Panduan Traveling ke Bangkok untuk Pertama Kali! (Budget, Destinasi Wisata dan Kuliner)

by - December 01, 2019

Rasanya negara gajah putih ini tidak pernah kehabisan wisatawan baru, setiap tahun pasti ada aja yang mau berkunjung entah untuk melihat destinasi wisata, kulineran atau pun belanja. Yap, tidak lain tidak bukan adalah Thailand. Berhubung Thailand khususnya Bangkok adalah kota belanja. Iya! Nggak pernah ada yang kalap kalau berkunjung ke Bangkok ini. Berhubung sering banget temen-temen gue yang nanyain "Mar.. Budget ke Bangkok berapa sih?" "Mar.. Kalo ke Bangkok enaknya kemana aja ya?" Baiklah, mari kita ulas secara lengkap mengenai Bangkok.

backpacker ke bangkok

Pertama kali gue ke Bangkok saat ASEAN Trip pada Februari 2018 lalu (Baca juga: Keliling ASEAN Lewat Jalur Darat), gue bener-bener nggak tau mau kemana. Kesan pertama gue buruk karena sempet ada trouble sampai pada akhirnya gue explore ini negara sendirian selama satu minggu, persis kayak orang bener. Alhamdulillah, sejak saat itu gue ke Bangkok sudah 3x, yang kedua kali saat Open Trip dan yang ketiga bulan April lalu untuk turut merayakan Songkran Festival (Tahun baru Thailand). Jadi ulasan yang gue bikin ini adalah berdasarkan pengalaman backpacking maupun flash-packer dari gue pribadi yaa.


BUDGET KE BANGKOK (Flight, Hotel & Transportation )


Pertanyaan pertama pasti "Butuh budget berapa untuk ke Bangkok?" Jawabannya relatif, karena setiap orang berbeda-beda. Untuk tiket pesawat LCC (Low Cost Carrier) kalau kalian dapet promo, bisa dapat 1,5 PP via maskapai AA. Kalau harga normal dengan LCC lainnya yaitu perkiraan 2 - 2,5jt dan landing pasti di Don Mueang (DMK). Kalau kalian mau full service kalian akan landing di Suvarnabhumi dengan perkiraan budget 7juta PP. Oh ya, direct flight Jakarta - Bangkok memakan waktu 3 setengah jam. Kalau kalian terbang dengan LCC, persiapkan makan sendiri ya!

panduan traveling ke bangkok

Setelah punya tiket, kita bisa langsung memilih penginapan yang sesuai dengan kantong kita ya. Mayoritas hotel di Bangkok ini affordable dan backpacker friendly jadi nggak perlu khawatir kalau yang mau backpacking ke Bangkok. Kalau kalian mau hostel dengan budget Rp50.000 - Rp100.000 permalam, kalian bisa langsung baca review hostel dari gue (Rekomendasi Hostel Murah di Bangkok). Kalian bisa memilih hostel sesuai dengan kebutuhan kalian. Ini adalah akomodasi penginapan termurah ya, karena kalian shared room dan shared toilets.  

Trus bagaimana kalau penginapan yang private room dan private toilets? Harganya pun nggak kalah beragam. Dari permalam Rp300.000 - Rp700.000 permalamnya. Harga pun terkadang menyesuaikan lokasi, biasanya untuk lokasi yang dekat dengan BTS, MRT, Bus Stop maupun Mall, relatif lebih mahal dibandingkan hotel yang agak jauh dari keramaian. Kalian bisa menyesuaikan budget kalian.

transportasi selama di bangkok

Untuk transportasi di Bangkok, apabila kalian mau serba murah meriah, kalian harus menjauhi yang namanya tuktuk karena harganya luar byasah mahal! Sedangkan untuk BTS dan MRT harganya standar seperti di Jakarta, transportasis ini berkisar dari Rp10.000 - Rp50.000 untuk lokasi satu ke lokasi lainnya (tergantung jarak). Nah buat yang suka yang murah-murah, kalian bisa naik bus! Harga naik bus itu dari Rp3.000 - Rp10.000 jauh maupun dekat. Tapi, terkadang ada beberapa bus yang lama datangnya. Untuk harga naik bus ini biasanya yang lebih mahal untuk bus yang berAC (warna kuning) dan bus yang tidak berAC lebih mahal (warna merah). Tapi kalian nggak perlu khawatir kalau naik bus, di bus ada kondekturnya. Kalian cukup tunjukkin aja lokasi kalian mau kemana ke kondekturnya, mereka akan berbaik hati mengingatkan kalian untuk turun.

