Menjaga Tubuh dari Flu Saat Traveling

by - November 29, 2019

Tau nggak sih gengs kalau kita sebagai orang yang menyukai perjalanan ternyata rentan terkena penyakit menular yaitu: Influenza. "Yaelah.... Influenza doang kok. Santai aja lagi!".


Sering nggak sih kalian menganggap remeh suatu penyakit yang ternyata memiliki dampak yang sangat buruk bagi tubuh kita? Jadi gini. Ternyata influenza ini adalah penyakit yang memang sudah sering dialami banyak orang, diantara kalian ada nggak sih yang belum pernah kena penyakit influenza? Pasti kebanyakan sudah. Dan pastinya kebanyakan orang menganggap influenza ini adalah penyakit yang remeh dan juga tidak berbahaya. Satu fakta yang perlu kalian ketahui kalau influenza itu bukan penyakit yang bisa kita anggap remeh, karena kemungkinan buruk yang bisa terjadi karena influenza ini adalah kematian.

Kenapa sih di awal gue menyebutkan bahwa kita sebagai orang yang menyukai perjalanan rentan banget terkena influenza? Kita yang menyukai perjalanan ke suatu tempat, kota atau bahkan negara baru sangat beresiko untuk terkena influenza. Karena influenza ini sangat mudah menyebar dari 3 hal berikut:

1. Droplets
Saat seseorang bersin, 20.000 droplet di sebarkan diudara dan bisa menular hingga jarak 1.8m. Luar biasa banget kan?! Apalagi untuk di ruang yang sempit. Resiko tertular sangat cepat.

2. Kontak Langsung
Virus influenza dapat bertahan di permukaan hingga 48 jam dan tetap menularkan apabila seseorang memegang permukaan. Sebagai contoh, apabila kita bersin dan kebiasaan kita menutup dengan tangan, lalu tangan kita memegang tas, tas kita tersebut terkena virus. Apabila kita memegangnya lagi tanpa kita sadari kita beresiko untuk terkena virus tersebut.

3. Airborne
Penyebaran virus influenza dapat meningkat hingga 4x lipat pada ruangan tertutup. Bahaya banget kan virus dari influenza ini!


Bebas Flu Saat Traveling


Pada hari Minggu tanggal 24 November lalu gue berkesempatan untuk mampir ke suatu acara yang membahas mengenai "Bebas Flu Saat Traveling'. Pernah nggak kalian sakit ketika sedang melakukan perjalanan? Pasti nggak enak banget kan rasanya. Biasanya sakit karena perjalanan ini disebabkan oleh: forsir tubuh untuk bekerja lebih sebelum melakukan perjalanan, kondisi tubuh yang sedang drop, perjalanan selama liburan sangat melelahkan hingga tidak memberikan waktu untuk tubuh beristirahat secara proper, dan bertemu dengan banyak orang (resiko penularan penyakit meningkat).


Sebenarnya gue sendiri pun sangat rentan terkena flu pada saat melakukan perjalanan, karena gue memiliki sinusitis sehingga sering banget terlena flu saat traveling. Pernah suatu ketika di suatu negara kondisi tubuh gue drop dan mengharuskan gue untuk istirahat full padahal sudah punya planning untuk berkunjung ke suatu tempat.

Itulah mengapa penting banget menjaga tubuh tetap fit pada saat traveling. Karena apabila kita sakit, pasti rencana semuanya harus berubah dan harus ada tempat yang kita lewati. Huhu. Sedih banget sih! Jadi apa aja sih tips menjaga tubuh agar selalu fit dan terhindar dari flu pada saat traveling?

Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Traveling


Apa aja sih yang harus kita persiapkan sebelum melakukan perjalanan? Yang pasti setelah kita siap budget dan juga itinerary, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh kita agar tetap fit dan terhindar dari flu sehingga kita nggak uring-uringan saat traveling.

Setiap kita berpindah kota maupun negara, tubuh kita mesti menyesuaikan kondisi dan keadaan tempat baru tersebut. Apalagi kalau pindah negara, kita tidak akan pernah tau penyakit-penyakit apa yang rentan tertular untuk tubuh kita.

Cara terbaik agar tubuh kita senantiasa fit saat traveling ialah melakukan vaksin minimal 2 minggu sebelum keberangkatan. Agar pada saat kita traveling tubuh kita tetap sehat dan tidak rentan terkena penyakit. Vaksin ini membantu imunitas tubuh kita jadi lebih kuat dalam melawan virus, sehingga akan membantu kita untuk pulih dari sakit lebih cepat.

Untuk melakukan vaksin ini baiknya setiap satu tahun sekali. Harga sekali vaksin ini terjangkau, cuma Rp350.000 dalam setahun! Nah kalau tubuh kita sehat tentunya traveling pun jadi semakin asyik dan terhindar dari segala macam penyakit yang rentan datang ke tubuh kita. Khususnya flu. Jadi mulai dari sekarang usahakan untuk melakukan vaksin ya sebelum traveling. Happy traveling!

You May Also Like

0 Comments

Newsletter

Labels