Tips Mengatasi Nyeri Pada Saat Haid

by - June 25, 2019

Sebagai seorang wanita yang memiliki berbagai kegiatan di luar rumah, terkadang ada suatu hal yang rutin menganggu aktivitas saya. Yaitu ketika tamu bulanan datang. Rasa nyeri yang sering datang setiap hari-hari pertama saat haid menyebabkan saya menjadi uring-uringan serta beberapa kegiatan saya harus tertunda karena saya akan lebih memilih untuk istirahat demi menghilangkan rasa nyeri tersebut. Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologist, sebagian wanita mengalami ketidaknyamanan selama menstruasi, dan lebih dari setengahnya mengalami rasa sakit menjelang menstruasi dan beberapa hari pertama saat menstruasi.

Penyebab Utama Rasa Nyeri Pada Saat Haid




Nyeri haid pada umumnya di rasakan oleh sebagian wanita pada awal masa menstruasi. Pada beberapa wanita, rasa sakit di perut bagian bawah tidak begitu terasa hingga mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasanya. Namun, pada sebagian lain rasa nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan apapun.

Rasa nyeri yang sering timbul akibat haid ini disebabkan oleh adanya kontraksi di dalam dinding rahim atau kandungan. Di mana rahim mengalami kondisi mengencang dan melemas sehingga darah luruh dari rahim. Lapisan rahim melepas zat kimia dan kontraksi pun bertambah. Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh hormon yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai. Hal ini biasanya terjadi selama berhari-hari pada masa menstruasi.


Penyebab utama rasa nyeri ini adalah karena tubuh mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim untuk terus berkontraksi lebih banyak. Prostaglandin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh wanita dan dapat menyebabkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidak nyamanan saat menstruasi. Jadi tindakan apa yang bisa diambil ketika rasa nyeri pada perut ini terus menyerang pada saat menstruasi?

Tips Mengatasi Rasa Nyeri Pada Saat Haid?

Rasa nyeri yang datang pada saat PMS (Premenstrual Syndrome) dan juga hari-hari pertama ketika menstruasi sering menyebabkan aktivitas terganggu, lalu bagaimana penanganan pada rasa nyeri pada saat haid? Beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri di perut:

1. Beristirahat yang Cukup

Mengurangi beberapa aktivitas di hari-hari pertama adalah hal yang tepat dilakukan, karena agar rasa nyeri berkurang dan juga untuk mengurangi rasa pegal-pegal yang sering terjadi ketika hari awal menstruasi dimulai.

2. Menghindari Makanan yang Mengandung Kafein dan Garam

Kafein dapat berperan sebagai vasokonstriktor (dapat menyempitkan aliran darah yang memicu rasa sakit) dan sebagai vasodilator (dapat meningkatkan aliran darah).  Selain itu, seperti yang kita tahu bahwa kafein dapat memberikan pengaruh perubahan suasana hati dan juga kecemasan,

3. Menggunakan Pad Terapi Hangat


hilangkan nyeri saat haid dengan iFree

Memakai pad terapi hangat pada saat haid akan membantu meredakan rasa nyeri pada perut. iFree adalah pad terapi hangat pertama di Indonesia yang membantu mengurangi rasa nyeri tanpa perlu meminum obat. Kemasannya sangat mudah untuk dibawa kemanapun dan dipakai kapanpun.

Rasa hangat dari pad ini akan mengurangi rasa nyeri yang mengganggu aktivitas, juga kehangatan dari iFree ini bisa membantu serta mengurangi rasa kram ketika haid. Kehangatan dari iFree ini akan bertahan hingga 8 jam. Cara pemakaiannya bisa ditempelkan di bagian dalam baju untuk tingkat kehangatan yang rendah, memakai pad di luar celana dalam untuk tingkat kehangatan sedang dan dipakai dibagian dalam celana atau di bagian perut bawah untuk tingkat kehangatan yang tinggi. Kehangatan dari pad ini bisa bertahan hingga 8 jam, sehingga kita bisa tetap beraktivitas tanpa merasakan kram dan juga nyeri pada saat haid.

iFree Pad Terapi Hangat

iFree Indonesia Review


Biasanya saya memakainya di hari-hari pertama saat haid, karena memang sangat membantu mengurangi rasa kram dan juga nyeri pada hari-hari pertama haid. Aktivitas pun tetap berjalan lancar dengan menggunakan iFree pad terapi hangat. iFree bisa di dapatkan di beberapa drugstore seperti watson, guardian, dandan, hypermart, boston, viva health apotek, apotek roxy maupun di beli secara online seperti di jd.id, harganya sangat terjangkau yaitu Rp25.000 dan mendapatkan 2 pads yang bisa dipakai 2x (pemakaian 1 pads untuk 1x pakai).

Beberapa cara di atas dapat kita terapkan apabila rasa nyeri dan kram mengganggu kita pada saat haid, khususnya di hari pertama. Semoga bermanfaat!

More Info:

iFree Indonesia
Instagram: @ifree.indonesia
Facebook: iFree
Website : www.ifreeindonesia.com

You May Also Like

0 Comments

Labels