5 Tips Mendapatkan Foto Keren Saat Solo Traveling

by - August 18, 2018

Traveling sendirian itu seru! Tapi kadang susah buat dapet foto bagus. Karena nggak ada yang bisa khusus untuk fotoin kita. Pasti itu salah satu hal yang buat kita sebel saat solo traveling. Iya nggak sih? Udah jalan-jalan jauh, lama, eh foto nggak ada yang bagus. Terlebih lagi banyak dm masuk yang nanya "siapa yang fotoin?" seakan-akan mereka nggak percaya kalau kita emang bener-bener traveling sendirian. Rasanya belum sah jadi netizen kalau belum komentar ya.


Ups jadi curhat gitu deh saya, hehe. Tapi tenang, saya punya beberapa tips untuk kalian para solo traveler yang berangkat sendirian tapi tetep bisa dapet foto yang bagus. (Baca Juga: Tips Menginap di Bandara Internasional)

1. Menawarkan Memfoto Orang Terlebih Dahulu
Percaya deh, kalau kita lagi di satu tempat wisata. Lihat sekitar kita, kalau kira-kira ada yang lagi sibuk untuk mencari orang untuk minta tolong di foto, tawarkan ke mereka kalau kita bisa bantu. Kemudian, minta dia fotoin kita balik sesuai dengan angle yang kita inginkan. It works for me!


Ini pas saya lagi di Singapore, trus lagi nggak sendirian sih travelingnya. Tapi ini foto di ambil sama orang Jepang, mulanya kita menawarkan untuk foto orang tersebut. Dan kita minta di foto juga deh! Hehe

2. Pakai Tripod
Wah tripod mah untuk yang punya kamera aja, kalo yang cuma punya hp gimana? Tenang! Sekarang tripod nggak cuma buat kamera lho, untuk hp sekarang udah ada juga. Malah lebih simple dan bahkan punya tombol, jadi kita tinggal sesuaikan dengan angle yang kita mau. Berpose dan pencet tombolnya. Jadi deh!


Merk tripod yang saya pakai itu Yuteng, bisa di cari di online shop. Di sediakan tombolnya juga jadi nggak perlu pakai timer, tinggal pencet aja sekiranya sudah ready bergaya.

3. Bertemu dengan Anggota CouchSurfing
Kalau kemarin saya bahas CS tentang bagaimana menggunakan CS untuk stay di lokal. Kali ini saya menjelaskan untuk Meet-Up warga lokal dengan CS. Saat saya ke Malaysia sendirian, dan memutuskan untuk bertemu dengan warga lokal, ternyata dia bawa kamera dan jadi fotografer pribadi saya, alias dia memfotokan saya berkali-kali dan hasilnya bagus banget! (Baca Juga: Meet and Stay with Local? Try Couchsurfing!)



4. Selfie Won't Hurt
Sekali-kali selfie nggak apa-apa kok. Nggak harus semua documentary isi nya kita sedang bergaya. Selfie juga kadang bagus kok. Itu yang biasa saya lakuin sih di saat view nya oke, tapi yang fotoin nggak ada. Pede aja!

Walaupun selfie tetep oke kan?

5. Editing Foto
Selain mendapatkan foto yang keren, tune warna juga berpengaruh lho untuk mendapatkan foto yang lebih hidup lagi. Untuk tips edit fotonya akan di pisah dari postingan ini. (Baca Juga: 5 Tips Jitu Edit Foto Menggunakan Smartphone)


Semoga tips ini bermanfaat buat kalian yang solo traveling tapi ingin mendapatkan foto yang tetap keren, selamat mencoba!

You May Also Like

23 comments

  1. wah keren kak Diah, menarik sekali dakuw dulu suka banget traveling sendiri heheh soal e klo pergi sama temen pasti akan repot heheh, btw bisa nih di coba buat solo traveling pke tripod handphone heheh

    ReplyDelete
  2. Nah iyaaa... aku juga sering bingung tuh kalo pergi2 sendiri nggak ada yang motoin hehehe...
    .
    Salam kenal, aku nisya... :)

    ReplyDelete
  3. Meskipun solo traveling ternyata tetap keren juga hasil fotonya yah, thanks sharingnya yah

    ReplyDelete
  4. Tips 1 mantaps itu memberi bakal menerima. Aku kadang ya pede aja selfi sendiri pun harus belajar banyak editing.

