Dari Kuala Lumpur Menuju ke Singapura Jalur Darat

Malaysia dan Singapura ini adalah 2 negara yang terletak sangat dekat satu sama lain. Kurang lebih 6-8 jam dengan perjalanan darat kamu sudah bisa berpindah dari negara satu ke negara lainnya. Sebelumnya gue sudah pernah menuliskan bagaimana cara dari Singapura menuju ke Melaka di tulisan lama gue ( How to Get to Malacca from Singapore ) tapi harap maklum kalau ada kata-kata yang kurang jelas di tulisan itu, karena namanya juga tulisan lama :'D

dari-kuala-lumpur-ke-singapura

Buat kalian yang traveling ke Malaysia lebih tepatnya ke Kuala Lumpur dan ingin mampir ke negara sebelah yaitu Singapura melewati jalur darat, jawabannya bisa banget! Kalian bisa naik bus untuk menuju ke Singapura dan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Naik Bus dari Kuala Lumpur (Malaysia) Menuju ke Singapura


Waktu itu gue habis buka Open Trip KL - SG dengan 5 orang yang ikut trip gue selama 4 hari 3 malam. Setelah mengantar mereka pulang sampai ke bandara KLIA2, gue tinggal sendiri dan balik ke Singapura. Gabut banget ya gue?

Jadi sebenarnya gue itu ada trip lanjutan menuju ke Luang Prabang (Laos) dengan menaiki pesawat dari Scoot dari Singapura. Kalau ditanya ngapain sih sampe balik ke SG? Emang gak ada ya pesawatnya dari KL? Jawabannya ada, tapi harganya lebih mahal dan gue mau ngirit *as always*.


Jadi dari KL Sentral kalian naik Train menuju ke TBS (Terminal Bandar Selatan), nanti kalian bisa naik bisnya langsung dari TBS. Ikutin aja pintu keluarnya sampai kalian menemukan TBS. Mudah banget kok! Nggak perlu khawatir kesasar pokoknya.

terminal-bersepadu-selatan

Suasana di TBS ini sangat nyaman dan juga bagus. Pilihan tujuan transportasinya pun beragam keseluruh penjuru Malaysia. Tergantung tujuan kamu ya. Berhubung gue mau ke Singapura, gue membeli tiket bis tujuan ke Larkin Terminal dan nanti lanjut naik bis yang berbeda lagi. Karena gue mencari yang menyesuaikan jam malam biar bisa tidur di bis, akhirnya gue memutuskan untuk ambil dan cari tiket jam 12 malam. Untuk hargapun beragam, gue lupa untuk tepatnya berapa yang gue beli untuk menuju ke Larkin Terminal.


menuju-ke-singapura-dari-kuala-lumpur-jalur-darat

Gue sendirian malam-malam, pikir gue sengaja aja ambil jadwal bus pagi biar tidur di bus karena biasanya untuk perjalanan KL - SG memakan waktu kurang lebih 5-6 jam. Bisnya datang tepat waktu dan gue langsung duduk manis dan tidur karena bis di Malaysia rata-rata punya space cukup luas untuk kaki sehingga bikin nyaman waktu tidur.




Perasaan kok gue baru merem tapi udah dibangunin aja, eh taunya gue udah sampe di Larkin terminal! Woy kok ya cepet banget. Akhirnya tidur sebentar banget dan gue di Larkin terminal diem aja nunggu bis karena baru ada bis lagi jam setengah 8. Gue gak bisa tidur karena rame dan gue gak ngerasa safe kalo merem. Takut aja rasanya. 

Akhirnya gue nggak tidur dan menunggu pagi. Dari Larkin terminal menuju ke Singapura gue menaiki bus Causeway Link karena bisa terkonekting saat kita imigrasi, yang penting tiket busnya jangan sampai hilang ya!

Woodlands Imigrasi

Lokasi dari Larkin ke Singapura kurang lebih 1-2 jam, gue juga lupa untuk tepatnya. Nanti kita imigrasi keluar Malaysia dan masuk ke Singapura di Woodlands. Kalau sudah sampai sini kalian tinggal tunggu bis Causeway Link lagi (berwarna kuning) yang mana aja boleh asal menuju ke stasiun Kranji.

Stay di Singapura


Jadi setelah imigrasi, gue lanjut lagi naik bus menuju ke Kranji Station dan naik MRT menuju ke Lavender karena gue mau laundry baju karena baju gue udah mau habis dan mau berangkat ke Laos di hari selanjutnya dan gue gak stay di hostel manapun karena gue mau bermalam di bandara karena ada flight pagi.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu trip kalian ya. Jangan lupa untuk baca tulisan lainnya.

No comments