Destinasi Wisata di Bangkok


Setelah punya tiket pesawat, akomodasi penginapan sudah oke. Lalu apa lagi yang perlu disiapkan? Tentunya tidak lain tidak bukan adalah Destinasi Wisata yang ingin dikunjungi. Nah ini sih relatif ya, tergantung masing-masing orang yang mau. Gue pribadi saat di Bangkok hanya mau berkunjung ke Destinasi yang FREE! Haha, iya, karena gue backpacking dan budget terbatas. Tapi bagi kalian yang mau tau enaknya kemana aja, mari kita bahas.

traveling murah ke bangkok

Kalau kalian mau ke Bangkok, banyak banget destinasi kuil-kuil modern. Seperti Wat Pho, Wat Arun, Royal Palace. Biasanya 3 kuil tersebut ada di TOP destinasi orang saat ingin berkunjung ke Thailand. Untuk tiket masuk normal, Wat Pho (100bath), Wat Arun (50bath) dan Royal Palace (500bath). Jujur hingga saat ini gue belum masuk ke Royal Palace karena mahal haha. Buat kalian yang mau uji nyali, bisa nih pura-pura jadi orang Thailand untuk masuk, karena untuk warga lokal free entrance. Cuma harus hati-hati ya!

Nah adalagi destinasi wisata di Ayutthaya, cuma berhubung gue belum pernah kesana gue nggak bisa kasih info lebih lanjut mengenai Ayutthaya ini. Yang pasti, kalau mau kesini kalian bisa naik kereta dari Hua Lampong menuju ke Ayutthaya, perkiraan 1jam. Trus ada lagi, tempat wisata di Cha-Am, lokasinya berkisar 1 jam dari Bangkok. Kalian bisa naik bus untuk menuju ke Cha-Am. Salah satu tempat wisata di Cha-Am ini adalah Santorini Park.

tempat yang harus dikunjungi di bangkok

Dan yang hobi ke mall, bisa ke Siam Discovery, Siam Paragon, MBK Center, Terminal 21 dan The Platinum. Ini lokasinya nggak jauh dari pusat kota lho. Yang mau foto sama beberapa orang-orang terkenal, bisa nih foto sama museum lilin terkenal yaitu Madame Tussauds, tapi gue belum pernah karena mahal. Tiket masuknya 800bath atau berkisar Rp280.000. Lokasi Madame Tussauds ini ada di mall Siam Discovery. Jadi dipersilahkan disiapkan budgetnya.

Yang suka destinasi wisata gratis, boleh mampir ke Asiatique saat sore. Karena bagus tempatnya untuk melihat sunset juga atau mau belanja juga bisa disini. Ada satu toko yang bisa dibayar pake rupiah lho! Cuma gue lupa foto dimana tepatnya karena Asiatique ini lumayan besar.

Kulineran di Bangkok


Nah buat yang suka kuliner pasti nggak asing dengan nama Khaosan Road, ini surganya para traveller sih. Yang hobi belanja, makan, semuanya ada. Bahkan yang mau makan yang aneh-aneh pun disini banyak. Gue pribadi nggak memilih untuk makan yang aneh-aneh, no reason. Cuma nggak mau aja! Haha. Kalian juga bisa mampir ke Chinatown (Yaowalat), untuk cobain banyak jenis kuliner disini. Asiatique juga banyak makanan! Duh makanan di Bangkok ini never fail karena enak-enak. Untuk yang muslim, perhatikan logo HALAL ataupun logo lambang bulan & bintang.

wisata kuliner di bangkok

Rekomendasi dari gue yang utama pastinya Mango Sticky Rice, Tom Yum, Pad Thai, Coconut Ice Cream, Thai Milk Tea (Cha Yen) karena di negara aslinya haha. Sisanya gue nggak tau. Karena banyak makanan yang mengandung babi sedangkan gue muslim tidak makan babi hoho.

BERAPA BUDGET SEMINGGU DI BANGKOK?


Mari kita buat perumpamaan untuk traveling ke Bangkok selama satu minggu untuk traveling di Bangkok.


Biaya ini adalah biaya kasar yang gue hitung. Bisa disesuaikan lagi dengan budget masing-masing perorang. Sebenarnya gue itu paling males kalau ditanya berapa biaya selama gue traveling karena memang setiap orang punya list budgetnya masing-masing. Tapi karena ini adalah panduan buat yang mau ke Bangkok untuk pertama kalinya, bisa dijadikan referensi.

Nah kalau kalian males untuk membuat planning dan budgeting, gue mau mengadakan Open Trip ke Bangkok dengan budget Rp5.000.000 pada bulan April sekaligus untuk merayakan Songkran Festival.


Buat yang mau ikutan bisa langsung cek Instagram @funtravels.id atau DM ke Instagram pribadi gue di @mardiaheyyy. Semoga panduan ini dapat membantu kalian yang memiliki rencana perjalanan ke Bangkok. 

You May Also Like

0 Comments

Newsletter

Labels