Ke Labuan Bajo dengan PELNI (Traveling Hemat ke NTT)

labuan bajo murah

Ke Labuan Bajo memang salah satu bucket list yang saya tidak duga bisa di wujudkan dalam tahun 2018 ini. Bermula kenal dengan ka Fika bulan Maret lalu setelah melihat postingan dia yang di repost oleh AA dan Traveloka, akhirnya dengan SKSD saya dm instagram dia dan mulai ngobrol di dm. Eh ternyata kita datang ke event yang sama pada bulan April yang akhirnya mempertemukan kita *ciye gitu* dan mulai cerita mengenai pengalaman traveling masing-masing. Bulan Mei, saya janjian sama temen-temen saya dan ngajak doi juga, dan sempat terlintas ngobrol "ke Labuan Bajo yuk!" ajak ka Fika dengan seiseng itu, dan gue hayuk aja. Ternyata rencana itu terlaksana di bulan September.

Baca Juga: 7 Hari Backpacking ke Labuan Bajo Dari Jakarta Cuma 2 Jutaan!

naik pelni

Rencana mau ngedarat ke Labuan Bajo biar biayanya minim, alhasil beli tiket kereta ke Surabaya. H-30 planning tiba-tiba berubah setelah liat storynya @backpackersopan. Dia naik kapal PELNI dari Bajo ke Bali, atas diskusi panjang, akhirnya kita langsung memutuskan untuk naik PELNI dari Bali, kebetulan juga gue menang give away tiket PP Bali jadilah memilih Pelabuhan Benoa ke Labuan Bajo PP dengan harga 500rb dengan lama perjalanan kurang lebih 25 jam yang bisa di pesan di websitenya pelni.



Bali - Labuan Bajo




Labuan Bajo
Keberangkatan dari Bali ke Bajo nggak pakai transit, jadi langsung dan juga kapalnya nggak terlalu ramai. Gue dan ka Fika bener-bener enjoy selama di kapal walaupun tidurnya harus nyampur dengan orang lain. Spot favorite kita duduk manja di badan belakang kapal, sambil ngeliatin pemandangan sekitar. Setiap ada pengumuman makan, wah gue sama ka Fika langsung ngantri ambil makan! Selama di PELNI kita makan 3x sehari dengan menu seadanya. Jangan lupa bawa abon dan bon cabe biar berasa makannya euy. Karena lauknya seadanya aja. Tapi lumayan untuk harga kurang lebih 250rb, dapet makan selama berlayar jadi cukup menekan pengeluaran.



Untuk toiletris, well jangan lupa bawa tisu basah dan tisu kering. Toiletnya agak-agak gitu deh! Hahaha susah di jelasin. Intinya tau sendiri lah toilet umum yang dipakai bareng-bareng. Gue sama ka Fika nggak mandi, karena agak kurang nyaman. Jadi kita memilih untuk mandi saat sampai di hostel di Bajo.




Spot Favorite!
Labuan Bajo - Bali



Asli ini paling absurd sih, karena gue sama ka Fika nggak sadar kalau kita salah pilih tanggal. Karena pelayaran ke Bali kali ini di mulai dari Makassar, serta transit di Bima dan Lombok yang tentunya memakan waktu lebih banyak.

antriannya kacau banget!
Kita beli tiket PELNI nggak jauh dari hostel, mulanya kita pikir bisa beli di pelabuhan taunya nggak! Akhirnya ka Fika langsung naik ojek ke counter PELNI, untungnya dekat. Asli sih ini panik, terlebih sudah waktunya keberangkatan tapi kapalnya belum ada. Karena untuk ke Jakarta kita flight jam 11 malam.


Sejam kemudian, kapalnya datang. Isinya penuh, bau, dan sangat tidak nyaman. Beda banget sama kapal sebelumnya. Salah banget sih karena nggak sadar kalau ini kapal transit. Akhirnya kita memilih untuk sewa kamar.

resto di pelni
Setelah ngobrol sama petugas, harga kamar yang avail itu 1juta! Gila aja. Akhirnya kita ngobrol sama petugas lainnya, di suruh nunggu sampai ke Bima bersama seorang bapak-bapak yang ingin sewa kamar juga.

pelabuhan bima NTB

Jam 2, kapal sampai di Bima, bapaknya nyamperin dan nyuruh bergegas untuk pindah ke kamar. Pas sampe di kamar, nanya harga taunya 400rb. Padahal waktu Bali - Bajo kita sempet ditawarin 200rb satu kamar. Eh nggak lama, bapaknya tadi manggil petugas tersebut dan bayarin kamar kita. Baik banget dong! T_T jadilah kita sewa kamar gratis. Yay




Kamar di kapal ini asik banget. Di sediain minum, kasur yang pasti toiletnya pribadi dan nggak nyampur. Jadi jauh lebih nyaman.

Honest Review

Menurut gue perjalanan menggunakan PELNI ini asik banget, soalnya lebih menikmati perjalanan, gak ada sinyal, lihat pemandangan yang indah dari kapal, dsb. Tapi kekurangannya memang makan waktu banget, nggak rekomen buat yang punya waktu cuti minimalis.

Tapi nggak ada salahnya kan sekali-kali nyobain berlayar pakai PELNI? Ada yang pernah nyoba pakai PELNI sebelumnya? Share dong di kolom komentar hehe.

Terima kasih sudah membaca, semoga membantu!

2 comments

  1. Kayaknya asyik juga ya naik kapal pelni Labuan Bajo Bali. Btw, foto fotonya keren, Mbak.

    ReplyDelete