Cerita Inspiratif Pemenang #AsliJago di XL Business Solution

by - May 01, 2019

Perkembangan dunia digital di zaman ini telah memberikan dampak terhadap banyak hal. Semuanya menjadi serba digital dan membutuhkan internet yang stabil. Apalagi untuk traveling dan juga bisnis. Selaku penggiat media sosial, koneksi internet cepat dan juga stabil sangat memberikan kemudahan untuk gue update di media sosial maupun untuk searching destinasi yang akan dituju.

Selain itu juga yang membutuhkan internet stabil dan cepat ialah di bidang bisnis. Semuanya menjadi lebih efektif dan juga efisien. Banyaknya kemudahan di era digital yang memberikan keuntungan bagi para pembisnis, dikarenakan untuk menjangkau khalayak yang luas tentunya membutuhkan koneksi internet yang stabil agar lebih cepat dalam menjangkau khalayaknya.   

Kemajuan teknologi membuat para pembisnis zaman now harus lebih kreatif dalam membangun bisnis mereka. Terlebih untuk para UKM (Usaha Kecil Menengah) selaku tulang punggung perekonomian di Indonesia, karena menyumbang paling tidak 60% dari PDB  dan menampung 97% tenaga kerja tentunya membutuhkan perhatian khusus agar tetap bisa bersaing dengan pasar Internasional.

Pada tanggal 24 April 2019 kemarin saya hadir di acara XL Business Solution dan membahas mengenai Business Sharing. XL Business Solution melalui campaign #AsliJago mengajak para pelaku industri kreatif di Indonesia dari sektor industri: Kuliner, Foto dan Video, Travel, Kesenian, eCommerce, Fashion, Teknologi, Otomotif, serta Event Organizer untuk menunjukkan partisipasinya di industri kreatif serta membantu usaha mereka yang telah berjalan agar bisa berkembang lebih luas lagi.

XL Business Solution

Nah untuk mengetahui apa itu campaign #AsliJago, #AsliJago itu sendiri adalah sebuah kompetisi kreatif yang diadakan di media instagram yang memiliki tema "Buktikan Bakat Bisnismu" yang telah di ikuti oleh lebih dari 100 orang. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya XL Business Solution mendapatkan 9 The Winner League's dari berbagai industri kreatif yang telah mengikuti campaign tersebut.

9 The Winners League's

XL 9 The Winners League

Setelah proses panjang, akhirnya XL Business Solution mendapatkan 9 pemenang. 9 pemenang ini telah melewati penjurian dan yang paling layak dikarenakan ide mereka yang paling kreatif dan juga out of the box. Sehingga 9 orang ini layak untuk dipilih menjadi pemenang. Siapakah 9 Pemenang tersebut?

1. Sushi Kita


Yang pertama adalah bidang Kuliner, yaitu Sushi Kita. Keinginan penjual untuk memperkenalkan makanan Indonesia dengan gaya baru, akhirnya mereka mengolah isi Sushi menjadi makanan Indonesia. Salah satu produk dari Sushi Kita adalah Sushi Tongkol Balado.

Source instagram @sushikita
"Yang pastinya sushinya matang dan rasanya Indonesia banget". Ujar Maharani selaku  owner dari Sushi Kita, yang tentunya Sushi yang diolah menjadi makanan Indonesia ini akan lebih familiar di lidah orang Indonesia. Sushi Kita ini berlokasikan di Bandung, jadi kalau kalian berkunjung ke Bandung jangan lupa mampir ya ke Sushi Kita. Cobain Sushi dengan kearifan lokal.

2.  Social Kreatif



Selain bidang kuliner, ada juga dari industri kreatif berbasis digital yang bernama @socialkreatif. Social Kreatif ini mengetahui persis bahwa era digital ini semua membutuhkan media untuk promosi, dengan itu Social Kreatif ada untuk membantu brand, khususnya lokal untuk membantu outstanding di media. Seperti membantu mempromosikan usaha mereka tersebut melewati media seperti memasang iklan di instagram, facebook atau SEO untuk google.

Source instagram @socialkreatif
Misinya selain bekerja sama dengan brand lokal saja tapi ingin bekerja sama dengan para fotographer di Indonesia agar mereka dapat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion mereka. "Social Kreatif ada dan ingin memanfaatkan kreatifitas kita agar berdampak sosial" - Fardi, Founder dari Social Kreatif.

3. Bitsandbobs.id



Melihat millenials sedang on the rise, mereka adalah generasi yang suka sharing, menunjukan siapa diri mereka dan apa yang mereka suka. Bitsandbobs hadir sebagai cara mengekspresikan diri mereka dalam brand lifestyle fokus membuat statement dari yang simpel. Produk signature bitsandbobs yaitu 2in1 bags yang bisa digunakan luar dalam.

Source instagram @bitsandbobs.id
Harapan bitsandbobs bisa membantu seluruh orang Indonesia berkembang dan memaksimalkan potensi diri mereka. Bitsandbobs percaya dari hal-hal kecil bisa membawa dampak yang besar dan ingin menjangkau lebih banyak anak muda Indonesia agar dapat mengekspresikan ide dan perasaan mereka lewat bitsandbobs.

