Menuju ke Situ Gunung Suspension dari Jakarta (Tips and Trik Mendapat Foto Keren dan Instagramable!)

Berawal dari ide dadakan temen-temen blogger kece yang mengajak ke salah satu destinasi wisata dekat dengan Jakarta yang sedang hits yaitu Situ Gunung Suspension yang berada di Sukabumi. Akhirnya kita merencanakan berangkat ke Situ Gunung dalam waktu dekat. Trip ini yang berangkat ada gue, kang Aip, kak Sigit dan kak Irene. Karena kita mau menuju ke Situ Gunung dengan mengendarai mobil dari Jakarta.

Karena kita semua berasal dari tempat yang berbeda, gue di Depok, kak Sigit di Tanggerang, kak Irene dan kang Aip disekitar Jakarta tapi lokasi berbeda. Kita menentukan titik temu di McD Sarinah jam 2 pagi. Nah berhubung gue jauh banget ya di Depok, mau naik apa btw ke Sarinah jam 2 pagi. Akhirnya gue memutuskan untuk sewa hostel di sekitar Sarinah biar dekat untuk menuju ke McD. Kak Irene yang mulanya mau stay bareng suaminya, akhirnya memutuskan untuk stay bareng gue di sekitaran Sarinah. Begitu juga dengan kak Sigit, dia stay di daerah Sarinah juga tapi bedanya dia stay di hotel ya bukan hostel! Pokoknya ada cerita yang sangat lucu sih mengenai penginapan ini haha.

menuju-ke-situ-gunung-suspensions-dari-jakarta

Karena gue dan kak Irene stay bareng, kang Aip akhirnya menjemput kita di hostel. Dan menuju ke McD untuk bertemu kak Sigit sebelum kita menuju ke Sukabumi. Sepanjang jalan dihabiskan dengan ngobrol sampai beberapa dari kita ternyata tidak tersadar dan tidur haha. Kang Aip dalam posisi menyetir sendirian dan tidak ada teman ngobrol *maaf kang Aip* wkwk.

Ternyata perjalanan dari Jakarta menuju ke Sukabumi hanya menempuh kurang lebih 3 jam. Akhirnya sudah sampai di Sukabumi dan untuk menuju ke Situ Gunung, kita menggunakan maps sebagai penunjuk jalan. Kita tiba di Situ Gunung Suspension kurang lebih jam 5 lewat 15 menit. Masih pagi banget dan dingin parah!

Ini candidnya kak Sigit bersama sunrise. uwu
Gue sama kang Aip langsung bergegas untuk sholat subuh dan menikmati suasana pagi disini. Ternyata masih sepi banget, belum ada pengunjungnya sama sekali gengs. Sampai kita memutuskan untuk sarapan makan mie rebus terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Situ Gunung Suspension Bridge

harga-tiket-masuk-situ-gunung-suspension-bridge

Berhubung kita tibanya pagi banget, tempat beli tiketnya pun masih tutup haha. Oh ya, untuk tiket masuk dikenakan Rp18.000 dan untuk melewati jembatan untuk dewasa yaitu Rp50.000, anak-anak dan manula Rp25.000 sudah termasuk ke curug sawer. Dan juga untuk kalian yang merencanakan untuk camping, bisa banget! Biaya dikenakan sesuai dengan lokasi yang dipilih. Dan untuk WNA (Warga Negara Asing), tiket masuknya yaitu Rp240.000 dan untuk tiket melewati jembatan dikenakan biaya sama yaitu Rp50.000. Tiket ini sudah termasuk dengan welcome drink dan free snacks.

Keripik singkong is my luv.
Disediakan free snacks semacam pisang rebus, singkong rebus dan yang paling gue suka adalah keripik singkong pastinya. Bisa ambil sesukanya. Jadi makin suka! Minuman yang disediakan ada teh dan juga kopi.

Situ Gunung Suspension Bridge Instagrammable Spot!

jembatan-situ-gunung-sukabumi

Jembatan Situ Gunung ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara yang berlokasikan di tengah hutan. Panjang jembatan ini yaitu 243 meter, lebar 1.8 meter dengan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Jembatan Situ Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Peresmian Situ Gunung Suspension Bridge ini pada Sabtu, 09 Maret 2019 oleh Bapak Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko bidang Kemaritiman.

