3 Tips Atasi Susah BAB Saat Mudik Lebaran

by - May 08, 2019

Melakukan perjalanan di bulan ramadan memang membutuhkan persiapan yang lebih, karena selama bulan ramadhan selain menahan lapar dan haus tentunya kita harus lebih sabar serta menjaga kesehatan badan agar selalu fit selama perjalanan. Menurut sebuah penelitian, 40% orang yang melakukan perjalanan ke tempat yang jauh mengalami sembelit atau susah buang air besar. Beberapa orang menganggap itu bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, padahal apabila rasa sembelit itu terus muncul tentunya akan menghambat perjalanan kita. Dibulan ramadan ini, pastinya bakal banyak yang melakukan perjalanan rutin, salah satunya mudik lebaran.

Atasi Susah BAB

Dr. Riana Nirmala Wijaya pada acara Blogger Gathering bersama Dulcolax hari Jum'at 3 Mei 2019 mengatakan bahwa "Dalam seminggu, apabila kita BAB (Buang Air Besar) kurang dari 3x (tiga kali) maka dapat dikatakan bahwa kita mengalami sembelit". Penyebab dari sembelit itu sendiri adalah dari pola makan dan juga stress. Khususnya dibulan Ramadan, sahur memakan makanan instan dan buka puasa dengan goreng-gorengan. Gimana nggak memungkinan untuk terkena sembelit?

Jangan Biarin Numpuk!
Dr. Riana sedang memberikan penjelasan mengenai sembelit
Melakukan perjalanan mudik memang sangat menyenangkan, namun siapa sangka kalau melakukan perjalanan juga dapat menyebabkan pikiran kita rentan stress. Saat melakukan perjalanan di bulan Ramadhan tentunya akan ada banyak perubahan, dari jam waktu makan, macet yang membuat kita tensi serta rasa letih yang bisa menyebabkan sembelit kapanpun menyerang pencernaan kita. Tubuh yang lelah, serta kurangnya waktu istirahat bisa menyebabkan stress dan memberikan pengaruh pada pergerakan usus. Hal inilah yang membuat kita lebih mudah terkena sembelit atau susah BAB.

Atasi Susah BAB Dengan Dulcolax
Sharing mengenai sembelit bersama Dulcolax
Belum lagi apabila kita sedang menuju kampung halaman, saat di perjalanan saat mudik kita sering menyepelekan BAB. Seperti menunggu sampai di restroom atau setelah menemukan toilet umum. Saat melakukan perjalanan kita cenderung untuk menunda-nunda, dan ini juga bisa jadi penyebab sembelit menyerang kita lho. Jangan biarin numpuk!

Lalu bagaimana cara mengatasi susah BAB saat melakukan perjalanan di bulan Ramadhan?

1. Konsumsi Makanan Cukup Serat

Mudik lebaran pastinya akan sedikit lebih tricky. Bagaimana cara kita mengatur pola sahur dan juga buka puasa. Pastinya kebanyakan orang akan lebih memilih untuk memakan makanan instant untuk sahur dan juga buka puasa karena dinilai lebih efektif, namun ternyata tidak! Kita tidak boleh melupakan untuk menkonsumsi makanan cukup serat.

Dalam sehari setidaknya 25-30g serat, satu buah apel biasanya hanya memiliki berat 2-5gram. Wah kebayang nggak tuh gimana cara memenuhi serat dalam tubuh kita? Tapi tenang! Makanan berserat bukan dari buah saja, sayur-sayuran serta roti yang mengandung gandum juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Jadi jangan lupa makan sayur dan buah-buahan ya!

2. Memenuhi Kebutuhan Air Minum

Selama bulan puasa, tubuh kita juga harus memiliki cairan yang cukup. 8 gelas dalam sehari harus tetap terpenuhi. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan air minum saat berpuasa? Yaitu 1 gelas setelah bangun tidur, setelah sahur, setelah azan magrib, setelah solat magrib, setelah makan, setelah solat isya, setelah solat terawih, dan sebelum tidur.