4. Kunanta.id



Dari kategori eCommerce ada kunanta.id yang percaya bahwa di zaman ini berjualan tidak hanya berbentuk secara fisik, internet menyediakan toko online yang ramah budget dengan jangkauan pasar yang sangat luas.

Source instagram @kunantaid
Bermula dari rasa ingin tahu cara pembuatan produk yang kita gunakan sehari-hari yang aman untuk kulit. Kun Anta artinya adalah "Be Yourself" dari sinilah produk ini bukan ingin merubah standar konsumen tapi ingin memaksimalkan diri sesuai dengan identitas diri. Kun Anta membuat produk personal care yang bahan utamanya adalah bahan yang alami.

5. Lalamarket.id


Source instagram @lalamarket
Lala Market memiliki slogan "Yang Muda Yang Berkarya" bergerak dibidang Event Organizer yang mengadakan bazar baju bekas, sasaran utamanya adalah anak muda. Dan juga hebatnya lagi para penjalan industri kreatif di lala market ini masih berusia belasan tahun dan Jasmine selaku founder lala market baru berumur 17 tahun. Keren dan Inspiratif sekali kan!

6. Puku Camper


Puku Camper ini yang paling gue tunggu-tunggu. Karena Puku Camper ini adalah penyewaan van pertama yang berlokasikan di Bali yang memiliki tujuan untuk memajukan pariwisata di Bali. Karena kebanyakan turis lokal maupun mancanegara hanya tau beberapa lokasi mainstream di Bali saja, sedangkan di Bali ternyata masih banyak yang bisa di explore. Harapannya dengan adanya Puku Camper wisata di Bali lebih merata dan membantu pariwisata yang kurang diperhatikan pemerintah di Bali.

Source instagram @pukucamper
Puku Camper sudah ada sejak Juni tahun 2018, untuk saat ini Puku Camper punya 2 van dan akan terus bertambah. Sejauh ini target market Puku Camper adalah semua wisatawan yang datang ke Bali, namun kebanyakan hanya turis mancanegara saja yang menggunakan sewa van ini. Untuk penyewaan van, Puku Camper memberikan harga 850rb untuk 24jam sudah termasuk dengan car insurance.

Konsepnya adalah camping tapi tidak perlu repot, cukup membawa baju ganti dan membeli bahan persiapan masak. Karena sudah disediakan bed sheet, kipas angin, kompor dan sebagainya. Rekor sewa van yaitu selama 14 hari dan paling sebentar 3 hari.

Menarik banget ya? Dengan menggunakan van kita bisa explore Bali dengan gaya yang baru. Tentunya bakalan lebih asik dan seru untuk jalan bareng teman-teman dan pastinya lebih berkesan. Untuk yang mau reservasi bisa langsung ke instagramnya @pukucamper yaaa!

7. Gulaliku


Source instagram @gulaliku
Gulaliku adalah bisnis kreatif yang berbahan dasar kayu, kenapa kayu? Karena kayu memiliki serat yang authentic dan bisa membuat kedekatan antara produk dan juga manusia. Banyaknya produk kreatif berbahan kayu gulaliku ini sangat menarik perhatian karena bagus dan juga kreatif. Bagi yang penasaran produk apa saja yang ditawarkan cek instagramnya @gulaliku yaa.

8. Vespapaint


Source instagram @vespapaint
Industri kreatif ini bermula karena founder menyukai mural art akhirnya terjun ke bidang otomotif dan mengkolaborasikan antara seni dan juga otomotif. Sesuai dengan namanya, vespa paint ini lebih terfokus dengan motor lama yaitu vespa, walaupun motor tersebut sudah diproduksi lama tapi masih menarik dengan sentuhan mural di vespa tersebut.

9. Prohr.id


Source instagram @prohr.id
Yang satu ini adalah teknologi yang berbasiskan software human resource information system online dengan Payroll. Konsep unik dan kreatif ini benar-benar menarik perhatian karena dapat membantu setiap perusahaan untuk mengatur database di perusahaan.

9 industri kreatif tersebut berbasiskan teknologi, yang mengharuskan memiliki koneksi internet yang stabil. XL Business Solution akan membantu bidang industri kreatif ini di telekomunikasi, antara lain: mobile communication, fixed connectivity, mobile advertising, cloud dan data center serta internet of things. XL Business Solution menawarkan paket XL Biz yang dilengkapi dengan Office 365 untuk membantu menjawab komunikasi bisnis.

Berikut pilihan dari paket XL Biz:
- 49rb untuk 5GB
- 99rb untuk 12GB
- 149rb untuk 20GB
- 249rb untuk 40GB
- 499rb untuk unlimited data

Bagi para generasi millenials yang ingin terjun ke bidang industri kreatif, bisa mencoba fitur dari XL Business Solution. Walaupun harga murah tapi kualitas internet tidak diragukan lagi. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 Comments

Labels