Tips Memulai Bisnis untuk Para Pemula | Hal Apa Saja yang Perlu Disiapkan

Di masa pandemi banyak sekali bisnis kecil yang mengalami penurunan omset namun tidak sedikit juga beberapa bisnis kecil mengalami peningkatan yang signifikan. Karena di masa pandemi para pembisnis dipaksa untuk mengeluarkan ide-ide kreatif agar bisnis tetap bertahan di masa pandemi. Seperti contohnya para pembinis kopi mengeluarkan inovasi menjual kopi botolan 1 liter dengan harga yang lebih terjangkau. Tujuannya agar penikmat kopi tetap bisa menikmati namun tidak perlu datang ke kedai setiap hari.

tips-memulai-bisnis-untuk-pemula

Bulan Maret nanti adalah tepat satu tahun Covid-19 mulai ada di Indonesia dan semakin menyebar hingga saat ini. Pada awal mula masuknya virus ini ke Indonesia banyak sekali bisnis yang terpaksa berhenti, namun seiring berjalannya waktu menurut pengamatan saya pribadi sudah mulai banyak bisnis kecil yang mengikuti perkembangan dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat di masa pandemi.

Bagaimana caranya untuk para pembisnis pemula agar bisa bersaing saat ini?

Beberapa bisnis memang masih mampu bertahan untuk tetap membuka toko offline, namun bagaimana dengan bisnis yang tidak atau belum mampu membayar sewa tempat dalam usaha?

Trend bisnis di tahun 2020 adalah berjualan melalui media online. Banyak sekali usaha kecil yang memilih untuk merintis usahanya secara online, khususnya bagi yang baru memulai. Dengan berbisnis secara online juga membantu bagi para konsumen yang memilih belanja dari rumah dan tidak keluar rumah.

Ide kreatif para pengusaha kecil-kecilan ini patut untuk diberikan apresiasi, karena dengan adanya usaha mereka membantu perputaran ekonomi di Indonesia khususnya selama masa pandemi. Mulai dari bisnis masker kain yang semakin beragam serta strap masker yang dibuat sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta bisnis frozen food yang membantu masyarakat yang tetap di rumah saja.

Walaupun baru memulai merintis bisnis, hal yang gak boleh kita lupakan adalah branding. Penting banget bagi para pembisnis pemula membuat branding agar bisa bersaing. Karena dengan memiliki branding yang kuat, akan membuat konsumen senantiasa mengingat bisnis yang kita miliki.

Cara Membangun Branding Untuk Small Business

Beragam jenis bisnis dikalangan masyarakat, mulai dari makanan, minuman, pakaian dan masih banyak lagi. Kamu harus menyiapkan sesuatu yang berbeda agar konsumen selalu mengingat bisnis kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memiliki "Logo dan Packaging" dari bisnis yang kita jalani.

Apalagi bisnis online saat ini banyak sekali dan beragam, begitupun jika kita memperhatikan bagaimana cara promosi bisnis yang sudah lama ada mereka sangat mengutamakan mempromosikan dengan menunjukan keunikan melalui logo dan juga packaging.

"Bukannya untuk mmebuat logo dan packaging itu ribet ya? Belum lagi untuk cetak, pasti butuh biaya besar...."

Dalam pembuatan logo, kamu bisa memulai dengan membuat ciri khas baik dari warna, font atau logo yang kamu desain sendiri ataupun membayar tenaga khusus. Namun bagi kalian yang mau mencoba mendesain sendiri kalian bisa memakai canva sebagai salah satu platform gratis yang bisa kalian gunakan untuk mendesain logo.

Begitupun dengan packaging, saat ini bisnis kecil membuat packaging mereka menjadi sangat menarik. Mulai dari memberikan bonus, thank you card dan banyak lainnya yang membuat packaging bisnis kalian diminati. Nah kalian nggak perlu khawatir dengan masalah cetak, karena kamu bisa cetak sendiri dari rumah!

Sekarang sudah ada wireless printer yang akan membantu bisnis kamu menjadi lebih menarik, kamu bisa mencetak logo ataupun desain thank you card untuk melengkapi packaging kamu loh! Printer multifungsi ini adalah printer dari HP Deskjet 2335 yang mampu memberikan warna terbaik sehingga cetakan logo dan perlengkapan packaging kamu jadi lebih menarik!

printer-untuk-pembisnis-pemula

Printer multifungsi dari HP Deskjet 2335 ini juga bisa membantu kamu mencetak foto loh dan bisa digunakan untuk banyak hal lainnya. Harga printer ini pun sangat terjangkau dan untuk jangka panjang. Jadi gimana? Sudah ketemu ide untuk bisnis kecil kamu? Semoga bermanfaat ya.

No comments