5 Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Berkunjung ke Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu destinasi prioritas 10 Bali baru yang sedang difokuskan dari sisi promosi pariwisata hingga perbaikan infrastruktur untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung. Bagi kalian yang ingin mengunjungi Danau Toba, kalian bisa baca panduan transportasi menuju ke Pulau Samosir dari Jakarta kalian bisa baca tulisan berikut yaaa (Travelling ke Danau Toba dari Jakarta) sebagai panduan transportasi dan perkiraan biaya.

5-rekomendasi-tempat-wisata-di-danau-toba
Foto diambil dari Menara Pandang Tele

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia yang memiliki pemandangan yang luar biasa cantiknya. Selama penerbangan disajikan pemandangan yang sangat memanjakan mata sekali. Asli bagus banget! Pengen balik lagi rasanya ke Danau Toba untuk explore lebih lagi, karena waktu kesana selama 3 hari kayaknya masih kurang banget.

Gue mau merekomendasikan 5 tempat wisata yang wajib kalian kunjungi kalau ke Pulau Samosir, Danau Toba berdasarkan pengalaman gue saat mengunjungi Danau Toba:

1. Danau Sidihoni

Danau di atas danau, inilah julukan dari danau sidihoni. Lokasi danau sidihoni ini berada di Pulau Samosir  yang terletak di tengah-tengah danau toba, maka dari itu danau sidihoni disebut danau di atas danau.

danau-sidihoni
Danau di atas Danau

Waktu gue berkunjung kesini siang hari tapi nggak panas, malah merasa ada angin sepoi-sepoi gituuu! Pemandangannya asik banget. Gue duduk cuma untuk ngeliat sekitar, air nya tenang banget, rumputnya hijau dan masih bersih. Buat para wisatawan yang berkunjung ke sini, tolong dijaga kebersihannya ya! Jangan buang sampah sembarangan.

Untuk masuk ke Danau Sidihoni tidak dikenakan biaya. Oh ya, kita juga bisa melihat kerbau dan kuda yang digembala secara terbuka. Pemandangannya juga asri banget. Pokoknya cocok banget buat healing dan melihat pemandangan sekitar Danau Sidihoni.

2. Huta Siallagan

Kalau kalian ke Pulau Samosir dan ingin mengetahui sejarah tentang masa lalu batak yang sering dibilang "Orang Batak Makan Orang", kalian wajib banget ke Huta Siallagan untuk mengetahui sejarah batak di masa lalu.

huta-siallagan

Huta Siallagan ini disebut perkampungan kanibal karena pada jaman dahulu, sang raja memakan manusia. Tapi ada sejarahnya loh mengapa sang raja memakan manusia, nah gue menyarankan untuk membayar guide ya, biar tau mengenai sejarah di sini. Guidenya benar-benar menceritakan dengan rinci mengenai sejarah orang Batak di masa lalu hingga mempraktekan bagaimana sistem hukuman di sini. Seru banget untuk menambah pengetahuan!

huta-siallagan-pulau-samosir

Tiket masuk ke Huta Siallagan dikenakan harga Rp5.000/orang untuk tiket masuk dan Rp5.000 dan guide Rp100.000/rombongan. Karena gue kesini saat sedang pandemi, jadinya sepi banget dan jarang pengunjung. Semoga cepat membaik ya agar banyak wisatawan yang berkunjung supaya ekonomi di daerah Tomok menjadi lebih baik juga.

3. Makam Raja Sidabutar dan Sigale Gale

Setelah mengunjungi Huta Siallagan, kalian bisa berkunjung ke Makam Raja Sidabutar dan melihat patung Sigale-gale menari. Sigale-gale ini sendiri adalah sebuah patung kayu yang bisa menari (digerakkan oleh orang), yang biasanya digunakan untuk ritual penguburan mayat suku batak. Sigale-gale ini berasal dari kata (gale=lemah, lesu, lunglai), mungkin karena Sigale-gale itu menari kali yaa.

sigale-gale-pulau-samosir

Sigale-gale ini biasanya menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi untuk melihat budaya di Medan secara langsung. Nah kita juga bisa loh ikut menari bersama, dan para wisatawan pun dipijamkan ulos untuk menari bersama. Tapi karena sedang pandemi jadi ulos tidak dipinjamkan.

makam-raja-sidabutar

Lokasinya sangat berdekatan antara Makam Raja Sidabutar dan Sigale-gale ini. Sejarah mengenai Raja di Sidabutar ini beragam sekali, karena ada banyak raja dan setiap kuburan raja pun memiliki arti serta makna yang berbeda. Setiap pengunjung diwajibkan untuk memakai kain ulos, konon katanya kalau tidak memakai kain ulos nanti ada kemungkinan sang raja mampir ke mimpi kita loh *hiiih sereeem*. Tapi saat gue berkunjung tidak menggunakan ulos, karena lagi pandemi juga! Hehe.

4. Menara Pandang Tele

Untuk kalian yang mau menyaksikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian 1479mdpl, kalian wajib mampir ke Menara Pandang Tele! Biaya masuknya dikenakan harga Rp7.000/orangnya. Pemandangan dari menara pandang tele ini bagus banget.

menara-pandang-tele

Menara pandang tele ini memiliki tinggi sekitar 25 meter. Kalian bisa melihat pemandangan danau toba yang sangat luas dan hijau untuk memanjakan mata kalian!

5. Bukit Holbung

Bagi kalian yang suka nanjak, wajib banget memasukan bukit holbung ke dalam list kalian. Karena bukit holbung adalah salah satu tempat wisata di pulau samosir. Kalian juga bisa melakukan camping di bukit holbung asal dengan izin terlebih dahulu yaa!

bukit-holbung-pulau-samosir

Pemandangan yang luar biasa di bukit holbung ini dijamin buat kalian betah dan mau terus berfoto. Tapi jangan lupa untuk menikmati suasana yaa. Bukit holbung ini juga disebut bukit teletubbies karena bentuk dan kecantikan bukit holbung ini. Kamu juga bisa melihat Pusuk Buhit yang megah dan danau toba secara langsung.

Jadi itulah 5 rekomendasi destinasi wisata di Pulau Samosir, Danau Toba yang harus kalian kunjungi saat kalian traveling. Kapan nih kalian mau berkunjung ke Danau Toba? Jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan dan have a nice trip :)

No comments