3 Tips and Trick Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Kemanapun!

by - May 27, 2019

Hello semuanya! Gue sering banget dapat pertanyaan seperti "Mar, gimana sih caranya biar dapet tiket pesawat murah?" Sebenarnya gue sudah pernah tulis tipsnya di sini pada tahun 2017. Mungkin ada beberapa pembaca baru gue yang males scrolling dan juga tips di tulisan lama itu sebenarnya sekarang udah nggak terlalu valid. Karena mencari tiket di aplikasi tersebut untuk ke Singapura tanpa promo udah sulit mendapatkan harga Rp200.000 kecuali sedang ada promo. Nah di sini gue bakalan bahas gimana sih cara gue mendapatkan tiket pesawat murah setiap gue mau berpergian? Baik ke destinasi wisata di Indonesia maupun ke Luar Negeri.

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


1. Survei Lokasi

Yang biasanya gue lakukan adalah survei lokasi. Apakah lokasi tujuan gue bisa dituju dengan cara transit atau harus dengan one-way? Biasanya untuk mendapatkan tiket pesawat murah, transit adalah salah satu cara. Tapi belinya tiketnya harus pisah ya. Contohnya waktu gue mau ke Luang Prabang, gue survei lokasi terlebih dahulu. Untuk ke Luang Prabang, apakah cuma bisa direct flight, atau ada cara lain? Akhirnya gue menemukan tiket pesawat dari Jakarta menuju ke LP seharga 1.3 sedangkan dari Singapura cuma 800rb! Karena kebetulan gue habis open trip, jadi sekalian aja.

Selain itu, karena kebetulan gue mau ke Aceh bulan ini. Gue survei sebelumnya, ternyata ke Aceh via KL itu jauh lebih murah daripada kita direct flight dari Jakarta ke Aceh, memang agak ribet sih. Tapi ternyata harganya jauh lebih murah! Mari kita hitung. Jakarta-KL gue dapet harga Rp220.000, KL-Aceh-KL gue dapet harga Rp330.000, dan KL-Jakarta RP425.000. Di total seharga Rp975.000. Sedangkan seperti yang kita tau harga tiket domestik lagi mahal-mahalnya. Untuk direct flight Jakarta-Aceh Rp1.800.000. Sudah bisa dihitung kan berapa kita bisa hemat?

2. Hunting Promo

Terkadang banyak yang nggak percaya kalau gue traveling habis nya itu dengan biaya yang super minim, contohnya waktu keliling 4 Negara Selama 19 hari cuma 3 Jutaan dan pada nggak percaya! Padahal yang bikin hemat itu karena gue harus berburu promo tiket pesawat satu tahun sebelumnya. Dan ini juga menggunakan cara pertama, dengan melakukan survei lokasi terlebih dahulu. Gue transit ke KL selama 12 jam sebelum ke HCMC dan cuma dapet tiket pesawat seharga 400rb! Murah banget kan?!

Biasanya gue nunggu promo itu dari maskapai Air Asia dan Tiket.com dalam OTW (Online Tiket Week) yang harganya gila-gilaan banget sih! Intinya sering-sering nabung aja ya, biar pas ada promo kita punya uang untuk beli tiketnya.

3. Gunakan Aplikasi Untuk Scanning

Apasih gunanya nyari tiket pesawat pake aplikasi untuk scanning? Gunanya yaitu agar kalian tau apakah harga tiket pesawat kalian tersebut worth to buy atau nggak. Gue sering pake Skyscanner karena harga yang tertulis memang benar dengan harga yang di jual. Skyscanner ini bukan aplikasi beli tiket pesawat ya, jadi dia semacam satu aplikasi yang menyaring dari banyaknya maskapai dan disaring dari harga yang paling murah. Mantep banget kan?!

Kalau kita deal, kita bisa beli langsung ke maskapainya. Gue waktu beli tiket ke LP dari Singapura pakai skyscanner, dibanding gue harus cek di Traveloka maupun Tiket.com. Lebih efektif dan juga efisien tentunya. Jangan lupa untuk aktifkan notifikasi juga, biar kalau harganya turun kalian bisa tau secepat mungkin.

Sekian 3 tips and trick dari gue yang berdasarkan dari pengalaman pribadi. Nah buat kalian yang mungkin juga sering dapet tiket pesawat murah. Bisa nih di share di kolom komentar. Semoga bermanfaat! :)

You May Also Like

3 Comments

  1. Kalo aku suka pake Google Flights, sebenernya mirip Skyscanner, tp aku lebih suka karena selain tampilannya yang lebih clear, dia ada fitur track flight juga. jadi kalau tiket yang kita cari harganya naik/turun, kita bisa dapet notifikasi langsung ke email dari Google.

    btw murah banget itu tiket ke Banda Acehnyaa

    ReplyDelete
  2. Nice info. Beneran berguna nih tipsnya, terutama di saat sekarang ini, karena harga tiket pesawat sudah makin muahaaall..jadi harus pintar2 mencarinya pakai tips n trik ini.👍

    ReplyDelete
  3. secara aku rutin traveling, caraku jg gitu kok mba :D. beli jauh2 hari, bandingkan dgn skyscanner jg. aku prnh dpt tiket ke Hk naik SQ dari jkt pp cm 2.5jt. SQ pulaaa... itu temenku pada ngiri sih.. intinya hrs rajin nyari, buka semua website OTa dan maskapai. kdg ada promo jg dr kartu2 tertentu. Senengnya mau liburan ya itu, berburu tiketnya lalu mencari hotel :D

    ReplyDelete

Newsletter

Labels