3 Tips Merawat Motor agar Tetap Nyaman saat Berkendara

by - December 29, 2019

Penjualan motor mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada setiap tahunnya. Dilansir dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2017 penjualan sepeda motor mencapai hingga 113.030.793 unit.

Bahkan hingga saat ini Indonesia berada pada posisi teratas dalam penjualan motor di kawasan Asia Tenggara. Pada posisi kedua ada Vietnam dan pada urutan ketiga yaitu Thailand. Dan seperti yang kita tahu bahwa Asia menjadi benua penyumbang kendaraan bermotor pada presentase 79 persen.

Penyebab peningkatan dari sepeda motor ini ialah karena sepeda motor merupakan sarana transportasi  favorit masyarakat yang cenderung murah, terjangkau dan juga cepat.

3 tips merawat motor agar tetap nyaman saat berkendara

Dengan banyaknya pemilik kendaraan motor inilah, wajib diketahui khususnya bagi para pengguna motor bagaimana cara untuk merawat motor agar senantiasa stabil dan juga prima sehingga performa motor tetap lincah serta nyaman saat berkendara.

Sebelum merawat sepeda motor, pahami dulu fungsi penting yang ada di sepeda motor agar motor kita awet dan juga tahan lama. Berikut adalah 3 tips merawat motor agar tetap nyaman saat berkendara:


1. Rutin Memanaskan Motor di Pagi Hari



Hampir semua orang melakukan kegiatan di pagi hari. Dengan memanaskan motor di pagi hari adalah sebuah cara merawat agar sirkulasi oli yang berada di dalam mesin lebih maksimal dan juga dengan rutin memanaskan motor di pagi hari berfungsi untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi yang prima.

Memanaskan motor dipagi hari juga baik untuk menjaga kesehatan aki motor. Dan memanaskan motor pun cukup dalam waktu 3 menit hingga 5 menit saja.

2. Perawatan pada Aki Motor

Aki atau ACCU merupakan alat yang ada pada setiap motor. Aki mengandung arus listrik dan digunakan agar motor dapat menyala dengan menggunakan starter ataupun tombol. Selain itu, aki juga berfungsi membantu mengalirkan listrik sehingga lampu motor, lampu sen dan klakson dapat menyala.


Agar aki tidak mudah rusak, perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Aki motor setidaknya dicek satu bulan sekali. Dengan mengecek aki motor dalam satu bulan sekali akaj membantu kita dalam mengetahui kondisi aki, apakah mengalami kebocoran atau tidak. Terminal aki pun harus diperhatikan juga agar menghindari dari korosi.

3. Mengganti Oli secara Rutin



Perlu diketahui bahwa oli dalam motor memiliki peran penting terhadap kinerja mesin, maka penting bagi pengguna motor untuk memahami bagaimana cara untuk menentukan oli yang paling tepat untuk motor. Berikut adalah 3 fungsi oli pada motor:

1. Oli memiliki fungsi penting dalam mengurangi terjadinya gesekan antar komponen dalam mesin yang tujuannya agar komponen dalam mesin yang terdirin dari ratusan bagian tidak cepat rusak, sehingga membuat motor kita jadi lebih awet.

2. Oli adalah sebagai pendingin atau memindahkan panas dari dalam mesin motor ke luar.

3. Oli memiliki fungsi untuk mengendalikan kotoran. Oli bisa membersihkan komponen-komponen di dalam mesin, sehingga apabila oli sudah dipakai cukup lama akan berubah warna menjadi hitam.

Karena oli memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga mesin agar tetap stabil dan prima serta nyaman saat digunakan, sebagai pengguna motor harus mengetahui bagaimana cara memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

Rekomendasi Oli Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan Mesin


Dalam memilih oli, kita perlu memperhatikan kadar  Society of Automotive Engineers (SAE) dan perhatikan tingkat kualitas Japan Automobile Standart Organization (JASO) karena oli pada sepeda motor menggunakan standarisasi JASO serta jenis bahan dasar oli untuk motor.


