Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Asuransi Astra

by - May 29, 2018

Pada hari Sabtu lalu tepatnya tanggal 26 Mei 2018, saya menghadiri undangan dari Asuransi Astra yang berlokasikan di Harlequin Bistro, Kemang. Ini adalah kali kedua saya menghadiri undangan dari Asuransi Astra, yang pertama dalam rangka Pijar Ilmu dan yang kedua adalah Iftar Together.


Di Iftar Together ini, Asuransi Astra memberikan banyak materi yang bermanfaat khususnya untuk yang ingin melaksanakan Mudik Lebaran dan membawa kendaraan sendiri. 



Materi di sampaikan oleh Bapak Marcell Kurniawan, SDKV. Menurut data dan fakta mengenai tingkat kecelakaan selama mudik lebaran di tahun 2016 yaitu terjadi 4550 kecelakaan dan di tahun 2017 terjadi penurunan tingkat kecelakaan sebesar 30% menjadi 3168. Walaupun terjadi penurunan tingkat kecelakaan, tetapi kerugian materil naik 3% dan mencapai 280 juta dari 273 juta di tahun 2016. Kecelakaan ini dapat menyebabkan menurunnya tingkat kesejahteraan keluarga, karena kebanyakan yang menjadi pengemudi adalah kepala keluarga sebagai pencari nafkah.
Pak Marcell


Sebelum melakukan perjalanan, kita juga harus melakukan Pre-Drive Inspection. Guna untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan saat kita berada di jalan.
1. Menjaga Kondisi Kendaraan Agar Tetap Prima
Lakukan service kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh, khususnya ban. Menurut Jasa Marga pada triwulan 1 (Januari-Maret) tahun 2017, 78,6% kecelakaan di jalan Tol, diakibatkan oleh rem blong dan pecah ban. Ban seperti apa yang memiliki kemungkinan terbesar untuk pecah? Apakah yang kurang angin, atau yang berlebih angin? Yang benar yaitu yang kekurangan angin. Maka dari itu perlu di perhatikan hal-hal yang terlihat sepele namun mempunyai pengaruh besar.


2. Agar Anda Dapat Menghemat Biaya Perawatan dan Perbaikan
Selama di jalan, apabila kita tidak memperhatikan perawatan kendaraan, yang menyebabkan kita harus melakukan perbaikan di jalan, sungguh tidak efektif bukan?


3. Agar Anda Aman dan Nyaman di Jalan

Jadi apa saja yang dibutuhkan saat mengemudi agar tetap aman dan nyaman?
Bertindak cepat dan tegas
Kita harus cepat mengambil keputusan saat kita sedang berada dijalan. Untuk menghindari terjadinya labil yang menyebabkan banyak kerugian.
Menggabungkan beberapa informasi
Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kita mengumpulkan informasi mengenai rute-rute yang akan dilewati untuk menghindari kendala yang tidak di inginkan.
Melihat dengan jelas
Dengan tidak memaksakan diri dalam keadaan mengantuk yang malah membuat kita tidak bisa fokus melihat jalanan dengan jelas.
Mendengarkan dengan jelas
Sebaiknya, saat kita sedang berkendara tidak mendengarkan earphone, menelfon dan sebagainya.

Pastikan kita selalu mempersiapkan semuanya dengan seksama karena "If we fail the prepare, we prepare the fail". Kita juga harus Manajemen Kelelahan, agar tidak terjadi hilangnya fokus saat berkendara. Pahami kondisi lelah tubuh, apabila sudah mengantuk ada baiknya untuk bergantian dalam berkendara.


Dan selama berkendara hindari segala macam distraksi, baik Visual, Manual dan juga Cognitive. Ada baiknya selama berkendara tidak menggunakan handphone. Karena jika kita menggunakan handphone saat berkendara, memiliki 23x kemungkinan lebih banyak untuk terlibat kecelakaan. Bahaya bukan?


