Keliling Indonesia Murah dengan Air Asia (Traveling ke Banda Aceh dari Jakarta cuma 1 Jutaan!!)

by - December 16, 2019

Kebijakan dinas perhubungan menaikkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sempat membuat gue mengubur mimpi dalam-dalam untuk traveling ke setiap kota di Indonesia karena melihat harga tiketnya saja sudah bikin gue jantungan.

Sebagai orang yang suka jalan, gue memang selalu membuat planning perjalanan dalam setahun untuk setidaknya mengunjungi satu tempat baru yang ada di Indonesia. Namun dengan adanya kebijakkan baru dari dinas perhubungan ini sempet bikin gue nyaris menyerah untuk berkunjung ke tempat baru di Indonesia.

traveling keliling indonesia murah

Satu-satunya transportasi yang paling mendukung untuk melakukan traveling ke tempat baru di Indonesia yaitu jalur udara. Karena gue tidak memiliki waktu yang banyak, rasanya sayang kalau harus menghabiskan waktu diperjalanan. Selain waktu terbatas, budget gue pun terbatas. Kalau menggunakan transportasi darat pun gue harus keluar budget lebih untuk makan dan lainnya. Jadi rasanya sama saja.

Biasanya gue menyiasati dengan membeli tiket di hari tertentu dan waktu tertentu. Namun rasanya  untuk harga sekarang tidak terlalu berpengaruh lagi. Harganya masih mahal juga, duh! Tapi setelah mencari cara, akhirnya gue menemukan opsi untuk menuju ke salah satu lokasi di Indonesia yang sudah menjadi bucket-list gue sejak lama yaitu Banda Aceh.

Mendapatkan Promo Fantastis ke Banda Aceh!


Bermula dari mendapat newsletter dari Air Asia yang memberikan informasi promo berupa free seat gue iseng-iseng cek keberangkatan KL-Aceh-KL di aplikasi Air Asia cuma seharga Rp230.000! Gila. Tanpa pikir panjang gue langsung booking. Kapan lagi bisa dapet tiket promo semurah itu?

backpacker ke banda aceh

Pikir gue KL-JKT-KL palingan 1jutaan, dan kalau dihitung-hitung harganya masih lebih murah dibandingkan gue beli direct flight Jakarta - Banda Aceh. Sampai akhirnya gue melihat instastory akun @airasia_bhsindonesia, Air Asia lagi ada promo untuk keberangkatan tahun depan. Karena kebetulan gue beli tiket ke Banda Acehnya tahun depan, langsung gue cek tanggalnya dan sesuai. Lagi-lagi gue dapat tiket JKT-KL cuma 150rb dan KL-JKT 450rb. Kalau di total Jakarta-Banda Aceh gak sampai 1jutaan!
bahagia bersama airasia

Sebelum flight gue selalu pilih kursi biar dapet window seat sekaligus membeli makanan yang cuma bisa gue temuin di Air Asia, yaitu menu santan. Selain pilih kursi dan membeli inflight meals gue juga membeli travel protection biar merasa lebih aman saat melakukan perjalanan. Kemudahan membeli tiket, makan, memilih kursi hingga asuransi semuanya bisa langsung diakses dalam satu aplikasi Air Asia.

Terbang dari Jakarta ke Banda Aceh via Kuala Lumpur dengan Air Asia

Karena ini bukan kali pertama gue terbang menaiki maskapai Air Asia, gue sudah terbiasa untuk melakukan self-check in yang disediakan dibandara. Sehingga gue gak perlu antri ke counter untuk melakukan check-in.


Duduk di windows seat adalah tempat paling gue sukai karena gue bisa melihat pemandangan keluar secara langsung. Flight dari Jakarta menuju ke Kuala Lumpur ditempuh selama kurang lebih 2 jam, dan gue landing di KLIA2 untuk menunggu flight selanjutnya ke Banda Aceh.