Salah satu pelumas dengan oli motor terbaik yaitu Oli Pertamina Enduro. Oli ini dikenal memiliki kualitas unggul dengan tingkat kekentalan yang sangat baik. Selain itu Oli Pertamina Enduro ini memiliki keunggulan dalam menekan atau mengurangi gesekan antar dua komponen mesin yang saling bergerak.

Selain itu Oli Pertamina Enduro ini dapat memberikan kenyamanan saat berkendara, karena getaran pada mesin menjadi lebih halus serta memberikan suara motor yang lebih halus juga.

Oli Pertamina Enduro ini memang oli pilihan keluarga karena cocok dan memang memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan jenis motor yang kita miliki. Karena kebutuhan pelumas pada setiap motor berbeda, maka ada 5 jenis pelumas pertamina enduro yang disediakan adalah sebagai berikut:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30


Enduro 4T Sport SAE 5W-30 ini adalah jenis pelumas yang diformulasikan untuk kinerja akselerasi dan perlindungan mesin. Oli ini sudah memenuhi persyaratan API Service SL dan JASO MA2.

Jenis oli ini sangat direkomendasikan untuk mesin motor dengan sistem kopling, karena keunggulan dari oli ini adalah dapat meminimalisasi slip pada kopling basah.

2. Enduro 4T Racing 10W-40


Enduro 4T Racing 10W-40 diformulasikan base oil sintetik dan adiptif API SL pilihan yang sudah memenuhi standar mutu JASO MA2 dan API SL/SJ, Enduro 4T Racing 10W-40 sesuai dengan generasi motor terbaru dengan akselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi radiasi panas dari mesin.

Seperti yang dibahas sebelumnya fungsi dari oli yaitu untuk membersihkan komponen dalam mesin. Pelumas Enduro 4T Racing 10W-40 dapat membersihkan mesin dengan baik dan menjaga komponen mesin dari aus. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya.

3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50


Enduro 4T Racing SAE 20W-50 adalah pelumas dengan mutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas. Enduro 4T SAE 20W-50 adalah produk berkekentalan ganda yang stabil serya memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi.

Keunggulannya pelumas ini telah memenuhi tingkatan mutu API SJ dan JASO MA (approved), dimana pelumas ini memiliki stabilitas shear yang sangat baik.

4. Enduro Matic SAE 10W-30


Enduro Matic SAE 10W-30 adalah pelumas motor empat langkah matik berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Pelumas ini memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi oli dan memberikan fuel economy yang lebih baik.

Keunggulannya sendiri ialah mengandung moly additive yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi untuk memberikan kemudahan saat start dalam kondisinmeein, memberikan pendinginan optimal dan fuel economy lebih baik.

Enduro Matic SAE 10W-30 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah matik (skutik) merek Yamaha, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

5. Enduro Matic G SAE 20W-40


Enduro Matic G SAE 20W-40 adalah pelumas motor matik berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik. Oli ini sangat cocok bagi para pengendara dalam kota yang kerap terjebak macet.

Keunggulannya adalah memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin, sehingga memperpanjang masa pakai pelumas dan memiliki kestabilan viskositas tinggi yang dapat melindungi mesin sepanjang pemakaian.

Oli ini pun memiliki kekentalan yang relatif rendah pada suhu dingin sehingga dapat melindungi mesin sejak mesin dinyalakan.

Memilih oli yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan mesin akan membuat mesin motor kita senantiasa prima dan tidak mudah rusak. Karena memilih oli motor yang sesuai akan berpengaruh terhadap dengan mesin kendaraan kita. Maka dari itu saya dan keluarga menggunakan Oli Pertamina Enduro karena mampu merawat mesin motor sehingga tetap nyaman saat berkendara.

You May Also Like

3 Comments

  1. saya juga pakai Enduro mbak
    memang produk Pertamina oke banget
    bikin mesin awet dan tangguh

    ReplyDelete
  2. Tips dan rekomendasi yang keren dan bermanfaat sekali. Terimaaa kasihhh 🤩

    ReplyDelete
  3. wah terima kasih tips dan rekomendasi olinya, saya jadi pengen ganti dengan oli Enduro untuk sepeda motor saya

    ReplyDelete

Newsletter

Labels