Karena kurangnya minum air putih akan menyebabkan tubuh kita dehidrasi, akan menyebabkan pergerakan dalam saluran pencernaan terganggu.

3. Sedia Dulcolax untuk Mengatasi Sembelit


Dulcolax Membantu Atasi Sembelit


Sebagai brand yang sudah terpercaya selama 60 tahun dan teruji secara klinis. Dulcolax hadir sebagai solusi untuk mengatasi sembelit. Dulcolax adalah merek pencahar stimulan yang digunakan untuk melancarkan BAB. Dulcolax mengandung bahan aktif bisacodyl yang merupakan senyawa organik yang memang sering digunakan untuk mengatasi sembelit.

Dulcolax hadir dengan berbagai macam varian produk baik berupa tablet, sirup, maupun suspositoria. Tentunya dengan banyaknya pilihan kemasan ini akan mempermudah kita untuk membawa Dulcolax kemanapun tanpa perlu memikirkan ruang!

Dengan 3 tips di atas tentu akan membantu kita mencegah rasa sembelit yang kemungkinan datang pada saat melakukan perjalanan mudik di bulan puasa ini! Atasi susah BAB di bulan puasa dan jangan dibiarin numpuk ya teman-teman. Semoga puasa kita semua lancar dan perjalanan mudik diberikan keselamatan sampai tujuan untuk teman-teman semuanya! :)

You May Also Like

12 Comments

  1. Makasih infonya. Berguna nih di kala mudik

    ReplyDelete
  2. Saya salah satu yang suka mengalami kesulitan bab kalau lagi dalam perjalanan. Semoga dengan adanya persiapan membawa Dulcolax bisa jauh melancarkan. Amin.

    ReplyDelete
  3. Kalau pas buka aku kebiasaan langsung minum teh, padahal lebih bagus air biasa untuk mencegah dehidrasi pada badan+ melancarkan pencernaan Haha

    ReplyDelete
  4. Kalau lagi mudik BAB bawaannya jadi malas ya, susah karena yah enggan aja kan, hihi

    ReplyDelete
  5. jangan sampai deh liburan terhambat gegara sembelit. HArus dibawa saat mudik nih, biar aman damai dan tenteram tanpa ada masalah. jangan lupa air putih dan serat juga

    ReplyDelete
  6. Pas mudik kena sembelit, wuaduuh tersiksa banget, perut nggak nyaman, mesti nyetok dulcolac nih

    ReplyDelete
  7. Iya, bener musti siapin dulcolak. Kan menyiksa banget ya susah bab saat mudik. Ngga kebayanh mudik saat buat silaturahmi dan senang2 terhambat karena sembelit.

    ReplyDelete
  8. Ga kebayang klo pas mudik malah susah BAB.. Niat hati ingin bersua dengan keluarga malah nahan sakitnya susah BAB.. Raga di ruang tamu, pikiran ke toilet -,- thanks kak sharingnya :)

    ReplyDelete
  9. Sekarang sudah mulai siap2 mudik ya. Wah bener kalau susah BAB itu mengganggu apalagi bawa kendaran sendiri. Kalau mampir bisa lama di resto eh ga kelar juga kerjaannya ehehehe

    ReplyDelete
  10. Dulcolax jadi wajib nih ya disimpan buat jaga2 selama perjalanan

    ReplyDelete
  11. Aku pernah susah BAB. meskipun sudah makan pepaya tp belum berhasil. Akhirnya pake deh dulcolax ini. Manjur ternyata

    ReplyDelete
  12. Jangankan pas mudik, selama puasa pun kadang sulit BAB nih .Mungkin krn krg minum jg. Kan ngaruh ya.. boleh deh nanti aku coba dulcolacnya

    ReplyDelete

Newsletter

Labels