Di Balik Foto Instagram (5 Tips Jitu Edit Foto Menggunakan Smartphone)

by - August 22, 2018

Selama ini saya sering dapat dm di instagram dan komentar di blog yang mengatakan "Wah fotonya keren-keren banget kak! Pake kamera apa?" Jawaban saya cuma pakai smartphone. Dan mereka bertanya lagi "Hape nya apa kak?" Saya jawab Samsung J7 (2015) *ini bukan endorse*. Trus kadang saya berpikir "emang foto saya bagus apa ya sampai pada nanyain gitu" hehehe.

edit foto menggunakan snapseed


Foto di atas di ambil menggunakan handphone Samsung J7 (2015)

Menurut saya, untuk fotografi bukan gearnya yang penting, tapi bagaimana kita capture the moment, capture the situation, tell the story dan menyesuaikan dengan gaya kita. Banyak lho yang mengambil foto dengan smartphone tapi hasilnya luar biasaaaaaaah!
"It's not about the gear" I am not saying the gear doesn't matter also. Tentu gear juga perlu, tapi bagaimana cara kita menggunakan gear tersebut lebih penting. Nyaris semua foto di instagram saya saya abadikan dengan menggunakan smartphone. (Baca Juga: 5 Tips Mendapatkan Foto Keren Saat Solo Traveling)

Nah terkadang dengan menggunakan handphone ada beberapa warna yang kurang, mungkin bisa terlalu gelap atau sebaliknya. Jadi teknik editing foto juga di perlukan. Berikut saya akan memberikan cara mengedit foto dari handphone dengan gaya gue. Semoga membantu!

1. Pilih Software Editing
Saya biasa mengedit foto menggunakan snapseed dan vsco, mungkin ada beberapa yang menggunakan Adobe Lightroom CC. Dari awal saya membangun blog tentang traveling, saya selalu memakai snapseed, dan setahun belakangan saya mix dengan vsco. Saya juga sebelumnya pernah menggunakan lightroom, tapi saya lebih suka perpaduan snapseed dan vsco.


Bisa di download di playstore dan gratis! Kecuali vsco, ada efek yang berbayar. Tapi banyak yang jual fullcrack gitu ya. Tapi kalau saya pribadi langsung beli di vsco nya aja biar nggak riweuh.

2. Perbaiki Kecerahan Foto
Dikarenakan saya foto pakai handphone, jadi tidak bisa di setting kecerahan cahayanya dulu. Jadi dengan snapseed saya memperbaiki kecerahan cahaya yang masuk.


Setelah membuka foto, langsung klik tools dan pilih tune image untuk memperbaiki kecerahan dalam foto.


Kemudian atur cahaya sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan foto.


Selain tune image, saya juga memakai curve untuk hasil kecerahan yang lebih maksimal. Sekiranya sudah cukup puas dengan kecerahan foto langsung di save.

3. Perbaiki Tone Warna
Karna saya memakai handphone, jadi warna yang ditangkap tidak sempurna. Jadi fungsi memperbaiki tune warna di sini untuk membuat foto lebih hidup kembali. Saya memperbaiki tune warna menggunakan vsco, sebenarnya fitur ini juga ada di snapseed. Tepatnya di tune image dan di warmth, tapi saya lebih suka yang di vsco hehe. Optional saja.


Kemudian saya sesuaikan warnanya

4. Menambah Efek Foto
Saya paling suka efek-efek yang disediakan di vsco, tapi yang paling sering saya gunakan itu efek C7, C8, C9 dan HB1. Menurut saya fresh aja gitu warnanya.


Nah saya langsung pilih efek favorite saya!
Sebagai info aja kalau efek C8 ini berbayar, karena saya sudah purchase efek ini jadi bisa saya pakai sepuasnya. Kalau kalian mau beli bisa langsung di vsco nya kok, beli yang C series karena bagus-bagus menurut saya.

