3 Harapan Baru untuk Papua dalam Pelaksanaan PON XX

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang biasa dilaksanakan selama 4 tahun sekali, sayangnya karena pandemi harus di undur menjadi tahun ini. Pelaksanaan PON akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Namun, bukan berarti semangat menjadi pudar. Justru memberikan semangat yang membara dalam pelaksanaan PON XX di tahun ini.

mentari-harapan-baru-dari-timur

PON XX menjadi kali pertama untuk Papua dan tentunya akan banyak persiapan dalam menyambut PON XX, sekaligus menjadikan kesempatan untuk memperkenalkan Papua terhadap masyarakat luas. Akan ada banyak sekali dampak positif dalam pelaksanaan PON ini, berikut 3 harapan baru untuk Papua dalam pelaksanaan PON XX.

1. Membangkitkan Semangat dan Antusiasme Masyarakat

Dampak pandemi Covid-19 ini sangat nyata, membuat masyarakat kehilangan semangat berjuang. Dengan berlangsungnya PON XX akan menjadi salah satu upaya membangkitkan semangat serta antusiasme masyarakat dalam mempersiapkan diri untuk terlibat di event ini. Selain itu, harapan untuk pulih juga semakin besar. Sesuai dengan Tagline yaitu "Torang Bisa" diharapkan memberikan masyarakat semangat tinggi untuk menyambut dan saling bergotong royong untuk menyukseskan PON XX.

Pekan Olahraga Nasional akan digelar di empat kluster penyelenggara yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika. Akan ada 37 cabang olahraga yang akan diperlombakan. Kira-kira cabang olahraga apa nih yang paling kalian tunggu-tunggu?

2. Memberikan Dampak Infrastuktur dan Ekonomi yang Baik

Dengan diadakannya Pekan Olahraga Nasional ini tentunya memberikan dampak positif terhadap segi infrastruktur dan ekonomi di Papua. Seperti yang kita ketahui, dengan infrastruktur yang mendukung tentu akan mendukung perekonomian menjadi lebih baik.

Mulai dari dukungan transportasi dari bandara menuju ke venue hingga pembangunan infrastruktur. Dari segi transportasi menuju ke venue akan ada 428 bus untuk transportasi 9663 atlet dan official selama PON XX. Bus ini terdiri dari 211 bus medium dan 217 bus mikro yang akan mendistribusikan ke empat kluster penyelenggaraan PON XX.

Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) pun mengejar pembangunan di 3 venue tambahan yaitu venue sepatu roda, dayung dan panahan yang ditargetkan akan selesai pada akhir bulan Juli 2021.

Sedangkan dari segi ekonomi walaupun tidak akan banyak dikarenakan pandemi ini, namun pasti akan ada perubahan segi ekonomi untuk masyarakat sekitar. Mulai dari usaha membuka warung makan ataupun penginapan tentu akan memberikan dampak yang lumayan.

3. Memperkenalkan Budaya Melalui Maskot

maskot-pon-xx-papua-2021

Seperti yang kita ketahui bahwa maskot PON XX ini adalah dua hewan khas papua, yaitu Kangguru Pohon yang diberikan nama Kangpo dan Burung Cendrawasih yang diberi nama Drawa. Maskot Kangpo yang menggunakan rumbai pada bagian kepala dan pinggang ini adalah sebagai salah satu representasi busana kebesaran asal Papua yang dilengkapi dengan ukiran pada ikatt pinggang. Kangpo juga dilengkapi dengan ikon Gunung Jayawijaya sebagai gunung tertinggi di Indonesia ditempatkan pada bagian depan mahkota.

Bukan hanya Kangpo, Drawa juga memiliki mahkota dan juga rumbai. Dibagian dada Drawa dilengkapi dengan tali berwarna merah putih serta warna jingga pada bagian dalam tubuhnya sebagai salah satu lambang kehangatan, persahabatan dan cinta kasih. Warna kuning mewakili warna cendrawasih yang melambangkan semangat dan juga kegembiraan.

Lomba Blog Jelang PON XX Papua 2021

Buat kamu yang ingin mengikuti lomba blog jelang PON XX Papua 2021, yuk segera ikutan! Karena kompetisi ini terbuka untuk umum loh. Akan ada total hadiah sebesar Rp10.000.000,00 untuk kamu dan juga berkesempatan mendapatkan Merchandise Official PON XX Papua 2021.

Gimana caranya? Langsung aja klik s.id/kompetisiblogger dan submit tulisan kamu sebelum 31 Juli 2021. Good Luck!

No comments