Tips Menginap di Bandara Internasional (Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Bangkok)

by - May 02, 2018

Bagaimana cara kita untuk memperhemat biaya pengeluaran selagi kita melakukan backpacking ke luar negeri? Menurut gue ada 2 jawaban untuk ini. Yang pertama, kita bisa mencari tiket bus, kereta malam ataupun penerbangan dan sampai di keesokan harinya. Dan yang kedua ialah tidur di bandara. Hah? Kok tidur di bandara? Emangnya gak diusir sama petugasnya? Emang gak malu? Emang emang emang emang gue pikirin..... Sebenernya kedua jawaban ini sudah pernah gue lakuin sebelumnya. Yang pertama, gue ambil kereta malam menuju Hat Yai dari Bangkok dan tiba keesokan harinya. Jadi, gue memperhemat pengeluaran untuk hostel. Lalu buat jawaban yang kedua, gue pernah emang niat tidur di bandara Singapura, iya Changi airport. Karena kalian pasti tau apa-apa di Singapura mahal, jadi gue memutuskan untuk berhemat dengan cara tidur di bandara. Berikut gue akan list beberapa bandara yang udah gue singgahi hanya untuk numpang tidur!


1. Changi Airport (Singapura)
Bandara ini sih kayaknya udah gak asing di kalangan traveller sekalian, dan juga pasti udah banyak yang pernah tidur di sini. Karena emang bandara ini luas banget, dan banyak pilihan buat tidur. Gue tidur di bandara ini tahun 2017 dan dapet spot untuk tiduran, bener-bener tiduran. Tapi menurut temen gue yang baru pulang dari Singapura Februari lalu, spot itu udah gak ada. Jadi dia tidur di bangku yang sudah di sediakan di Bandara.



Tidur di Changi ini harus bawa jaket yang tebal. Kenapa? Karena AC nya berasa banget. Kalo yang gak kuat dingin kayak gue, wajib pake jaket, kaus kaki dan selimut bila perlu haha. Selama nginep di bandara pun kalian gak usah khawatir, wifinya cepat dan bisa di akses. Kalian bisa tanya ke meja informasi mengenai password wifinya. Untuk saklar pun tenang, ada tempat untuk ngecharge, jadi kalian gak perlu takut kehabisan batre hp saat bermalam di Changi Airport.

2. KLIA 2 (Kuala Lumpur, Malaysia)


Bandara di Kuala Lumpur ini ada 2, KLIA dan KLIA2. Kabarnya KLIA2 ini khusus air asia dan low cost carier. Sebenernya gue gak tidur di sini, tapi gue transit selama 12 jam yang akhirnya membuat gue bosan dan keliling ini bandara sampe hafal. Yang kurang gue suka dari bandara ini adalah, bandara ini pelit banget sama saklar. Banyak tempat ngecharge tapi gak bisa di gunakan. Sampe akhirnya gue nyobain setiap tempat ngecharge dan gak ada yang bisa, pergi ke surau pun gak bisa ngecharge. Sekalinya dapet, deket tong sampah...

Ngecharge berdampingan dengan tong sampah.
Tempat makan, harganya cocok!
Spot tidurnya asique.
Di KLIA2, ada shower room. Jadi bisa mandi! Seru banget sih. Wifinya pun ada, cepet lagi. Tapi harus re-sign in selama 20 menit sekali. Untuk makan pun tenang aja, ada tempat makan di lantai 2, harganya murah dan nasi nya banyak.Ruang buat tidur pun udah di sediakan buat para traveller yang menunggu keberangkatan selanjutnya. Bener-bener lengkap pokoknya ini bandara!

3. Than Son Nhat Airport(Ho Chi Minh City, Vietnam)

Landing di bandara jam 2 pagi, membuat gue mau gak mau tidur di Bandara ini. Karena gue gak booking hostel, dan gue travel on budget. Gak ada duit buat naik taxi ke penginapan. Bandara ini gak terlalu besar, dan gak ada spot buat tidur. Karena ini bandara, bukan hotel hmmm. Jadi gue sempet blog-walking, katanya sih bisa tidur di sini. Dan gue nyari spot terbaik, yaitu di lantai 2. Yang kayaknya kalau pagi
di lantai 2 ini restaurant. Gue keluar dari bandara dan nyari tangga menuju lantai 2 di sebelah kiri, dan akhirnya dapet spot buat tidur.

Tidur di lantai, wifi gak oke, saklar pun gak bisa dipake!

