Backpacking ke Manila 3D2N dari Jakarta (Itinerary, Story dan Budget)

Filipina sudah lama masuk ke list gue dari pertama kali gue pengen ngetrip ke luar negeri, tapi sayangnya baru terealisasikan di tahun 2019 ini berkat promo dari Cebu Pacific yang memberikan harga tiket PP seharga 800rb. Tanpa pikir panjang gue langsung issued tiket daripada berubah jadi mahal. Kapan lagi kan merealisasikan mimpi gue hanya dengan budget di bawah satu juta?

backpacking-ke-manila-3-hari-2-malam

Sebenernya gue itu tertarik ke Filipina bukan di Manila, melainkan ke pulau lainnya seperti Cebu, Palawan, Bukit Cokelat Bohol dan masih banyak lagi tempat impian yang mau gue kunjungi di Filipina. Sayangnya, perjalanan ke Filipina atau tepatnya ke Manila ini cuma 3 hari karena pas cari tiket promo PP, nyaris udah pada habis harga promonya. Setelah mencari-cari akhirnya dapet waktu yang tepat namun sayangnya cuma 3 hari huhu. Itupun full banget, 3 hari yang bener-bener landing jam 6 pagi dan pulang malam di hari ke-3, super padet. Perjalanan ke Manila ini pun menjadi trip super pendek yang pernah gue lakuin.

Sering ditanya "kenapa Filipina?" gue pun nggak tau. Intinerary aja gue nggak tau mau kemana. Seperti biasa, yang penting gue beli tiketnya aja dulu masalah lainnya gampang! Setelah tiket terbeli baru deh mulai survei mengenai lokasi. Filipina menjadi negara ke-8 Asia Tenggara trip gue, yang artinya tinggal 2 negara lagi gue bakalan hatam Asia Tenggara yay!

naik-cebu-pacific

Manila-Quenzon-City
Semrawut kota Manila
Waktu yang singkat akhirnya membuat gue berpikir keras biar gak cuma di Manila aja, karena dari beberapa review yang gue baca Manila itu kurang lebih sama kayak Jakarta cuma agak sedikit different vibes aja. Udah gitu kata-kata yang sering gue denger adalah "Manila? Paling cuma Intramuros aja". Sampai akhirnya gue menemukan hidden place yang berlokasikan tidak terlalu jauh dari Manila, hanya membutuhkan naik boat kurang lebih 1-2 jam sajaaa.

Ohya, gue sempat buat video di YouTube mengenai trip gue ke Manila ini. Bisa di cek videonya yaaa :)

DAY 1 (National Museum, Manila Cathedral, Intramuros, Fort Santiago, The SM Mall, Esplanade)

Penerbangan menuju Manila ini menggunakan maskapai CEBU Pacific dan ini adalah penerbangan paling pagi gue alias dini hari. Kalau Mei lalu gue ke Banda Aceh lewat KL penerbangan jam 5 pagi, penerbangan kali ini jam 00.40 cuy! (Baca Juga: 3D2N Solo Backpacking to Banda Aceh via Kuala Lumpur).

Penerbangan Jakarta - Manila kurang lebih memakan waktu terbang 4 jam, gue landing di Manila pada pukul 05.55. Manila lebih cepat satu jam dari Jakarta. Berhubung penerbangan dini hari dan gue pun dipastikan nggak bisa mandi, karena mau langsung eksplore di Manila. Setelah proses imigrasi dan segala macamnya lancar, gue segera ke kamar mandi untuk dandan. Gak mandi boleh tapi di foto harus tetap cakeup!

jeepney di manila

Karena gue kebetulan udah ada kartu dari Indonesia, gue langsung pasang. Tapi sayangnya pas di coba berkali-kali masih nggak bisa dong huhu sedih. Gue pun mencoba menghubungi orangnya tapi masih pagi banget kali ya haha. Setelah mencoba berkali-kali sampe pusing, gue dan temen gue memutuskan untuk yaudahlah nanti aja. Temen gue pun beli kartu di bandara. (Baca Juga: Cara Mudah Internetan di Luar Negeri)

Gue pun langsung menuju ke kota dengan menaiki bus yang sudah disediakan dari Bandara. Harganya pun terjangkau cuy. Btw di Manila main language mereka selain tagalog adalah bahasa Inggris, jadi bahasa nggak akan jadi kendala di sini. Karena nggak mau lama-lama, gue dan temen gue langsung menuju ke National Museum modal dari ikutin maps aja.

backpacker-ke-filipina

Seperti biasa, untuk press budget gue memilih untuk naik transportasi umum di Manila. Gue nyobain naik LRT di Manila dan memang nggak jauh beda dengan di Jakarta sih. Apalagi ada pengemis juga di pinggir jalan yang membuat vibe Manila dan Jakarta 11:12. Di Manila transportasi umum yang sangat terkenal adalah jeepney, kalau di Indonesia mah angkot! Untuk biaya masih terjangkau tanpa perlu khawatir di scam.

