Keseruan Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2020

Tahun 2019 tercatat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada 3.721 bencana alam yang menimpa Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, gempa bumi, gelombang pasang, erupsi gunung, hingga puting beliung. Bencana alam ini terjadi sepanjang 2019, dari 1 Januari sampai 31 Desember. Banyak sekali bukan bencana di Indonesia ini? Bahkan pada awal tahun 2020 juga dimulai dengan banyaknya bencana banjir yang menenggelamkan banyak wilayah di Jakarta, Bekasi dan sekitarnya.

jakarta-humanity-festival-2020


Pada hari Minggu, 26 Januari 2020 lalu gue datang ke acara “Jakarta Humanity Festival (JAKHUMFEST) 2020” yang digelar oleh Dompet Dhuafa untuk kedua kalinya. Pada acara Jakhumfest ini mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih peduli terhadap isu lingkungan serta sosial. Di tahun 2020 ini, Jakhumfest diadakan di M Bloc Space.


Talkshow Lingkungan dan Kemanusiaan bersama Chiki Fawzi


Kurangnya rasa peduli masyarakat khususnya generasi milenial terhadap isu lingkungan dan sosial membuat Dompet Dhuafa kembali mengadakan acara ini sebagai wadah kepedulian sesama, yang merangkum kegiatan kerelawanan, kepedulian lingkungan dan juga pendidikan.


jakhumfest-2020-dompet-dhuafa

Rangkaian acara Jakhumfest ini sangat banyak, beragam dan seru. Dimulai dari talkshow bersama Chiki Fawzi yang membahas tentang kemanusiaan dan lingkungan. Chiki Fawzi bercerita mengenai tantangannya sebagai seorang relawan bencana. Chiki Fawzi sudah menjadi relawan sejak 2013 usai kepulangan  dari studinya di Malaysia. Ia bercerita selama 7 tahun menjadi relawan ia mendapatkan banyak pelajaran hidup dan kebahagiaan.

jakhumfest-2020

Gue jadi teringat semasa sekolah dulu, gue mengikuti kegiatan relawan untuk mengajar anak sd sampai smp di daerah Bojong Gede. Selama menjadi relawan, yang gue rasakan yaitu semangat belajar anak yang tinggi inilah yang terkadang membuat gue merasa malu, mereka dengan penuh semangat belajar tidak pandang lelah dan juga capek sedangkan gue masih sering merasa malas untuk belajar. Dari mereka lah gue banyak belajar dan menyadari kita harus banyak bersyukur terhadap nikmat apapun yang diberikan. Walaupun gue belum pernah terjun langsung menjadi relawan bencana alam, menjadi relawan pengajar pun sudah memberikan gue pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan.

Bukan Hanya Talkshow, Namun Banyak Keseruan Lainnya di Jakhumfest 2020

mewarnai-payung-di-jakhumfest-2020

Selain talkshow, di Jakhumfest 2020 juga ada bazzar, pameran foto yang keren-keren banget, ada juga workshop melukis payung, hingga acara musik. Tiket masuk acara musik dikenakan biaya sebesar Rp50.000 dan sepenuhnya akan diberikan untuk donasi untuk berbagai kegiatan kemanusiaan Dompet Dhuafa.


Selain tiket musik, seluruh hasil penjualan dari bazzar pun akan disalurkan untuk donasi untuk membantu segala kegiatan kemanusiaan serta lingkungan. Kapan lagi kan beli barang, sekaligus dapet pahala karena uang yang kita keluarkan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Sound of Humanity 2020

Sound of Humanity adalah acara musik yang dimeriahkan oleh Chiki Fawzi, V1mast dan Navicula. Chiki Fawzi selain suka relawan, ia juga sering membuat lagu dan lagunya yang paling hits saat ini ialah 'Belukar Dunia' yang merupakan salah satu soundtrack film NKCHI (Nanti Kita Cerita Hari Ini). Chiki Fawzi menyayikan banyak lagu-lagunya dengan menggunakan banyak alat musik, dari gitar hingga alat musik lainnya. Ia tidak hanya tampil sendiri, namun ditemani oleh teman setianya.



Penonton turut bernyanyi bersama saat Chiki Fawzi melantunkan lagu-lagu hitsnya, termasuk lagu 'Belukar Dunia' dan juga beberapa cover lagu. Chiki Fawzi mengungkapkan rasa bahagianya karena diberikan kesempatan untuk bisa tampil dan turut serta di acara Jakhumfest 2020 ini.

Usai Chiki Fawzi dilanjutkan oleh V1mast dan Navicula yang tidak kalah meriahnya. Lagu yang dilantunkan membuat para penonton turut bernyanyi dan menikmati suasana malam sekaligus menutup keseruan acara Jakhumfest 2020. Semoga tahun depan akan diadakan acara Jakhumfest ini karena selain menyenangkan, kita juga dapat berdonasi.

No comments