Gak ada bangku, gak ada karpet, saklar banyak tapi gak ada yang bisa digunakan. Akhirnya gue cuma numpang meremin mata aja, tidur ngemper di jalan. Persis kaya di film, nungguin toko di buka. Wifi? Ada. Tapi internet gak connect. Berhubung hemat batre juga, gue jadinya memilih buat tidur aja sambil menunggu pagi.

4. Don Mueang Airport

Sebenarnya bukan gue yang tidur di Bandara ini. Ini share dari pengalaman Agil yang sempet tidur di Bandara, siapa tau bisa jadi referensi buat tidur di bandara. Menurut Agil, spot tidur yang paling asik di Don Mueang ini ada di Lantai 2, lorong antara Terminal 1 dan Terminal 2. Follow instagram agil @gilmub

Kenapa di Lantai 2? Katanya tempatnya strategis. Dekat dari counter check in di Terminal 1 maupun Terminal 2, ada sevel dan juga Magic Food Park yang bisa membantu temen-temen sekalian kalau kelaparan saat lagi bermalam di bandara. Magic Food Park ini ada di lantai 2 juga, harganya pun murah. Tapi perlu di catat, waktu operasi Magic Food Park ini jam 7am sampai 8pm, jangan kaya Agil. Nyampe jam 8.10pm, abis itu diusir deh.

Jangan di tiru, makan lapak nih orang!
Enaknya lagi colokannya banyak!! Gak perlu susah buat ngecharge seperti di KLIA2 dan Than Son Nhat, aman terkendali pokoknya mah kalau mau main hp. Jangan lupa bawa jaket, karena biar gimana pun bandara itu saat malam dingin di karenakan dikitnya manusia yang ada. Jangan kaya Agil yang dingin-dingin di mandiin.

Sekian tips and trick untuk tidur di bandara dari gue, semoga bermanfaat!

You May Also Like

14 comments

  1. KLIA emang pelit colokan eyyyy wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku stay deket imigrasi, lantai atasnya.. Alhamdulillah ada colokan mas hehe.. tapi emang kalau ditempat lain bisa aja gaada..apalagi deket gate pesawat :(

      Delete
  2. Aku belum pernah tidur di changi~~ mau ngerasain~~ dan di HCMC aku berhasil tidur di sofa mpuk restoran bandara lantai paling atas..banyak colokan juga tersedia disana!!

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah tidur di changi~~ mau ngerasain~~ dan di HCMC aku berhasil tidur di sofa mpuk restoran bandara lantai paling atas..banyak colokan juga tersedia disana!!

    ReplyDelete
  4. Bukan traveler sejati kalau belum nyobain tidur di bandara hahahahaaa...

    ReplyDelete
  5. Sekarang mah penting banget banyaknya tempat colokan. Apalagi yang pas lagi kesusahan gara-gara hp nggak bersahabat alias lowbet..

    ReplyDelete
  6. Keren banget itu bandara, bisa nginap. ngalahin ruang tidur keluarga penjaga pasien kalo di sini :)

    ReplyDelete
  7. Bisa ditiru nih tipsnya. Iya juga, dari pada bosen nunggu jadwal keberangkatan selanjutnya mending tidur, hemat energi

    ReplyDelete
  8. Tapi gpp ya mbak tiduran di bandara? Gak diusir2in? Wah paling kesel kalau colokan susah. Apalagi skrng ada kebijakan pembatasan bawa powerbank ya.... TFS

    ReplyDelete
  9. Saya setengah malam sih tidurnya, gegara beda jam pergi sama temen jadi anter dia dulu yang pergi tengah malam, aku nunggu di bandara sampai pagi. Lumayan asyik juga hehe..

    ReplyDelete
  10. saya belum pernah main ke Singapore, pengen ah nyobain kalau kemalaman bisa juga bobo di Bandara

    ReplyDelete
  11. saya belum pernah ke luar negeri Mbaa, tapi tips-nya saya simpan yaa, kali aja suatu saat nanti diberi kesempatan berkunjung ke negara-negara tersebut, hehehe :)

    ReplyDelete
  12. Ini pasti pengalaman yang tak terlupakan ya. Luar biasa. Aku yg hampir nginap di Soeta aja. Malah ujungnya tetap milih nginap di hotel dekat sana. Belum.kuat

    ReplyDelete
  13. Belum pernah tidur di bandara kayaknya bbakal jadi pengalaman yang menarik juga

    ReplyDelete