Quotes yang paling saya sukai dari pembicaraan kemarin mengenai penggunaan handphone saat berkendara yaitu "If you're texting, you're not driving."


Ketika kita sudah berupaya untuk menghindari kemungkinan di atas, namun ternyata masih banyak resiko yang bisa saja muncul di jalan yaitu;
  • Kecelakaan
  • Mogok
  • Terseret
  • Ban Kempes
  • Habis BBM
Apabila kejadian yang tidak kita inginkan muncul ketika malam hari, atau saat kita sedang berada di hutan tentunya akan sangat menyulitkan. Di sinilah asuransi di butuhkan, jadi berikut adalah tips memilih Asuransi Kendaraan.


Asuransi Astra sangat cocok untuk menjadi teman perjalanan anda, karena akan selalu siap siaga selama 24 jam untuk membantu perjalanan anda. Mudik terasa lebih Aman dan Nyaman bersama Asuransi Astra.

( credit; photos not all owned by me, some from Mbak Jet and Mbak Eva. )

You May Also Like

17 comments

  1. Jujur saya belum terlalu ngeh sama asuransi mba, soalnya masih brlum terlalu membutuhkan.
    Tapi aku rasa asuransi Astra ini cukup kredibel.
    Thank you atas informasinya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan yang penting 24 jam selalu ready membantu hihi, siap mba sama-sama :)

      Delete
  2. Mudik lebaran adalah momentum perjalanan yang diidamkan bagi yg punya kampung halaman di daerah bertemu org tua dan sanak famili.
    Namun di tengah perjalanan membentang risiko yang tdk bs dianggap remeh.tiap celah harus seminimalisir dihindari.
    Persiapan adalah salahsatu ikhtiarnya, ya setuju, asuransi bisa jadi penguatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas, semoga lancar mudiknya apabila mudik hihi

      Delete
  3. Suka jengkel kalau naik angkutan umum sopirnya main telepon melulu. Kalau sudah terjadi kecelakaan kan susah semua ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan mudik apalagi dilakukan perjalanan yang jauh memang perlu persiapan terutama ban kendaraan agar tidak kempes

      Delete
    2. ini mba.. aku juga kesel kalau banyak pengemudi di jalan yang suka main handphone huh..

      Delete
  4. bukannya ngedoain atau berharap yang ngga ngga sih ya tapi emang menjaga dan mempersiapkan diri sebelum mudik mah penting banget terutama asuransi. karena kita ngga pernah tahu masa depan sih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul, kita perlu jaga-jaga juga sih :D

      Delete
  5. Penting banget juga buat jangan maksain nyopir kalo ngantuk. Itu yg kadang masih suka disepelekan. Ngantuk itu obatnya tidur. Bukan minum kopi 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, karena kopi malah bikin mau bolak balik ke kamar mandi XD

      Delete
  6. Setuju banget... Harus punya persiapan yang baik sebelum melakukan perjalanan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan jangan lupa asuransi juga untuk membantu kita selama 24 jam di jalan ^^

      Delete
  7. Serem, risiko yang bisa muncul dijalanan karena menggunakan kendaraan, Bisa kecelakaan, kehabisan bbm, atau kempes ban. Perlindungan terhadap kendaraan memang perlu kalau mau aman.

    ReplyDelete
  8. Menjaga kondisi kendaraan harus prima itu wajib, apaalgi kalau mau berkendara jauh. Iya asuransi perjalanan menurutku penting sih mbak, buat jaga2 supaya nyaman di jalan sekaligus buat proteksi keluarga :)

    ReplyDelete
  9. Mobil aku Astra juga baru baru habis di servis biar ga ganggu petjaperja

    ReplyDelete
  10. wah acaranya seru ya kak!
    infonya juga menarik, tipsnya berguna banget buat temen2 yg mudik.

    terima kasih sudah sharing :)

    ReplyDelete