Penerbangan KL-Banda Aceh memakan waktu kurang lebih 90 menit ada 3x penerbangan dalam satu hari, yaitu jam 07.40, 10.45, dan 16.20. Karena gue sampai di KLnya malam hari, gue menunggu dengan sabar untuk esok hari ke Banda Aceh.


bahagia bersama airasia

After the long wait, akhirnya gue terbang juga ke Banda Aceh! Pramugarinya menggunakan kerudung, semakin gak sabar aja gue. Tapi akhirnya selama flight gue tidur dan gak berasa akhirnya gue landing dengan selamat di Sultan Iskandar Muda International Airport.

Akhirnya gue bisa mencoret Banda Aceh dari daftar bucket-list gue. Bahagia bersama Air Asia itu karena gue sudah beberapa kali mencoret bucket-list gue setelah berhasil terbang bersama Air Asia! Saat kepulangan gue dari KL menuju ke Jakarta, karena gue belanja cukup banyak saat di KL, sehingga gue harus membeli bagasi tambahan.

rute domestik murah dengan air asia


Membeli bagasi tambahan tanpa perlu repot menggunakan Air Asia, kita bisa beli tambahan bagasi di aplikasi Air Asia cukup dengan memasukkan kode booking kita dan tinggal bayar aja deh. Praktis!

Untuk plan di 2020 nanti, gue pengen banget ke Mandalika di Lombok (NTB) yang temasuk dalam wisata 10 Bali Baru. Seperti yang kita tau juga jika pemerintah sedang gencar-gencarnya mempromosikan 10 Bali Baru ini, sehingga gue pun memiliki keinginan untuk berkunjung ke 10 wisata Bali Baru ini.

Beruntungnya lagi, Air Asia tahun 2019 ini banyak banget membuka rute domestik. Dari Jakarta-Belitung, hingga Bali-Labuan Bajo dengan harga yang sangat terjangkau! Bahkan gue sudah beli tiket Jakarta-Belitung dengan harga Rp600.000 PP.

Rute Domestik Air Asia


Yang mulanya rute domestik Air Asia yang paling terkenal cuma Jakarta-Bali, sekarang Air Asia sudah membuka banyak rute baru untuk domestik dengan kode penerbangan QZ, seperti Jakarta-Lombok dengan harga mulai dari 635rb, Bali-Lombok mulai 243rb, Surabaya-Kertajati mulai 636rb, Yogyakarta-Lombok, Bali-Bajo dan banyak rute lainnya.

Gue sangat tertarik untuk mencoba rute Bali-Labuan Bajo! Walaupun sudah pernah berkunjung kesana, gue rasa Labuan Bajo gak pernah akan ada matinya. Melihat destinasi wisata yang indah dan cocok banget untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

backpacker ke labuan bajo
Melihat harga yang ditawarkan dari Bali-Labuan Bajo mulai dari 700an bikin gue kepengen beli tiket untuk ke Labuan Bajo lagi. Apalagi Air Asia menawarkan bagasi gratis sebanyak 15kg untuk rute domestik, sehingga bisa bawa baju banyak untuk berfoto keren di Labuan Bajo.

Selain rute baru di atas, Air Asia juga sudah memiliki rute PP seperti Jakarta-Bali, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Bali-Yogyakarta, Bali-Surabaya, Bali-Solo, Yogyakarta-Medan, Bandung-Bali dan lainnya. Kalian bisa langsung download aja aplikasi Air Asia di smartphone kalian, karena Air Asia memberikan banyak promo serta kemudahan untuk kita traveling keliling Indonesia.

Harapan gue semoga Air Asia bisa membuka banyak rute domestik khususnya di 10 Bali Baru, karena itu akan mempermudah Indonesia dalam memajukan pariwisatanya juga. Air Asia memang maskapai yang harga nya yang sangat bersahabat dan cocok dikantong backpacker macam gue. Serta selalu memberikan service terbaiknya, gak salah kalau Air Asia memenangkan awards 11 tahun berturut-turut sebagai LCC terbaik. Sukses selalu untuk Air Asia!

You May Also Like

0 Comments

Newsletter

Labels