National-Museum-Manila

Sesampainya di National museum, ehhhhh sayangnya museumnya tutup CRIEEEES SEKEBON! Ternyata gak di Indo, di Luar semua museum tutup di hari Senin. Akhirnya kita berfoto di depannya aja dan memutuskan untuk langsung jalan lagi aja ke tujuan selanjutnya. Namun sayangnya hujan sehingga gue dan teman gue terpaksa menunggu sampai reda dulu. Waktu gue berkunjung, sebenarnya rawan banget badai di Manila karena bulan November sudah masuk musim penghujan dan di Manila itu rawan angin typhoon.

restaurant khas manila jolibee
Jolibee!
Karena lapar, akhirnya gue memutuskan untuk makan dulu. Karena gue udah tau, nyari makanan halal pasti agak ribet di sini, akhirnya gue memang sudah mempersiapkan membawa bekal rendang. Gue dan temen gue makan di jolibee, gue cuma beli nasi dan makannya pake lauk sendiri. Sebenernya pasti ada sih makanan halal gitu, tapi ya palingan kari, udah gitu gue mau pindah kota takutnya nggak nemu makanan halal sama sekali.

Manila-Cathedral
Manila Cathedral
intramuros manila

Selesai makan langsung deh menuju ke Manila Cathedral dan nyari angle untuk foto yang bagus, sayangnya agak susah jadi dapet seadanya aja. Dan karena panas banget, gue langsung menuju ke Fort Santiago. Karena gue juga harus mengejar waktu sebelum lanjut ke pelabuhan untuk pindah kota.

fort santiago intramuros manila

Biaya tiket masuk ke Fort Santiago perorang dikenakan 50php (philippines peso) untuk pelajar dan anak-anak dan untuk dewasa 70php (kurang lebih 20rb). Fort Santiago memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Filipina. Jose Rizal (salah satu pahlawan nasional) pernah dipenjara di Fort Santiago sebelum akhirnya di eksekusi pada 30 Desember 1896. Maka dari itu di Filipina setiap tanggal 30 Desember adalah hari libur yang disebut hari Rizal.

fort-santiago-intramuros-manila

fort santiago manila

Setelah puas keliling Fort Santiago yang luas banget, akhirnya gue dan temen gue memutuskan untuk mesen grabcar menuju ke SM Mall untuk lihat-lihat aja. Niatnya sih mau ngebandingin H&M dan Uniqlo Jakarta sama Manila sih, tapi gak ada beda yang signifikan sih. B ajaaa. Udah gitu gue punya ekspetasi kalau Mall ini ya gede dan banyak yang bisa di liat, tapi ya masih gedean GI kayaknya. Gue nggak nemu banyak di Mall ini sih, karena cenderung sepi. Gue juga coba masuk ke watson untuk melihat skincare tapi nggak nemu apa-apa. Katanya juga di Manila ada make up yang terkenal yaitu "Sunny" tapi gue males keliling dan nyari karena bawa backpack yang isinya lumayaan. Niat awal juga mau cari makan, tapi nggak nemu makanan yang cocok akhirnya gue jajan kentang dan beli minuman aja.

Karena gue dan temen gue akan pindah kota, jadi kita segera bergegas untuk menuju pelabuhan yang berjarak kurang lebih 15 menit berjalan kaki dari SM Mall. Gue dan temen gue berjalan sejam sebelum keberangkatan karena gue belum bayar tiket dan belum tau lokasi persisnya dimana. Jadi kita prepare aja daripada harus ganti plan lagi kan? Hahaha. Di saat menuju ke pelabuhan gue ngeliat ada Alfamart dong, seneng gimana gitu liatnya.

Untuk cerita pindah kota dan hari selanjutnya gue pisahin ya karena tulisannya udah lebih dari 1000 kata, hahaha nggak berasa. Tunggu tulisan selanjutnya yaa. Semoga bermanfaat!