Penanaman Internet BAIK kepada Anak Sekaligus Membangun Karakter yang Lebih Baik

by - September 25, 2018

Dalam era ini internet mempunyai peran yang sangat berpengaruh terhadap banyak hal. Internet  pula merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mampu menjadi media penunjang untuk segala macam bidang informasi dan komunikasi. Jumlah pengguna internet di seantero dunia sudah mencapai 3.8 miliar atau 51 persen dari total populasi dunia, demikian menurut WeAreSocial.com hingga Agustus 2017. Di Indonesia, pengguna internet sudah mencapai 32,3 juta, setidaknya di tahun 2016 menurut catatan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII). Dan 40 persennya adalah pengguna media sosial (Tetra Pak Index, 2017). Namun sayangnya kemajuan internet ini selain memberikan kemudahan dan juga kebaikan, sayangnya masih banyak yang belum sadar bagaimana cara memanfaatkan internet dengan BAIK.


Apa yang dimaksud dengan Internet BAIK? Internet baik yaitu (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif), kegiatan Internet BAIK ini adalah salah satu campaign dari Telkomsel yang ingin mengedukasikan masyarakat dalam menggunakan internet dengan secara bijak dan bertanggung jawab. Program InternetBAIK ini tentunya dapat di mulai dari lingkungan terdekat kita terlebih dahulu dan dengan harapan nantinya bisa diaplikasikan untuk banyak pihak di kemudian hari.

Tujuan dari Internet BAIK yaitu bertanggung jawab, ialah mampu memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin dan memperhatikan norma serta etika yang berlaku. Dimaksud aman juga ialah jauh dari segala macam kejahatan yang ada di internet.

Maraknya kejahatan di internet seperti salah satunya cyber-bullying membuat kita harus lebih extra dalam menjaga anak-anak dalam menggunakan internet serta membimbing anak dalam menggunakan internet. Inilah mengapa diperlukan norma dan etika dalam menggunakan internet agar kita dapat terhindar dari kejahatan di internet.

Inspiratif yaitu dapat menggunakan media internet dan mendapat pengaruh positif untung meningkatkan kualitas karakter manusia. Dan kreatif yaitu internet berfungsi sebagai wadah dalam memberikan kontribusi yang baik yang dapat diakses oleh khalayak luas.

Sebagai seorang mahasiswi dan menjadi seorang relawan di salah satu rumah belajar yang bernama Rumah Belajar Indonesia Kreatif (RUBIK), selama memberikan pengajaran berupa materi tulisan saya terkadang memberikan mereka gambaran kegiatan melalui media internet.

Kebetulan sebagai tutor yang mengajarkan materi IPS tentunya media internet sangat mempunyai pengaruh banyak untuk bidang pembelajaran. Contohnya dalam memberikan gambaran mengenai bentuk candi, letak negara-negara ASEAN, posisi setiap kota di Indonesia dan sebagainya. Dengan internet semuanya akan lebih mudah dan lebih nyata dalam memberikan pemahaman materi.

Sambil memberikan materi, kita pun dapat memberikan mereka pengertian secara tidak langsung bahwa fungsi internet sangat banyak dalam menunjang pelajaran serta diselipkan bagaimana caranya agar kita bisa menjadi pengguna InternetBAIK.

Penanaman InternetBAIK tentunya akan lebih mampu membangun karakter manusia yang lebih baik, maka bisa dimulai dengan mengajarkan anak sejak dini. Seorang anak tidak akan mendengarkan apa yang kita suruh, melaikan ia akan meniru perilaku kita. Dengan mengajarkan anak-anak menggunakan internet secara bijak maka akan membantu generasi selanjutnya memiliki karakteristik yang baik dan dapat terhindar dari dampak buruk di internet.


Dengan penanaman cara penggunaan internet kepada anak, setidaknya akan mencegah kejahatan yang mungkin terjadi kepada anak-anak. Tentunya harus dilakukan pengawasan selama anak menggunakan internet.

Maraknya content creator yang menghasilkan karya-karya baik dapat menjadi acuan dan motivasi kita dalam memberikan arahan kepada anak bahwa dengan internet banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan. Serta dapat mengedukasi anak dengan media internet. Dengan ini maka kita dapat membantu membangun karakter anak-anak di masa yang mendatang agar dapat menggunakan InternetBAIK.

You May Also Like

0 comments

Newsletter

Labels