5. Sesuaikan
Biasanya saat pakai efek saya nggak terlalu full, menyesuaikan dengan fotonya biar hasilnya nggak terlalu berlebihan dan esensi fotonya masih ada gitu! hehe


Sesuaikan dengan kebutuhan

Nah jadi deh! Oh iya berikut hasil-hasil foto sebelum dan sesudah di edit dari saya atau yang biasa kalian liat di instagram kan bagus, mungkin karena warnanya sudah diperbaiki jadi terlihat lebih hidup. Untuk foto yang di atas itu sebelum, dan yang bawah sesudah di edit.
Jujur aja saya masih merasa kurang dalam teknik foto, tapi karena banyak yang bilang bagus saya jadi agak sedikit pede gitu. Mungkin pula teknik editing foto seperti ini udah biasa banget, tapi setidaknya bisa membantu temen-temen untuk memperhidup foto kalian. (Baca Juga: Tips Mencari Tiket Pesawat Murah)

Jadi inilah cara-cara saya mengedit foto untuk di blog dan instagram, saya suka warna yang cerah dan bold! Kalau kalian gimana? Dan suka ngeditnya pakai apa? Boleh share di kolom komentar yaaa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

You May Also Like

16 comments

  1. Saya pakai snapseed juga, pakai Vsco belummahir haha, makasih sharingnya yaaa

    ReplyDelete
  2. Makasih banget tipsnya, saya masih pakai snapseed, ntar coba donlot vsco ah

    ReplyDelete
  3. Aku sih sementara ini pake snaap seed dan hasilnya ngge mengecewakan sih. lumayan untuk perbaikan foto foto yang ringan. hasilnya jadi awesome

    ReplyDelete
  4. Snapsheed emang keren. Saya pakai sudah lama. Kalau aplikasi lain baru2 ini saya malah ga bisa instal.

    ReplyDelete
  5. Akupun sll pakai snapsheet toss kita mba.. brguna bngt aplikasi ini utk proses edit

    ReplyDelete
  6. Akupun termasuk uang suka edit foto pakai VSCO Mba, tapi untuk foto2 tertentu aja sih yang mau diupload, memang dalam fotografi selain edit foto juga teknik pengambilan gambarnya, agar hasilnya semakin keceh ya kaaa

    ReplyDelete
  7. Waah, pas lagi cari artikel bagaimana bikin foto cakep pakai Smartphone.
    Makasih ya tulisannya ya mba

    ReplyDelete
  8. Ahaiiii ini toh caranya, selama ini saya bertanya dalam diam akhirnya ketemu jawabannya, baiklah ntar saya praktekan tipsnya Mba, terima kasih sudah berbagi tips ini. Ntaps!

    ReplyDelete
  9. Yang sering aku lewatkan itu klo editing d snapseed adalah sesuaikan efek. Aku gk pernah ngotak-ngatik lagi.. Bolehlah nanti dicoba..

    ReplyDelete
  10. Wah terima kasih sudah berbagi tips saya masih sangat minim pengetahuan tentang hal ini, aplikasinya aja belum pernah nyentuh hahaha,,padahal di hape ada suka dipake anak2. Cuman emak rempong belum sempet aja hehe..

    ReplyDelete
  11. Selama ini saya memakai alat sunting yang ada di IG aja nih hehe, kayaknya memang perku sentuhan aplikasi lain karena kemampuan memoto saya masih embutuhkan banyak sentuhan :)

    ReplyDelete
  12. Sama mba, aku jg lbh seneng foto yg cerah warnanya :D. Slama ini aku jrg edit2 foto. Tp kayaknya hrs mulai belajar supaya hasilnya bisa lebih bagus :)

    ReplyDelete
  13. Seru deh kak tips jitu di atas. Langsung aku bookmark deh artikelnya..

    Untuk pengambilan foto, memang 'MOMENT' itu yang paling penting. Jadi, kalo momen udah dapet tanpa harus masuk editing lagi yaa foto kita akan banjir likes deh...

    Kalau untuk editing, aku masih suka pakai fitur bawaan sih apalagi kalau ada konten yang cepat diupdate. Semua aplikasi di atas udah pernah aku coba dan memang recommended*

    ReplyDelete
  14. aku baru tahu yang VSCO> kalo Snapsheed udah aku pake sejak lama. dengan aplikasi ini memang ga kuatir gelap dah

    ReplyDelete
  15. aku ada coba VSCO tapi ampe sekarang belum dapet feel-nya hahah

    ReplyDelete
  16. Fotoku masih apa adanya banget nih, masih harus lebih banyak belajar lagi. Makasih tipsnya, Mba 😊

    ReplyDelete