    ReplyDelete
  5. Haha tips nomor 1 bener banget! Tapi ada juga yg ga peka dan ngeloyor habis difotoin huhu (berasa jadi kang foto dadakan)

    ReplyDelete
  6. HAsil fotonya kece-kece, tripod wajib dibawa yah buat jaga-jaga nggak ada yang bisa dimintain tolong untuk foto

    ReplyDelete
  7. Saya belum berani solo traveling. Tetapi, tipsnya boleh juga. Beberapa kali juga saya foto sendiri meskipun jalan ramai-ramai

    ReplyDelete
  8. temen terbaikku sih emang tripod, sesekali emang ketemuan ama couch surfer juga... kalau selfie suka ngga pede hehehe soalnye mukaku kok lebar hehehe

    ReplyDelete
  9. Tipsnya sangat keren dan pasti bermanfaat bagi solo traveller.. Tapi bagaimana pun, travelling itu sepertinya lebih enak rame-rame ya Mbak, lebih seru dan mengasyikkan... Bener nggak sih?

    ReplyDelete
  10. Nunggu artikel lanjutannya cara edit foto nih. Penasaran.

    ReplyDelete
  11. Nah iya.. solo trabeling emang tricky banget ya buat dapat foto bagus. Kalau nemu org yg bisa dimintain tolong dan jago moto adyik. Tapi kalau ga ya bisa gigit jati aja deh.. tripod emang penting baget ya biar bisa nagtur angle..

    ReplyDelete
  12. Perlengkapan yang mantepp banget memang jaman now bawa tripod atau tongsis

    ReplyDelete
  13. Iya yaaa tips nomer 1 belum pernah kucoba. Eh tapi emang belum pernah sih traveling sendirian, biasanya bawa fotografer pribadi yaitu babanya si Hammam hahahaaa.

    ReplyDelete
  14. Saat traveling memang paling asik foto ya mbak. Apalagi di outdoordan siang hari. Keren banget karena lighting mendukung

    ReplyDelete
  15. Walaupun terkesan sebagai seorang solo backpacker, tapi sebetulnya gue lebih sering traveling berdua. Mungkin momen solo traveling itu pas overland trip Singapura-Malaysia tahun 2014 saat gue dan travelmate memutuskan untuk berpisah. #tsaaahhh

    Ya udah, bodo amat sih nggak dapet foto diri, gue lebih suka foto lanskapnya. Cuma beberapa kali aja gue minta fotoin bule atau traveler lain.

    ReplyDelete
  16. Keren tipsnya..kalau solo traveling masing mengandalkan selfie nih mbak.hasilnya gak bisa maksimal

    ReplyDelete
  17. Seru bangeeett. Makasih tipsny. Berguna bnaget buat yang hobi solo traveling. Kadang kalau minta difotoin org soalnya gak sesuai harapan hehe. Tengkyu yak

    ReplyDelete
  18. Fotonya cakep cakep euyyy,, btw makasih ya tipsnya kali aja gitu solo traveling ke luar negeri haha.

    ReplyDelete
  19. Iya ya kenapa nggak melakukan hal di atas, soalnya saya kalau pergi sendiri tahunya cuma selfie. Makasih tipsnya mba :D

    ReplyDelete
  20. Nah, ini tips yang sangat bermanfaat! Hehe.. yang penting modalnya nolongin orang dulu ya kalau mau difotoin ^^

    ReplyDelete
  21. Kalau pas ngetrip sendiri memang salah satu dukanya adalah ngga ada yang fotoin. Hehehe. Aku biasanya minta tolong sama orang di sekitar. Liat dulu siapa yang kira-kira bawa kamera, biasanya hasil jepretannya ngga parah :D. Pernah juga pakai tip yang nomor 1 itu, bantuin orang dulu :).

    ReplyDelete
  22. Sampe skr, aku blm pernah mau utk traveling solo :D. Krn jujur aja kayak phobia mba kalo hrs jalan sendiri. Merasa ga nyaman dan ujung2nya ga bisa nikmatin. Moga2 kalo suatu hari nanti udh bisa solo traveling, aku bisa coba bbrp tipsnya utk foto saat solo traveling

    ReplyDelete