Naik Ferry dari Manila Menuju ke Bataan atau Mariveles!

Tekad gue yang kuat untuk explore tempat selain Manila membuat gue menemukan tempat ini. Filipina adalah negara kepulauan, sama seperti Indonesia. Banyak sekali tempat wisata di Filipina yang sangat menarik seperti Cebu, Palawan, Coron, Bukit Bohol, dan masih banyak lainnya. Tapi sayangnya terpisah pulau sehingga membutuhkan transportasi serta waktu lebih jika ingin berkunjung ke tempat lainnya di Filipina. Berhubung waktu gue yang terbatas, gue memutuskan untuk mampir ke Bataan.

backpacker-ke-manila

"Bataan? Dimana tuh?"
"Kayak mana emang kota nya?"
"Ada apa aja???"
Berawal dari iseng, gue menemukan tempat yang menarik banget yaitu Las Casas Filipinas de Acusar. Las Casas ini adalah hotel, tapi bisa dikunjungi wisatawan yang mau Day Tour serta disediakan tour guide untuk menjelaskan sejarahnya. Lengkapnya kalian bisa baca tulisan gue yang lain ya.

Jadi gue dari Manila memilih nyebrang naik ferry, mula nya gue kepikiran naik bus. Tapi memakan waktu 6 jam cuy! Buang waktu banget. Udah gitu harga naik bus ada di sekitar 200-500rb, nggak masuk budget banget. Akhirnya gue menemukan rute naik ferry dan juga memutuskan untuk naik ferry, toh harganya terjangkau dan yang terpenting cuma butuh waktu 1 jam aja untuk sampai ke Bataan. Harganya? Cuma 299 peso, atau kurang lebih 90rb.


Nah untuk rute nya kurang lebih kayak gambar di atas. Dari Manila, kita menuju ke Esplanade Seaside Ferry terminal untuk beli tiket. Untuk yang mau beli online bisa, booking online dan bayar di tempat juga bisa. Website nya ini ya "https://its.1bataan.com/" kalian bisa liat dari jadwal sampai ke kelas yang mau kalian ambil. Gue pakai yang "Sulit Economy" alias yang paling murah.
Awalnya gue mau memilih dari Manila ke Mariveles, tapi rutenya masih perbaikan dan gue terus-terusan cari info melalui facebooknya "1Bataan". Social media mereka aktif dan juga inreraktif, gue sempat memberikan beberapa pertanyaan melalui facebook dan jawaban mereka pun menjawab kebingungan kita. Jadi kita nggak perlu khawatir masalah informasi mengenai rute dan juga jadwal karena di website dan sosial medianya sangat membantu.

Dari Manila Menuju ke Orion


Dalam sehari mereka cuma ada 2 kali trip, pagi dan juga sore. Berhubung gue baru landing di pagi hari dan mau keliling Manila sebentar. Gue memutuskan untuk mengambil jadwal peyebrangan di sore hari, sekaligus mau mampir ke SM Asia Mall yang lokasinya dekat dengan Esplanade Seaside Ferry terminal. (Setelah gue cek websitenya, sekarang mereka sudah memiliki 3 jadwal, untuk info lanjut pantengin website nya aja yaa!)

Nah karena gue ambil jadwal sore, perkiraan tiba pasti malam. Sebenarnya yang jadi permasalahan gue dari awal adalah gue nggak tau rute keluar dari pelabuhan Orion (Bataan) menuju ke Balanga (tempat stay gue), karena lagi-lagi informasi minim mengenai kendaraan. Gue udah cari di internet pun masih nggak nemu jawabannya. Tapi gue tetap aja nekad buat berangkat.


Perjalanan menyebrang laut ini selama kurang lebih 1 jam, ferrynya nyaman, ada hiburan televisi dan juga tidak panas karena ada ac. Pokoknya nyaman lah! Karena berhubung gue ngantuk, waktu di ferry gue habiskan dengan tidur sejenak. Ternyata tidur gue nggak nyaman, karena apa? Karena kapalnya terombang ambing parah kayaknya ombaknya lagi tinggi, sepanjang jalan gue istigfar karena ngeri banget asli. Tapi alhamdulillahnya sampai dengan selamat.

Setibanya di pelabuhan karena sudah gelap, gue bingung nih gimana keluar dari pelabuhan. Nah ternyata di pelabuhan ini disediakan free shuttle service menuju ke Mariveles atau Balanga. Nah jadi ada bus besar gitu, gue pikir ini bus bakal lewat ke tempat gue tapi nyatanya nggak. Untungnya gue tanya kondektur dulu, dan gue langsung di arahin ke mini van gitu untuk menuju ke Balanga. Tapiiiii.... Mini vannya ternyata udah jalan! Asli bingung banget gue, mana nyawa belum kumpul. Trus akhirnya ada mini van lain yang mengantarkan gue mengejar ke mini van lain.

Dan kita di turunin di depan Jolibee Balanga. Setelah itu, bingung lagi mau ke hostel gimana. Nah transportasi di Balanga ini gue dan temen gue selalu naik tricycle. Kita nggak perlu takut di bohongin supir karena sudah ada regulasinya mengenai tarif wisatawan. Keren abis lah pokoknya!

Dari Orion Menuju ke Manila


Seharusnya jadwal gue pulang adalah keesokan harinya di sore hari (lagi) kemudian lanjut stay di Manila. Tapi sayangnya semua plan terpaksa berubah karena ferry gue di cancel karena alasan cuaca! God, cobaan apa ini???? Gue degdegan plus bingung abis, karena takut kalau besok nggak ada ferry juga. Sedangkan flight pulang besok di sore hari. Wah nggak lucu kalau harus ada drama ketinggalan pesawat lagi! Nggak relaaaaa.

Permasalahannya lagi, gue nggak bisa stay di hostel yang sama karena full-booking dan gue cek semua hostel harganya up too 400k, wow auto pusing! Haha. Tapi ya mau gimana akhirnya gue memutuskan untuk pindah ke hostel lain.

Berhubung gue udah beli tiket ferry untuk besok di pagi hari, gue harap harap cemas dan ngecek email terus karena takut tiba-tiba di cancel, tapi alhamdulillahnya aman. Karena gue nggak mau terlambat, pagi-pagi buta gue udah bersiap check-out dan menuju ke free shuttle, awalnya sempat salah lokasi. Dan untungnya temen gue bilang dan kita langsung menuju ke terminal untuk menunggu mini van jemputan.


Oh iya, baik jemputan dan juga kapalnya on time yaaa! Jadi jangan ngaret kalau nggak mau ada penyesalan. Btw pas balik ternyata kapal ferry nya tingkat dan gue kedapetan di atas, agak panas sih. Tapi jadi bisa liat keadaan luar. Ternyata banyak banget tempat yang bisa di eksplore di Bataan ini, semoga aja next ada kesempatan untuk balik lagi!

Nah kira-kira ada rencana gak nih kalian untuk mampir ke Bataan? Dan feel free to ask kalau ada yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat ya!

1 comment

  1. Menarik, aku baru denger Bataan abis kamu ngepost di IG, dulu karena bingung akhirnya yaudah cm muter2 Manila aja abis dr El Nidoo. Ditunggu cerita2 lainnya di Bataan!

    ReplyDelete