Sejarah Lagu dan album One Direction!

by - December 20, 2012


Dengan hanya 2 album, berhasil memecahkan beberapa rekor, menang beberapa penghargaan music bergengsi, single-single dari masing-masing album banyak menduduki posisi nomer 1 di chart musik dunia, dan tour dunia yang selalu langsung sold out cuma bisa dialami oleh satu boyband yang satu ini. One Direction, British-Irish boyband yang mengawali karier mereka sebagai kontestan individu dari The X Factor UK seri ke 7 ini memang tidak bisa diragukan lagi ketenarannya. Berawal dari visi Nicole Scherzinger dan Simon Cowell, sebagai judges di acara tersebut, yang menggabungkan Liam Payne, Harry Style, Zayn Malik, Niall Horan, dan Louis Tomlinson menjadi salah satu super grup, One Direction akhirnya terbentuk dan pemilihan nama itu berasal dari Harry yang merasa mereka “satu tujuan” untuk memenangkan kompetisi itu. Walaupun hanya berada di peringkat 3 X Factor UK, ternyata Simon Cowell memang punya rencana yang besar untuk kelima pemuda yang saat itu masih sangat muda. Itulah yang akhirnya membuat Simon Cowell memutuskan untuk mengkontrak mereka di label miliknya Syco Records. Dari sanalah kemudian One Direction meluncurkan album pertama mereka berjudul Up All Night di awal tahun 2012.

Sebelumnya, Single pertama mereka di Album Up All Night, What Makes You Beautiful yang dirilis bulan September 2011, di minggu pertamanya saja berhasil menduduki posisi 1 di UK Singles Chart dan berhasil menjadi single yang terbanyak di pre-order sepanjang sejarah Sony Music Entertainment. Single ini juga menjadi single yang membawa One Direction memenangkan award pertama mereka di Brit Award sebagai Best British Single. Setelah album pertama mereka rilis, nama One Direction semakin dikenal secara global dan mereka semakin banyak memecahkan rekor-rekor yang sebelumnya tak pernah mereka raih, diantaranya: Up All Night: DVD Live Tour mereka yang berhasil menduduki posisi #1 di 25 negara yang berbeda dan menembus angka penjualan hingga 1 juta copy, buku mereka yang berjudul Dare To Dream: Life As One Direction juga masuk ke dalam The New York Times Best Seller List, dan per bulan Agustus 2012, single-single mereka terjual lebih dari 8 juta copy, sementara album mereka terjual lebih dari 3 juta copy, dan 1 juta copy lebih untuk DVD Live Tour mereka. Dengan prestasi mereka itu, One Direction juga berhasil mengukir namanya di Guinnes World Record sebagai boyband dengan single yang menduduki posisi 1 di banyak chart dan sebagai boyband British yang menduduki posisi 1 di US Billboard 200 chart, ini membuat mereka menjadi boyband british pertama di chart musik amerika yang menduduki posisi 1 dengan album pertama mereka sepanjang sejarah.
One Direction mulai merekam album kedua mereka pada bulan Mei 2012 di Stockholm Swedia dan pada bulan September 2012, mereka merilis single pertama di album kedua mereka yang berjudul “Live While We’re Young”. Sama seperti single sebelumnya, LWWY langsung menempati posisi 10 besar di banyak chart musik di dunia dan menjadi lagu dengan penjualan tertinggi dalam waktu hanya satu minggu di Amerika oleh penyanyi non-Amerika. Single kedua mereka yang berjudul “Little Things” dirilis hampir berdekatan dengan tanggal perilisan album kedua mereka “Take Me Home”. Ini juga membuat One Direction menjadi musisi termuda di sejarah chart British yang mempunyai album dan single di nomor 1 secara bersamaan. Take Me Home sendiri sudah terjual lebih dari 540.000 copy di minggu pertamanya dirilis di Amerika dan memiliki debut chart di posisi 1 Billboard 200, dan posisi 1 di lebih dari 31 negara lainnya.
Soal musikalitas dari tiap anggota dari One Direction ini sendiri juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Banyak pemberi opini merasa One Direction mampu menjadi boyband dengan baik di album maupun pada saat mereka melakukan konser. Salah satunya adalah Erica Futterman yang menuliskan pendapatnya tentang One Direction di Rolling Stone, “Horan’s ability to play guitar as well as One Direction’s admirable live vocal. There was no need to worry about backing track or a bum not, a pleasant realization at pop show” (Kemampuan horan dalam bermain gitar juga live vocal dari One Direction yang indah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang track bantuan atau nada yang cacat, sebuah realisasi yang menyenangkan dari sebuah pop show).
Di bulan November 2012, juga terdengar kabar kalau Sony Pictures Entertainment sedang membuat 3D biopik film dari One Direction yang disutradarai oleh Morgan Spurlock. Film ini sendiri masih dalam tahap produksi dan rencananya akan dirilis oleh TriStar Pictures pada tanggal 30 Agustus 2013. Selain itu, rencana tour mereka di tahun 2013pun sudah direncanakan dan bahkan di beberapa negara tiket untuk tour mereka sudah sold out. One Direction akan memulai serangkaian panjang konser mereka dengan konser pertama yg akan berlangsung di Madison Square Garden tanggal 3 Desember dan akan langsung dilanjutkan oleh tour di berbagai negara pada bulan Februari 2013. Tour mereka ini sendiri akan berisi lebih dari 100 konser di negara-negara Eropa, Amerika Utara dan Australia juga sekitarnya. Apakah mereka akan mampir ke Indonesia? Kita tunggu saja kabar selanjutnya. Yang pasti, mari ramai-ramai “membawa pulang” One Direction karena mereka akan menjadi Artist Of The Month dari Sony Music Indonesia dan Creativedisc di bulan Desember.

You May Also Like

0 comments