Explore Kepulauan Seribu (Pulau Kelor, Pulau Onrust, Pulau Cipir)

Seperti biasa, post-an ini selalu telat dikarenakan efek tugas negara yang gak pernah ada habisnya. Sudah hampir 1 bulan berlalu pengalaman mengexplore pulau seribu ini, tepatnya pada tanggal 08-Oktober-2016. Bermula dari temen yang ngasih gue broadcast tentang explore 3 pulau dalam sehari, awalnya gue rada ragu karena apa iya bisa sehari 3 pulau? Eh ternyata pulaunya deketan hahaha! Fyi 3 pulau ini adalah peninggalan VOC, sambil menyelam minum air. Sambil menikmati keindahan alam, kita juga bisa melihat bukti sejarah hitung-hitung sebagai menambah ilmu pengetahuan #eeeaaaa. 3 pulau ini juga merupakan Taman Wisata Arkeolog, buat yang mau liat langsung monggo meluncur kesini.

Berhubung untuk trip kali ini gue beserta temen-temen gue ikut travel dari “Drip Indonesia” dan dikenai biaya Rp100.000/org sudah termasuk makan. Karena menurut gue murah itu lah akhirnya gue memutuskan untuk join *maklum kantong mahasiswa*. Diwajibkan kumpul di Stasiun Kota (depan Bank Mandiri) pada pukul 06.00, berhubung rumah gue jauh plus gue tau pasti ngaret gue sampe di lokasi meeting point sekitar jam 07.00 *Indonesia banget ya gue* dan gak lama setelah gue sampe, kita segera bergegas menuju ke pelabuhan Muara Kamal menaiki angkot. Kurang lebih kita sampai di pelabuhan sekitar jam 08.15 dikarenakan macet, namanya juga Jakarta. Kita perlu berjalan sekitar 15 menit menuju pelabuhan dari tempat kita turun dari mobil, melewati pasar yang mayoritas berdagang ikan. Yap, jam 09.00 tibalah kita di pelabuhan Muara Kamal dan bergegas menaiki perahu, berhubung gue dan kawan-kawan gak mau kelamaan jadi kita naik perahu yang paling ujung biar berangkatnya duluan. Namun ekspetasi dan realita berbeda, perahu kita emang berangkat paling awal dibanding perahu yang lain, tapi.......... sekitar 35 menit kita menunggu masih belum juga berangkat dikarenakan kata supirnya menunggu antrian..... dan pada akhirnya setelah menunggu 45 menit akhirnya perahu kita berjalan juga. Yeay

Full Team Ciwi-CiwiKu
Kita mulai berlayar dari jam 09.45 dan tiba di Pulau yang pertama yaitu Pulau Kelor sekitar jam 11.00, mata berasa di manjakan banget! Viewnya itu bagus, air laut yang bersih juga pasirnya juga masih putih. Mata yang biasanya cuma bisa melihat motor, mobil, macetnya Jakarta dan lain-lain akhirnya bisa melihat air laut dan pasir yang indah. Hal yang wajib banget dilakuin pertama kali adalah....... foto! Yap, kita perlu banget mendokumentasikan ini. Di Pulau Kelor ini ada sebuah benteng yang namanya adalah Benteng Mortello. Benteng Mortello ini terbuat dari batu bata merah, yang dibangun oleh VOC pada abad ke 17-an dalam menghadapi Portugis.

pulau kelor

Benteng Mortello

Puas berkeliling dan hunting foto, jam 11.30 kita segera menuju Pulau Onrust, perjalanan Pulau Kelor menuju Pulau Onrust membutuhkan waktu 30 menit. Setibanya di Pulau Onrust kita bergegas menuju Musholla dikarenakan sudah masuk waktu Dzuhur, disaat kita berwudhu ternyata airnya asin hahahhaa. Musholla disini lumayan bersih dan terawat. Selesai sholat, kita segera menuju makan siang yang telah disediakan, berhubung Drip Indonesia sedang merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-2 jadi ada panggung yang telah disediakan. Gue dan temen-temen gak keliling untung hunting foto, dikarenakan waktu yang sangat sebentar disini dan hanya menyaksikan acara yang di sediakan juga pembagian Doorprice, sayangnya gue kurang beruntung jadi gak dapet apa-apa. Sebenernya pulau Onrust ini dulunya adalah tempat karantina untuk para jemaah haji dan juga merupakan salah satu markas VOC ada juga kuburan Nona Belanda yang bernama Maria Van De Velde yang berada di Pulau Onrust ini.

Parkiran kapal di Pulau Onrust (?)

Source; mbah google

The last Island is Pulau Cipir. Pulau Onrust ke Pulau Cipir menurut gue cepet banget, karena perasaan gue baru duduk eh udah turun lagi *akutu gabisa diginiin* Pulau Cipir disebut juga dengan Pulau Khayangan. Pulau Cipir masih memiliki sejarah yang berkaitan dengan jemaah haji pada zaman Belanda, dan juga banyak reruntuhan Rumah Sakit dan Rumah Karantina para jemaah haji yang hendak berangkat dan baru pulau dari Mekah.

Cherrybelle setelah berhijab

Hunting foto selesai, gue dan yang lain masih ngerasa lapar ternyata dan beli Indomie di satu-satunya warung disini haha. Jam menunjukan pukul 15.30, waktu berjalan sangat cepat hari ini dikarenakan gue dan yang lain sangat menikmati suasananya! Gue dan yang lain bergegas menuju perahu dan kembali ke Pelabuhan Muara Kamal dan lagi-lagi hujan (papandayan pas pulang hujan) hahaha emang dapat rezekinya banget begitu. So much fun dan memang tempatnya agak-agak horror gitu di beberapa tempat khususnya di Onrust, tapi worth it banget! Kurang lebih kita sampai di Stasiun Kota hampir Magrib, gue dan kawan-kawan kembali ke kota tercinta kita yaitu Depok.

Tunggu untuk trip gue selanjutnya~~