak melakukan perjalanan, akhirnya pada Oktober lalu gue mulai melakukan perjalanan lagi.

Traveling di Masa Pandemi benar-benar sebuah tantangan untuk kita. Kita harus tetap waspada karena pandemi belum berakhir, namun di satu sisi masih ada hasrat untuk melakukan perjalanan demi menghilangkan penat. Berikut 5 tips traveling saat pandemi yang harus kamu ketahui agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

1. Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit dan juga Sehat


Hal utama sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan adalah memastikan jika tubuh kamu dalam keadaan fit dan juga sehat. Walaupun syarat melakukan perjalanan naik Pesawat maupun Kereta mewajibkan memakai Rapid test, kita juga harus memastikan bahwa kita benar-benar sehat untuk melakukan perjalanan. Karena kita juga berperan penting dalam mencegah penularan virus. Itulah mengapa kita wajib memastikan tubuh dalam keadaan fit dan juga sehat.

Karena seperti yang kita tau bahwa Vaksin Virus Corona ini masih dalam tahap proses pengujian dan masih memakan waktu untuk rangkaian lain hingga ke distribusi. Jika pengembangan vaksin bisa dipercepat, rangkaian uji klinis pun masih memerlukan waktu. Semoga semua proses dalam pembuatan vaksin bisa dipermudah dan juga dipercepat. Dan jika kamu merasa kurang sehat, kamu bisa konsultasi melalui aplikasi Halodoc loh!

2. Mengatur Waktu Keberangkatan dan Perlengkapan yang Akan dibawa


Selama masa pandemi ini kita harus melakukan persiapan pra-keberangkatan dengan lebih rinci. Mulai dari mengatur jam sebelum tiba ke bandara/ stasiun, hingga perlengkapan apa saja yang mesti kita persiapkan selama di lokasi.

Ada baiknya tiba di bandara 4 jam sebelum keberangkatan, karena proses masuk ke bandara saat ini membutuhkan proses yang lebih panjang dari sebelum memasuki bandara. Mulai dari pengecekan suhu, validasi surat Rapid Test/ Swab, antrian masuk ke bandara hingga proses check in. Semuanya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan sebelum pandemi.

Begitupun dengan stasiun yang akan ada pengecekan surat, pembagian face shield dan lainnya. Intinya, atur waktu keberangkatan kamu ya. Jangan sampai tertinggal!

3. Memakai Masker


Memakai masker selama masa pandemi ini hukumnya wajib! Karena masker bisa menjadi salah satu opsi untuk menyelamatkan diri sendiri dan juga orang lain dari penyebaran droplet. Pastikan juga kamu memakai masker medis ataupun masker kain dengan 3 lapis.

Jangan lupa juga untuk senantiasa membawa masker pengganti dan mencuci masker yang sudah kamu pakai ya.

4. Hindari Keramaian dan Menjaga Jarak


Selama traveling, kalian wajib banget untuk melakukan riset mengenai destinasi wisata tujuan kalian. Walaupun banyak tempat wisata yang relatif sepi, kalian tetap wajib untuk memastikan destinasi kalian tidak terlalu banyak orang. Karena menghindari keramaian adalah salah satu cara membuat kita dan orang lain lebih aman.

Meskipun kalian tidak bisa menghindari keramaian seperti saat di bandara, stasiun ataupun terminal. Pastikan kalian tetap memberikan jarak aman ya.

5. Membawa Perlengkapan Kesehatan


Di masa pandemi, membawa handsanitizer adalah hal yang paling wajib buat gue. Mulai dari membawa handsanitizer cair hingga spray untuk memastikan kita aman dari virus. Pastikan juga kita membawa obat-obatan pribadi ya agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

Traveling di masa pandemi memang agak tricky, namun selagi kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan 3M akan membuat kita lebih aman selama masa perjalanan. Semoga bermanfaat!

No comments