Cara Membuat Paspor 2017

by - February 09, 2017



Yoooooosh, tinggal menghitung hari perjalanan pertama gue keluar negeri! kurang lebih H-4, gue udah gak sabar bossssss norak banget lu ye mar mau liat gimana bentuk luar negeri itu. HAHA. tanggal 13 Februari 2017 nanti gue bakalan pergi #eaapergi# ke 2 negara tetangga kita yaitu Singapore dan Malaysia. Sebenernya gue bikin paspor udah dari bulan November lalu, dikarenakan disaat beli tiket balik harus memakai nomor paspor makanya gue udah buat paspor dari lama. YAP, sesuai dengan judulnya, lu pasti tau dong apa itu paspor? apa belom tau? yah kasian amat si lu kalo gak tau paspor itu apa HAHAHA, paspor itu gunanya sebagai identitas kita atau tanda pengenal disaat kita berada di luar negeri. Gue dulu pernah denger kalo buat paspor nama kita minimal 2 kata, sedangkan gue?!?! Nama gue aja cuma satu kata jir. Tapi tenang aja bossku, satu kata juga bisa kok buat bikin paspor. Jadi syarat yang pertama untuk membuat paspor yaitu nama, kalo lu gak punya nama sorry sorry aja nih ya, lu pasti gak bisa bikin paspor. HAHAHA garing lu mar.

Skip skip sebelum gue makin gak jelas. Jadi yang harus lu lakuin pertama kali adalah cari Kantor Imigrasi yang deket daerah atau kota kalian, berhubung gue orang Depok jadi buatnya di Kantor Imigrasi yang ada di Grand Depok City (GDC) kita dateng aja disana pagi-pagi (catet nih pagi-pagi) karena apa? karena ngantri banget bossku, bisa lama nanti nunggunya. Gue cuma buat bikin paspor aja 2 kali skip mata kuliah dosen karena gue 2x dateng kesana dikarenakan membawa datanya gak lengkap, huft curhat. Selanjutnya, setelah kalian tau dimana lokasi Kantor Imigrasinya pas sampai di pos satpam kalian bakalan dikasih surat untuk mengisi data diri kalian, nanti disurat itu kalian isi dan WAJIB membawa Fotokopi KK, KTP, Akte Kelahiran dan Ijazah Terakhir. Tapi guys kalian gue saranin bawa aslinya juga, karena gue yang pertama kali dateng LUPA bawa yang asli, alhasil bolak-balik. Gue dateng ke Kantor Imigrasi jam 06.45, walaupun Kantor Imigrasi buka jam 07.00 tapi yang ngantri udah banyak! Oh iya, jangan lupa bawa materai 6000 juga ya guys, karena dibutuhkan. Setelah itu semua udah, kalian tinggal nunggu aja dan ikutin prosedurnya.

Dengan cukup sabar gue menunggu antrian gue untuk penyerahan data, gue ambil snack yang disediakan dan juga ngecek apakah ada wifi atau tidak ternyata ADA! ini adalah surga dunia dan gue segera mengambil kesempatan untuk nanya password wifi :) gue menunggu dengan khimat sampai akhirnya gue dipanggil untuk menyerahkan data, setelah menyerahkan data gue dikasih nomor lagi dan harus nunggu (lagi) untuk ke tahap berikutnya yaitu wawancara. Gue degdegan guys?!? Apa aja ya pertanyaannya, trus lolos gak nih gue wawancaranya?? Ternyata cuma ditanya mau pergi kemana #jah dan gue bilang "buat jaga-jaga aja pak." "loh jaga jaga maksudnya gimana?" "kalau ada tiket murah biar langsung bsia booking." #tsaaaaaaaaah dan bapaknya hening. Tahap wawancara sekaligus pengambilan foto, itu cuma sebentar dan kita dikenakan biaya Rp315.000 untuk pembuatan paspornya. Dan gak ada biaya lain guys! Inget ya, gak ada. Jadi kalo ada yang minta biaya, laporin aja langsung.

Setelah semua proses berjalan, tandanya kita udah selesai. Anyway, uangnya ditransfer (bukan pake atm ya) dan nanti dikasih kok kertasnya untuk cara pembayaran. Kita tinggal dateng aja ke bank terdekat, kasih kertasnya dan uangnya jangan lupa. Pengambilan paspor itu terhitung 3 hari kerja setelah kita membayar uangnya. YAAAAAAAAP, setelah 3 hari akhirnya paspor gue jadi!!

Masa berlaku paspor itu 5 tahun sejak diterbitkannya, dan jangan lupa untuk buat bucket list kalian selama 5 tahun kedepan. Happy travel!!

You May Also Like

0 comments