Tips Memilih Makanan Sehat ala Milenial Cerdas

by - November 14, 2019

Di era ini rasanya setiap orang sangat menyukai hal-hal yang sedang viral dan memiliki rasa penasaran untuk mencobanya. Khususnya untuk makanan. Pasti kita sudah tidak heran untuk mencoba makanan yang sedang ramai-ramainya di konsumsi tanpa tau apakah makanan tersebut sebenarnya baik atau tidak bagi tubuh kita. Pasti kebanyakkan dari kalian sudah mencoba minuman kekinian "boba", kan? Apakah menkonsumsi boba baik untuk tubuh kita? Lalu, bagaimana sih caranya kita memilih dan memilah makanan untuk di konsumsi khususnya bagi kita para generasi milenial?


Sabtu lalu pada 09 November 2019 gue menghadiri acara "Ngobrol asyik Milenial bersama BPOM (Makan Sehat ala Generasi Cerdas)" sekaligus membahas mengenai cara memilih makanan sehat. Setiap tanggal 16 Oktober adalah peringatan Hari Pangan Sedunia atau yang biasa dikenal World Food Day. Pada tahun ini World Food Day mengusung tema global "Our Actions are Our Future, Healthy Diets for a #zerohunger World".

Ibu Penny selaku kepala Badan POM RI menjelaskan bahwa di tahun ini kita dituntut untuk mampu mempromosikan aksi melawan kelaparan di dunia, serta memperhatikan keamanan pangan serta pola hidup dengan makanan yang sehat dan juga bergizi.



Acara ini juga dihadiri oleh para anak-anak SMA/K di Jakarta yang turut serta sebagai seorang milenial sebagai aksinya menyebarkan informasi mengenai makanan sehat.

Sebagai seorang milenial, kita lebih menyukai sesuatu yang serba cepat. Dari memilih transportasi hingga memilih makanan. Rendahnya pengetahuan mengenai memilih makanan yang sehat membuat generasi milenial lebih beresiko terkena banyak penyakit yang tidak diinginkan. Pola hidup yang tidak sehat, jarang berolahraga dan menkonsumsi makanan cepat saji secara rutin adalah salah satu faktor pembunuh dan disabilitas nomor 1 dunia. Seharusnya kita mulai memperhatikan makanan dengan kadar GGL (Gula, Garam, Lemak) agar tidak memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh kita. Lalu bagaimana cara untuk memilih makanan sehat bagi tubuh kita?

Tips Memilih Makanan Sehat ala Milenial Cerdas

1. Sarapan

Membiasakan diri untuk sarapan adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh senantiasa fit dan bugar. Dengan sarapan, kita membantu tubuh kita untuk mengelola gula darah serta memberikan energi. Biasakan untuk memilih sarapan yang memiliki karbohidrat sederhana dan juga gula.

2. Biasakan Minum Air Putih

Dengan terbiasa meminum air putih sehari 8 gelas akan menjaga tubuh kita tetap bugar, pencernaan lancar serta konsentrasi terjaga. Karena pada saat tubuh kita dehidrasi, kita sering salah menangkap sinyal yang menyebabkan kita kurang fokus.

3. Kurangi Minum Kopi

Banyaknya kedai kopi hits yang ada di era ini membuat milenial berlomba-lomba untuk mencoba segala macam jenis minuman yang ada. tentunya ini adalah cara yang tidak baik bagi tubuh kita. Selain itu, terlalu banyak menkonsumsi kopi dapat meningkatkan resiko gula darah yang tidak stabil.

4. Cek KLIK

Apabila kita membeli makanan kemasan, ada baiknya kita cek KLIK dahulu sebelum membeli. Apa itu cek KLIK? Cek KLIK adalah Cek (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa). Cara ini sangatlah efektif bagi para milenial yang menyukai sesuatu yang serba cepat. Cara cek KLIK yang paling mudah ialah menggunakan aplikasi BPOM Mobile dari handphone kita.

5. Makan Makanan yang Segar

Dengan memakan sayur, daging, ikan, gandum, kacang-kacangan yang segar adalah suatu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Memilih kacang-kacangan sebagai salah satu snack juga dapat menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah makan yang berlebihan pada saat jam makan.

Nah tips ini bisa kalian terapkan gengs untuk para generasi milenial yang mau merubah pola hidup dengan memilih makanan yang sehat untuk di konsumsi. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 Comments

Newsletter

Labels