Dari Bandara Ninoy Aquino International Airport Menuju ke Kota Manila

Bulan November 2019 lalu gue berhasil menceklis negara ke 8 ASEAN gue yaitu Filipina, yay!!!! Walaupun tripnya super singkat tapi gue seneng dan puas banget karena berhasil mengeskplore hidden place yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Manila. Hanya satu jam menggunakan kapal laut dan jalur darat kurang lebih 6 jam karena jarak tempuhnya memang lebih jauh dibandingkan naik kapal.

dari-bandara-ninoy-aquino-ke-kota

Bermodalkan tiket pesawat PP kurang lebih 800rb (iya, cuma 800rb PP!) dengan maskapai Cebu Pasific, maskapai low cost carrier asal Filipina yang memiliki warna khas kuning dan jujur gue suka banget sama seragam pramugarinya. Karena terlihat nyaman aja, pakai kaus warna kuning dan pakai topi kuning. Beda aja dibanding maskapai lain. Mungkin ini salah satu ciri khasnya mereka menunjukan kesan casual tapi pegawainya ramah abis.

Booking tiket 5 bulan sebelum keberangkatan membuat gue memiliki waktu banyak untuk bersantai dan memikirkan mau kemana. Buat kalian yang memiliki rencana untuk mengunjungi Filipina, kalian bisa sering-sering cek maskapai cebu pasific atau berlangganan newsletter nya jadi nggak akan ketinggalan tiket promo.

bandara-internasional-ninoy-aquino

Anyway, penerbangan Cebu Pasific ini di mornight. Iya, berkisar jam 00.40 flightnya! Gue musti antisipasi banget supaya nggak salah tanggal dan takut malah salah hari dan gagal berangkat. Jadi dipastikan dulu ya tanggalnya. Oh ya, setelah landing pagi hari kurang lebih jam 6, akhirnya gue menginjakkan kaki di negara Asia Tenggara ke-8 gue. Seneng dan excited banget!

Ninoy Aquino International Airport ini nggak terlalu besar seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta. Kalian bisa dengan mudahnya menemukan pintu keluar tanpa perlu bingung mana pintu keluar karena cuma satu arah aja gitu. Untuk menuju ke pusat kota dari bandara, untuk opsi paling murah yang bisa kita ambil adalah naik bus yang sudah disediakan. 


Philippiness Peso (PHP)

Untuk keluar dari bandara Ninoy Aquino kalian bisa langsung menuju ke terminal 3, tempat bis menuju pusat kota Manila. Setelah itu kalian langsung masuk aja ke bisnya, karena gue pun juga begitu. Mulanya nanya di counter, kirain bayar di situ tapi ternyata di suruh langsung masuk ke bis dan bayarnya di dalam bis. Jadi pastikan kalian sudah menukar uang juga yaa!




Karena gue mau langsung menuju ke national museum, gue harus naik LRT dari EDSA jadi gue memutuskan untuk berhenti di EDSA. Biaya naik bis dari bandara ini 20 peso atau kalau di rupiahkan kurang lebih 5rb. Murah banget! Perjalanan dari bandara menuju ke kota juga nggak memakan waktu lama, tapi kalau kalian ada penerbangan ke bandara NAIA, pastikan cukup waktu ya karena Manila adalah kota yang macet, sama kayak di Indonesia.



Untuk dari kota menuju ke bandara juga sama, kalian cukup jalan sedikit dari stasiun LRT EDSA ke terminal. Gue lupa banget foto sih waktu itu karena capek banget. Atau kalian tanya aja sama security yang ada di stasiun LRT yaa. Semoga bermanfaat!

No comments