Jembatan ini memang sangat menarik perhatian para masyarakat yang menyukai destinasi wisata, tapi bagi kalian yang takut sama ketinggian sepertinya jangan ya :'D karena tinggi banget sih. Semua orang rasanya berburu untuk berfoto di spot instagramable ini. Tapi perlu digaris bawahi, kalau bukan cuma kita yang mau berfoto. Pasti banyak orang yang mau berfoto, sehingga pastikan kita sudah cari referensi foto terlebih dahulu ya biar nggak antri nantinya!

Nah bagi kalian yang belum tau kalau kapasitas jembatan ini hanya boleh dilewati oleh 40 pengunjung untuk sekali penyebrangan. Jangan loncat-loncatan juga yaa selama menyebrangi jembatan, utamakan keselamatan.

curug-sawer-di-situ-gunung-suspension

Setelah menyebrangi jembatan, apabila kita turun ke bawah maka kita akan menuju ke curug sawer. Jalanannya cukup licin jadi pastikan memakai sendal/ sepatu yang nyaman yaa. Selain menyediakan wisata jembatan situ gunung yang terletak ditengah hutan terpanjang di Asia Tenggara dan curug, ternyata situ gunung juga menyediakan situ gunung glamping. Cocok banget buat yang mau liburan dengan pengalaman baru.

rame banget kan? pusing. sayangnya foto yang dijembatan gak gue ambil sangking sulitnya berjalan.
Dan hal yang paling gue suka juga adalah kamar mandi yang sangat bersih dan terawat. Membuat kita jadi lebih nyaman. Saat gue berkunjung saat ulang tahun kota Sukabumi, sehingga bagi setiap warga yang memiliki KTP Sukabumi boleh masuk ke sini secara gratis! Tidak perlu bayar. Namun gue cuma mau kasih tau, crowded nya parah banget. Jadi pilih waktu terbaik versi kalian ya.

Tips and Trik Mendapat Foto yang Keren dan Instagramable

Buat kalian yang bingung gimana ngambil fotonya, gue punya beberapa referensi foto. Dan ini sesuai dengan selera masing-masing. Tapi kali aja foto yang diambil ini bisa jadi referensi kalian saat berkunjung ke Situ Gunung Supension ini.

Oh ya, gue mau ngasih tau kalau jembatannya dibuka jam 07.00, kalo kamu jauh usahakan berangkat lebih pagi biar mendapatkan moment saat masih baru dibuka.

Untuk melihat sunrise yang cantik dan mendapat foto yang ciamik juga bisa di De' Balcone Resto! anyway harga makanannya standar dan ada ppn 10% serta tax & service. dan ada satu spot yang kalau kalian masuk ke situ, kalian harus menunjukkan struk belanja karena kayaknya memang khusus yang bisa nongkrong di sana.

Nah tapi untuk mencoba pengalaman ngeri-ngeri sedap jalan di jaring dengan ketinggian sih cukup jadi pengalaman buat gue yang penakut. Gimana enggak?! Walaupun di foto hasilnya oke, balik layar cuy..... Cukup jadi dokpri aja haha.

Cara Menuju Situ Gunung Suspension dari Jakarta

situ-gunung-suspension-bridge-sukabumi

Untuk menuju ke Situ Gunung kalian harus menaiki Commuter Line dari Jakarta ke Bogor. Kemudian keluar dari stasiun Bogor dan berjalan kurang lebih 1km menuju ke stasiun Bogor Paledang. Kemudian beli tiket kereta menuju ke Sukabumi.

Harga tiket kereta bervariasi, mulai dari Rp35.000-Rp80.000. Keberangkatan kereta pertama dari stasiun Bogor Paledang yaitu pukul 07.50 WIB, stasiun berhenti paling dekat dengan Situ Gunung Suspension Bridge yaitu stasiun Cisaat. Perjalanan Bogor ke Cisaat memakan waktu kurang lebih 2 jam. Setelah tiba di stasiun Cisaat, akan ada ojek hingga angkot yang bisa kita gunakan sebagai salah satu transportasi menuju ke kawasan wisata.

Saran gue kalau kalian menggunakan transportasi umum lebih baik menginap satu hari dulu di Sukabumi, sehingga kita bisa berangkat lebih awal menuju ke Situ Gunung Suspension Bridge agar mendapat suasana jembatan masih sepi.

Jadi kapan kalian berencana menuju ke Situ Gunung Suspension Bridge? Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang memiliki rencana ke Situ Gunung Suspension Bridge ya. Selamat berlibur!

2 comments

1. Jembatannya epic, restonya juga keren banget. Duh.